Tanggal:26 February 2024
Apa itu fleksibel

Kenali Apa itu Fleksibel dalam Dunia Kerja

Apa itu fleksibel? Banyak perusahaan menuntut pekerjanya untuk fleksibel dalam segala situasi dan kondisi. Hal itu karena mereka percaya bahwa sikap fleksibel mampu membantu pekerja dalam beradaptasi pada ruang lingkup kerjanya. Selain itu, secara tidak langsung sikap fleksibel dapat meningkatkan produktivitas dan menekan tingkat stres, lho. Perusahaan tentunya menyukai pekerja yang memiliki sikap fleksibel. 

Nah, sebenarnya apa maksud dari kata fleksibel? Apakah kamu penasaran? Kalau iya, mari simak penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca hingga akhir!

Pengertian Fleksibel

Pengertian Fleksibel (freepik)

Fleksibel atau fleksibilitas adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri pada suatu perubahan kondisi, baik itu jangka panjang ataupun pendek. Kemampuan ini akan memudahkanmu dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaan yang hadirnya tidak terduga secara lebih efektif.

Dalam dunia kerja, definisi sikap fleksibel adalah suatu kemampuan pekerja untuk belajar akan hal baru dan kesanggupan memikul pekerjaan di luar tanggung jawab posisi awalnya. Sikap fleksibel ini wajib untuk kamu kuasai karena memiliki banyak manfaat.

Manfaat Fleksibel

Dari beberapa penjelasan di atas, kamu mungkin sudah mengetahui segelintir manfaat dari sikap fleksibel. Berikut ini beberapa manfaat fleksibel dalam lingkup pekerjaan yang harus kamu ketahui.

1. Kemampuan untuk beradaptasi

Yap, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sikap fleksibel ini membantu kamu untuk mudah beradaptasi. Contohnya saja ketika atasanmu memerintahkan untuk pergantian jam kerja. Sikap fleksibel yang kamu miliki tentunya tidak akan memberatkanmu dalam menghadapi perubahan tersebut.

2. Mempertahankan karier

Sikap fleksibel sangat dibutuhkan dalam mempertahankan karier kamu di perusahaan. Pasalnya, perusahaan cenderung akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Perubahan itu juga yang akan menuntutmu mudah beradaptasi. Tanpa sikap fleksibel, kamu akan sulit bertahan.

Baca juga | Apa Itu Etos Kerja? Penting Banget Untuk Karier Lho!

3. Membantu meningkatkan kepuasan kerja

Tingkat stres dalam bekerja dapat berkurang dengan adanya fleksibilitas. Sikap fleksibel akan membuatmu mendapatkan berbagai pengalaman baru saat bekerja. Banyaknya pengalaman kerja serta minimnya tingkat stres pada dirimu secara tidak langsung akan meningkatkan kepuasan kerja.

4. Mampu mengatasi situasi yang tak terduga

Saat bekerja, tentunya kamu akan menemui beberapa situasi atau keadaan yang tak terduga. Contohnya saja tiba-tiba kamu diharuskan untuk meeting bersama klien atau mendapatkan pekerjaan dengan deadline yang sangat mepet. Sikap fleksibel akan membantumu menghadapi situasi tersebut dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.

Tips untuk Meningkatkan Sikap Fleksibel

Tips Meningkatkan Sikap Fleksibel dalam Bekerja (freepik)

Setelah mengetahui manfaat dari sikap fleksibel, tentunya kamu ingin meningkatkannya, bukan? Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan sikap fleksibel dalam bekerja.

1. Jangan takut dan menghindari perubahan

Perubahan sejatinya akan terus terjadi. Apalagi dalam lingkup kerja. Kamu harus berani menghadapi segala perubahan yang ada. Jangan takut dan menghindarinya, ya. Sebab, perubahan mampu memberimu banyak pengalaman baru yang menarik. Hal itu juga dapat membuatmu lebih mudah dalam mengembangkan strategi yang efektif ketika memecahkan suatu masalah.

2. Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja

Untuk mengatasi berbagai perubahan yang terkadang menyulitkan, kamu perlu dukungan dan bantuan dari rekan kerjamu. Oleh karena itu, penting untuk membangun hubungan yang baik dengan mereka. Kamu bisa memulai dengan menawarkan bantuan atau berinisiatif untuk membantu saat mereka membutuhkannya. Hubungan yang baik itu akan membuat mereka dengan senang hati membantumu dalam keadaan sulit suatu hari nanti. Tak hanya itu, hubungan yang baik antar rekan kerja juga akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja, lho.

Baca juga | Yuk, Kenali Teamwork dan Pentingnya dalam Dunia Kerja!

3. Percaya diri

Dengan memiliki rasa percaya diri, kamu akan merasa lebih mudah dalam menangani berbagai hal yang terjadi. Rasa percaya diri juga akan membantu kamu untuk lebih mudah beradaptasi dan bersikap fleksibel. Bersikap proaktif ketika menghadapi perubahan dapat meningkatkan percaya diri dalam dirimu.

4. Atasi batasan yang dimiliki

Keterbatasan dalam pekerjaan akan menyulitkan kamu menjadi pribadi yang fleksibel. Untuk itu, segera atasi batasan yang ada. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengikuti berbagai kursus di Vocasia. Dengan begitu, keterampilan yang kamu miliki akan ikut bertambah. 

Banyaknya keterampilan yang dimiliki tentunya akan memudahkan kamu dalam mengatasi berbagai masalah dalam lingkup pekerjaan. Selain itu, kesempatan baru lainnya dari perusahaan akan terbuka lebar untukmu.

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu fleksibel. Setelah membacanya, kamu jadi tahu betapa pentingnya sikap fleksibel dalam bekerja. Kamu bisa mencoba beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas, ya. Semangat dan selamat berproses!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *