Tanggal:25 April 2024

10 Rekomendasi Usaha Modal 10 Juta yang Cepat Untung!

Menjadi seorang pimpinan yang membuka peluang kerja bagi banyak orang, tentu menjadi profesi yang diidamkan oleh banyak orang. Salah satu implementasi dari impian-impian tersebut adalah dengan menjadi seorang pengusaha.

Sekecil apa pun bisnis yang dijalankan, pengusaha akan menjadi pimpinan di usahanya sendiri. Bahkan, waktu kerja yang dibutuhkan juga sangat fleksibel dan tidak dibatasi. Hal serupa juga berlaku pada segi pendapatan. Pendapatan seorang pengusaha bergantung pada omzet penjualan yang diterima setiap bulannya.

Sebenarnya, semua orang dapat menjadi pengusaha dengan mudah. Syaratnya hanya dengan niat, ide, tujuan, dan yang tak kalah penting adalah modal. Modal kerap kali menjadi satu-satunya syarat yang menumbangkan niat seseorang untuk menjadi pengusaha. Padahal masalah tersebut dapat teratasi melalui pemikiran yang cerdas.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa untuk membuka usaha harus memiliki modal lebih dari 100 juta rupiah. Padahal modal yang dikeluarkan menyesuaikan usaha yang akan dijalankan. Oleh karena itu, calon pengusaha harus selektif memilih jenis usaha sesuai dengan jumlah modal yang dikantonginya.

Artikel ini sangat relevan untuk kamu yang ingin membuka usaha dan memiliki modal sebesar 10 juta rupiah. Dalam pembahasan kali ini, Vocasia akan memberi rekomendasi bisnis modal 10 juta yang cocok untuk masyarakat Indonesia dan anak muda pada khususnya. Jika tertarik, simak hingga akhir, ya!

Baca juga: 10 Tips Memulai Bisnis Cetak Undangan

Rekomendasi Bisnis Modal 10 Juta Rupiah

Ilustrasi Bisnis Modal 10 Juta (Source: pixabay)

Memiliki bisnis dengan omzet berlimpah merupakan impian bagi seluruh pengusaha. Sebenarnya, harapan tersebut dapat dicapai dengan mudah melalui cara-cara yang tepat. Salah satunya adalah menyelaraskan antara modal awal dan jenis bisnis yang akan dijalankan. Jika kamu memiliki modal dengan jumlah 10 juta rupiah, berikut adalah bisnis yang cocok untuk kamu tekuni:

1. Bisnis hijab

Salah satu yang dapat dibuka dengan modal 10 juta adalah bisnis hijab. Tak dapat dipungkiri, hijab menjadi tren masa kini di kalangan perempuan muslim di Indonesia. Bahkan, tak terhitung berapa banyak model hijab yang muncul seiring berkembangnya waktu. 

Dengan kecilnya modal, kamu dapat membuka bisnis ini mulai dari skala rumahan. Setelah dirasa bekerja cukup baik, kamu dapat mempromosikannya melalui media sosial dan berjualan secara online. Saat dirasa memiliki keuntungan berlipat, kamu dapat membuka toko hijab offline dan membuat merek sendiri.

2. Minuman kekinian

Selain hijab, bisnis yang selalu berkembang dan tak habis terkikis waktu adalah minuman kekinian. Meskipun jenis usaha ini termasuk musiman, nyatanya omzet yang didapatkan saat tengah di atas daun lumayan pesat. 

Dengan modal awal 10 juta rupiah, kamu dapat memulai usaha dengan merek orang lain atau franchise. Apabila memiliki racikan dan siap untuk memiliki merek sendiri, kamu juga dapat mengimplementasikannya.

3. Martabak dan terang bulan

Meskipun terlihat sepele, nyatanya usaha martabak dan terang bulan menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Apalagi jenis usaha FnB ini tidak termasuk musiman sepeti minuman kekinian. Bahkan, usaha martabak dan terang bulan hampir ada di seluruh Indonesia. Artinya, ia digemari dan melekat di lidah seluruh masyarakat Indonesia. 

4. Thrift

Thrift adalah usaha kekinian yang banyak dimiliki oleh para pengusaha muda. Para kawula muda yang baru mencicipi dunia bisnis, cocok menjalankan bisnis jenis ini. Dengan modal di bawah 10 juta, kamu sudah bisa mendapatkan baju dengan jumlah satu karung besar (ball) penuh. Tentu saja jenisnya bergantung pada masing-masing pilihan pengusaha. 

5. Warung kopi (Warkop)

Pangsa dan pasaran warung kopi memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Meskipun minuman kekinian menjadi tren, warung kopi tetap eksis dan tidak habis terkikis zaman. Bisnis ini memiliki skala yang dapat disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Sehingga, pemiliknya dapat memulai usaha tersebut dengan modal cukup minim atau 10 juta.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Menarik dan Menguntungkan

6. Laundry kiloan

Laundry, baik cuci maupun setrika, menjadi jasa paling dibutuhkan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Para perempuan karier dan mahasiswa rantau yang tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan hal tersebut memilih laundry sebagai jalan alternatif peringan bebannya.

Akibat banyaknya peminat, bisnis laundry menjadi usaha yang cocok dimiliki oleh calon pebisnis yang ingin memiliki keuntungan berlimpah. Modal dari bisnis laundry kiloan juga hanya menyentuh angka 10 juta rupiah.

7. Barbershop

Bisnis dengan modal 10 juta rupiah lainnya jatuh pada usaha barbershop. Usaha barbershop kerap dikenal sebagai salon yang dikhususkan untuk para pria. Kamu hanya perlu menyewa tempat dan membeli perlengkapan seperti cermin, kursi, beberapa jenis gunting, hairdryer, dan beberapa keperluan potong rambut lainnya.

8. Cuci motor

Sebagian besar pengguna motor menginginkan motor pribadinya tetap bersih di keadaan apa pun. Akan tetapi, rasa malas untuk mencuci menjadi bayang-bayang yang kerap menghantuinya. Oleh karena itu, tak jarang beberapa di antaranya lebih memilih untuk menggunakan jasa cuci. 

Banyaknya kebutuhan akan hal tersebut, membuat usaha cuci motor menjadi bisnis yang dapat dilakukan. Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan dapat dilengkapi dengan modal di bawah 10 juta rupiah.

9. Jasa fotografi

Fotografi menjadi hal utama di segala momen. Melalui fotografi setiap momen dapat terekam dan terkenang secara abadi dalam bentuk dokumen foto. Sehingga, orang-orang yang melihatnya dapat kalut dan kembali pada masa tersebut dalam waktu singkat.

Hal tersebut menjadikan jasa fotografi dibutuhkan oleh banyak orang dan membuatnya menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan modal 10 juta, kamu dapat membeli kamera dan lensa untuk menunjang jalannya bisnis fotografi.

10. Budidaya jamur tiram

Jamur tiram menjadi bahan makanan yang banyak dibutuhkan oleh beberapa restoran besar dan hotel berbintang. Tak jarang beberapa tempat tersebut membeli jamur tiram dengan harga yang tidak murah. 

Keadaan tersebut membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi para pebisnis untuk menjalankan usaha tersebut. Dengan modal 10 juta rupiah, budidaya jamur dapat dilakukan oleh siapa pun yang memiliki niat dan tekad yang kuat.

Penutup

Nah, itulah beberapa rekomendasi bisnis modal 10 juta yang dapat kamu tekuni. Meskipun terlihat sepele dan tidak menjanjikan, nyatanya bisnis-bisnis tersebut memiliki omzet yang melimpah, lho. Maka dari itu, tak jarang bisnis tersebut kerap dijumpai di beberapa titik sekitar tempat tinggalmu.

Namun, omzet tersebut tidak semata-mata didapatkan setelah kamu membukanya, ya. Perawatan dan pengelolaan usaha juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan tersebut. Kamu dapat mengikuti beberapa pelatihan di Vocasia agar bisnismu semakin berkembang. Yuk, daftar sekarang juga!

Baca juga: 7 Peluang Usaha Agrobisnis yang Patut Kamu Coba!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *