Tanggal:06 May 2024

10 Tips Memulai Bisnis Cetak Undangan

Zaman sekarang tidak ada orang yang tidak menginginkan menjadi seorang pengusaha, semua orang pasti pernah berpikir seperti ini. Menjadi pengusaha adalah suatu cita-cita yang harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. Untuk Sobat Vocasia yang ingin menjadi pengusaha, kamu harus pintar dalam memilih bisnis apa yang akan kamu garap.

Apabila kamu perhatikan dengan baik, bisnis undangan semakin populer saat ini. Walaupun kita sudah memasuki era digital, namun pada kenyataannya undangan pernikahan fisik masih tetap dibutuhkan bahkan cenderung stabil. Karena itu jika kamu berencana membuka usaha baru percetakan undangan, inilah saatnya yang paling tepat. Berikut ialah beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis cetak undangan.

Tips Memulai Bisnis Cetak Undangan

1. Mau Belajar

Jangan pernah berhenti belajar dari mereka yang memiliki kemampuan dan keahlian. Penulis sendiri awalnya berencana untuk membuka pabrik percetakan, namun jujur ​​saja ia tidak memiliki kemampuan sama sekali, bahkan Photoshop sebagai software utama dalam karya penulis baru diketahui penulis setelah ia memutuskan untuk membuka percetakan undangan. Idenya adalah jika seseorang memesan undangan, penulis akan meminta bantuan teman yang sudah memiliki mesin cetak dan mendapatkan komisi untuk itu.

Namun siapa sangka setelah sebelumnya diajari cara mencetak foto dengan Photoshop oleh teman sebelumnya, akhirnya penulis bisa belajar sendiri menggunakan aplikasi Photoshop untuk mencetak undangan dengan mudah. Dengan cara ini penulis dapat mencetak berbagai desain undangan, dan teman-teman yang ingin mengetahui cara membuatnya dapat menonton video di akhir artikel.

Baca juga :

13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris 2022, Pasti Untung!

4 Peluang Usaha Menjanjikan Tahun 2021 Yang Bisa Kamu Coba!

2. Cari Vendor Blangko yang Lengkap

Langkah awal sebelum kamu mendapatkan costumer awal, carilah vendor yang menyediakan blangko undangan. Dengan bantuan seorang sahabat, penulis pun berhasil menemukan vendor penyedia blangko yang juga menyediakan katalognya. Setelah menemukan vendor blangko undangan dan perlengkapannya, barulah penulis yakin bisa menerima pesanan undangan dan mengerjakan order pertama, yaitu soudara yang mau khitanan anaknya.

3. Tentukan Lokasi

Lokasi dalam sebuah usaha adalah salah satu hal yang tidak boleh disepelekan. Sebisa mungkin carilah lokasi untuk bisnis percetakan undangan yang dekat dengan jalan raya.

Namun jika tidak, buatlah spanduk atau tulisan yang menunjukan di tempat kamu bisa melayani percetakan undangan. Penulis sendiri, karena rumahnya tidak di depan jalan utama, akhirnya membuat tulisan agar terlihat dari jalan utama.

4. Miliki Katalog Undangan yang Lengkap

Hampir dipastikan customer akan sangat tertarik untuk memesan undangan, di tempat percetakan yang memiliki banyak sekali pilihan desain undangan. Atas dasar itulah, penulis berusaha memperbanyak katalog undangan yang dimiliki. Nyatanya, semakin banyak katalog undangan yang dimiliki maka tempat percetakan akan menjadi referensi banyak orang.

5. Jangan Gengsi Melakukan Pemasaran Door to Door

Saat pertama memulai bisnis percetakan undangan, jangan pernah malu untuk melakukan pemasaran door to door. Sering-seringlah bersilaturahmi pada soudara dan sahabat, setelah beritahu mereka bahwa sobat sekarang memiliki usaha percetakan undangan.

Pelanggan pertama penulis adalah soudara, dengan pelanggan utama tersebut akhirnya banyak yang mengetahui bahwa penulis memiliki usaha percetakan undangan. Selain pada undangan yang disebar, kamu bisa menyematkan nama percetakan lengkap dengan alamatnya, lebih dari itu promosi dari mulut ke mulut secara otomatis langsung berjalan

6. Lakukan Pemasaran Online

Manfaatkanlah media sosial yang sobat miliki, lakukanlah promosi bisnis percetakan undangan sobat di sana. Banyaknya pengguna aktif media sosial, membuat usaha mudah untuk diketahui publik.

Jangan lupa berikan gambar berbagai sampel desain undangan yang pernah kamu buat sebelumnya, agar mereka semakin yakin. Meskipun baru berjalan, tetapi usahamu memiliki kualitas yang sama dengan percetakan undangan lain yang sudah lama berdiri.

Baca juga :

3 Peluang Usaha Di Bidang Jasa Yang Semakin Diminati

Peluang Bisnis! Berikut 10 Ide Usaha Rumahan Di Bulan Ramadan

7. Jangan Berikan Diskon, Namun Berikan Bonus

Melakukan diskon bagi usaha baru, umumnya akan membuat pelaku usaha lama agak tersinggung. Sebagai pengusaha awal, lebih baik berikanlah bonus pada customer, salah satu rahasia penulis banyak diminati jenis undangannya adalah karena bonus ini.

Penulis memberikan bonus langsung mulai dari pulsa, kuota, bahkan hingga handphone bagi customer yang cetak undangan dengan jumlah tertentu. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang yang tertarik untuk cetak undangan di Tama Kamal, sebagai nama percetakan yang penulis miliki.

8. Berlakukan DP di Awal Transaksi

Dana pertama atau DP dalam menjalankan bisnis percetakan undangan sangatlah penting. Dengan adanya DP inilah sebagai pengikat, sehingga customer tidak seenaknya pindah ke percetakan lain. Melalui DP ini pula kita bisa cepat balik modal, atau setidaknya berguna untuk membeli belangko undangan saat usaha kita baru mulai dirintis.

9. Teruslah Berinovasi

Inovasi usaha merupakan salah satu cara sukses bisnis percetakan undangan yang sangat terbukti meningkatkan omzet. Inovasi yang sobat lakukan bisa dengan menjual produk lain yang satu tema, misalnya souvenir pernikahan, jasa foto praweding, dan lainnya.

Selain itu, sobat juga bisa mengembangkan usaha dengan memberikan katalog pada kawan atau saudara di luar daerah. Jadi orang-orang di daerahnya akan memesan undangan melalui perantara. Dengan sistem komisi, tentu sahabat atau soudara sobat akan dengan senang hati melakukannya.

10. Fokus dan Konsisten

Fokus dan konsisten dalam usaha apapun adalah suatu keniscayaan untuk dapat membuka gerbang kesuksesan. Selain fokus menjalani usaha, kamu juga harus fokus dalam berinovasi, dan terus berusaha untuk meningkatakan mutu produk atau jasa yang sobat tawarkan. Itulah beberapa cara sukses menjalankan bisnis percetakan undangan yang bisa penulis bagikan pada kesempatan kali ini.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Nail Art

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *