Tanggal:03 May 2024

Intip 7 Rekomendasi Buku Untuk Pencari Kerja

Membaca buku merupakan salah satu faktor penting untuk menambah ilmu dan pengetahuan kita dalam berbagai aspek kehidupan. Sebagai seorang pencari kerja, seringkali kita dihadapkan pada berbagai tantangan seperti kebingungan, rasa ingin menyerah, kurang motivasi, serta berbagai kesulitan lain yang pada akhirnya menghambat jalan yang kita tempuh pada proses mencari pekerjaan.
 
Sebagai salah satu upaya kita dalam mengatasi permasalahan tersebut, membaca buku dapat menjadi salah satu solusi praktis yang bisa kita lakukan khususnya bagi pemula. Untuk ukuran orang yang baru terjun di dunia pekerjaan, membaca pengalaman, pengetahuan, dan kiat-kiat orang lain yang sudah berpengalaman dapat menjadi modal yang bisa kita bawa nantinya dalam proses mencari kerja dan mengembangkan karier.

Lalu, Kenapa Sih Membaca Buku Untuk Pencari Kerja Pemula Itu Penting?

Jangankan untuk pemula, banyak di antara expert yang sudah memiliki banyak jam terbang serta pengalaman dan tetap setia membaca berbagai macam buku untuk semakin meningkatkan value dan pengetahuan mereka. 
Dengan membaca, kamu bisa memperoleh insight dari orang-orang yang sudah lebih dulu mengarungi dunia kerja. Kamu juga bisa belajar dari pengalaman dan tips-tips yang mereka berikan agar nantinya kamu bisa mempersiapkan diri secara matang ketika sudah terjun di dunia kerja. Intinya membaca itu tidak ada ruginya, guys!

Rekomendasi Buku yang Cocok Untuk Para Pencari Kerja Pemula

Setelah membaca penjelasan tadi, sekarang sudah yakin kan untuk menambah insight dan pengetahuanmu dari membaca? Berikut adalah rekomendasi bacaan yang sudah dirangkum oleh Tim Vocasia.

1. The Ultimate Guide to Job Interview Answers by Peggy McKee 

 

4 Volume Buku The Ultimate Guide to Job Interview Answers (Sumber: amazon.com)


Kamu sering merasa gugup atau panik saat menghadapi interviewer? Buku ini harus masuk ke dalam daftar bacaanmu. Buku karya Peggy Mckee ini menawarkan begitu banyak tips dan ilmu seputar wawancara.
 
Terdiri dari empat volume, buku ini memberikan ulasan lengkap mengenai pertanyaan dalam wawancara kerja di dua volume pertama. Di sini, kamu bisa mengetahui jawaban seperti apa yang sebenarnya dicari oleh seorang pewawancara. Selain tips dan triknya, kamu juga akan mendapatkan contoh-contoh lengkap yang bisa menjadi bahan latihanmu sebelum wawancara.
 
Lebih lanjut, buku ini juga menyajikan panduan mengenai pertanyaan-pertanyaan yang dapat kamu tanyakan ke interviewer kamu. Pada sesi wawancara, tidak sedikit orang yang bingung harus bertanya apa yang akhirnya berujung tidak menanyakan apapun. Nah, di bagian ini kamu bisa menemukan beragam pertanyaan yang bisa menjadi referensimu ketika wawancara nanti.
 
Jangan khawatir ketinggalan zaman, di volume keempatnya buku ini membahas pula terkait wawancara jarak jauh yang kini menjadi tren usai pandemi beberapa waktu silam. Kamu bisa memperoleh beragam panduan dan pengetahuan agar wawancara jarak jauh yang kamu lakukan dapat berjalan lancar. Benar-benar paket lengkap kan?
 

2. Resume Magic by Susan Britton Whitcomb 

Buku Resume Magic (Sumber: amazon.com)

Ketika kamu ingin melamar pekerjaan, CV (Curriculum Vitae) menjadi salah satu aspek penentu lolos tidaknya kamu pada tahap seleksi berkas. Tidak sedikit orang yang berlomba-lomba mengikuti berbagai kegiatan seperti organisasi, internship, pelatihan, dan lain sebagainya dalam rangka membuat CV-nya menjadi lebih menarik di mata HRD.
 
Di dalam buku karya Susan Britton ini, kamu akan menemukan berbagai tips dan trik mengenai bagaimana cara membuat CV milikmu menjadi lebih segar dan menarik. Dengan lebih dari 600 halaman, buku ini mengupas tuntas semua hal yang perlu diketahui seputar CV. Mulai dari seluk beluk, teknik pengoptimalisasian, hingga contoh yang bisa langsung kamu tiru. Wajib banget deh buat dimiliki!
 

3. Lagi Probation by Samuel Ray 

Buku Lagi Probation (Sumber: goodreads.com)


Pernah merasa apply pekerjaan di tempat yang salah? Atau pernah merasa digantung sama perusahaan yang kamu lamar tanpa kejelasan? Buku ini solusinya!
 
Samuel Ray yang merupakan seorang praktisi HR profesional menuliskan tips dan trik untukmu yang sedang mencari kerja. Mulai dari menulis CV, wawancara, hingga melakukan negosiasi gaji termuat dalam buku ini. Selain itu, buku ini juga ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami sehingga bisa dicerna dengan sempurna.
 
Buku ini sangat cocok untuk pemula yang baru pertama kali mencari kerja, kamu yang sedang ingin mulai mencari pekerjaan lagi, atau bahkan kamu yang hanya ingin mengenang kembali saat-saat masih mencari pekerjaan.

4. The Art of Work by Jeff Goins 

Buku The Art of Work (Sumber: amazon.com)


Buku yang satu ini akan mengantarkan kamu pada realitas yang akan kamu hadapi ketika nanti menapaki jenjang karier yang sudah kamu pilih. Kamu akan mendapatkan pengetahuan dan tuntunan agar kamu dapat mencari tahu bidang pekerjaan apa yang benar-benar sesuai dengan kemampuan serta tujuanmu.  
 
Selain itu, buku ini juga menawarkan cara untuk memanfaatkan empat kunci sukses dalam karier profesional. Di antaranya ialah relationship (relasi yang perlu kamu bangun), skill (apa yang bisa kamu lakukan), karakter (siapa diri kamu), dan hustle (bagaimana kamu bekerja).
 
 

5. Designing Your Life by Bill Burnett

Buku Designing Your Life (Sumber: amazon.com)


Bukan hanya soal kerja, buku ini juga akan membantumu mempelajari tentang bagaimana cara “mendesain hidup” serta membangun sistem kerja yang cocok dan sesuai denganmu. Dimulai dengan kilas balik seputar tujuan hidup, kamu akan belajar menyusun perencanaan yang produktif agar dapat mencapainya.
 
Jatuh bangun dalam proses belajar menjadi sesuatu yang wajar. Namun, kamu akan diajari bagaimana cara mengatasinya dan mengejar semua mimpimu hingga sampai di genggamanmu. Kamu akan mendapatkan banyak pelajaran hidup dan banyak strategi menarik untuk diterapkan di dunia kerja. Jika tidak berhasil dalam satu rencana, kamu bisa selalu mencoba dan bangkit dengan rencana yang lain.
 

6. What Color is Your Parachute by Richard Bolles

Buku What Color is Your Parachute (Sumber: amazon.com)


Buku karya Richard Bolles ini menjadi salah satu buku best seller yang laris manis dengan keberhasilannya terjual hingga 10 juta eksemplar. Wow, angka yang fantastis bukan?
Dalam bukunya, Bolles menjelaskan beragam hal seputar karier dan pekerjaan. Kamu akan diajak untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang selama ini kamu impikan, cara menggunakan media sosial dengan sehat dan produktif, serta masih banyak lagi.
 
Keunggulannya, Bolles secara rutin meng-update bukunya dengan bab-bab baru guna menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Kamu tidak perlu khawatir karena tips dan strategi yang diberikan akan terus relevan. Buku ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mencari pekerjaan dengan memanfaatkan banyak aspek yang dimiliki dengan optimal.
 

7. So Good They Can’t Ignore You by Cal Newport

Buku So Good They Can’t Ignore You (Sumber: goodreads.com)


Last but not least, buku ini harus banget kamu miliki. Biasanya, ketika kita sudah mulai bekerja dan merasa nyaman akan cenderung main aman atau stay di situ-situ saja. Di buku ini, Newport menjelaskan bahwa terus mengembangkan keahlian baru sangatlah penting dan memuaskan dalam berkarier.
 
Buku ini berisi berbagai wawancara dengan orang-orang sukses dari beragam profesi. Mulai dari pebisnis, investor, freelancers, hingga petani sekalipun. Dari sini, kamu bisa mempelajari seputar strategi dan tips yang diterapkan serta pengalaman yang mengantarkan mereka pada kesuksesan dalam karier dan kehidupan.
 
Wow, menarik banget ya kalau sudah membicarakan soal buku dan bahan bacaan. Selain memperbanyak bahan bacaan, kamu juga perlu mengikuti pelatihan untuk semakin memperdalam wawasan dan mematangkan persiapanmu. Ikuti course berkualitas dengan harga bersahabat di link berikut untuk membantumu mempersiapkan diri sebelum berhadapan dengan proses seleksi.

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *