Tanggal:02 May 2024

10 Ide Bisnis Modal 1 Juta yang Menarik dan Menguntungkan

Banyak orang yang beranggapan bahwa modal kecil tidak akan mendatangkan keuntungan. Padahal di era yang serba canggih seperti sekarang, modal besar seharusnya tidak lagi menjadi alasan untuk berhenti berbinis. Pasalnya, kini usaha kecil pun dapat menghasilkan omzet keuntungan yang menjanjikan. Bahkan dengan modal 1 juta, ada banyak peluang usaha yang bisa kamu jalani, lho.

Nah, bagi kamu yang hendak merintis usaha sampingan, kamu tidak perlu berkecil hati karena modal yang terbatas. Karena dengan strategi bisnis yang tepat, modal kecil pun tidak akan menjadi masalah. Justru ia akan menghasilkan cuan yang berlipat. Berikut 8 Ide bisnis dengan modal usaha 1 juta yang menarik dan menguntungkan di era sekarang. Yuk, simak!

Baca juga | 13 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan di Tahun 2022

10 Ide Bisnis Modal 1 Juta

Tahukah kamu bahwa ide usaha sebenarnya muncul ketika kamu menemukan suatu masalah? Ya, coba lihatlah orang-orang di sekitar dan perkirakan apa yang mereka butuhkan. Kebutuhan mereka tentunya bisa dijadikan peluang usaha untuk kamu. Tapi, apabila kamu masih bingung, daftar bisnis modal 1 juta di bawah ini bisa kamu jadikan referensi.

1. Usaha makanan ringan / camilan

source: freepik

Kita semua tahu bahwa semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai makanan ringan. Mereka memakan camilan di kala melakukan aktivitas. Tidak perlu berpatokan pada jenis camilan yang berbahan mahal, camilan berbahan dasar singkong, kentang, dan ubi pun banyak diminati.

Sebagai contoh, membuat 200 bungkus keripik. Kamu cukup membutuhkan 8 – 10 kg singkong yang kemudian diolah dan diberi berbagai macam bumbu. Bahkan modal usaha yang satu ini hanya memerlukan modal beberapa ratus ribu saja. Apabila kamu seorang karyawan atau pelajar, kamu dapat mulai menawarkan dagangan kepada rekan-rekan atau teman terdekat dengan jaminan rasa dan kualitas.

2. Thrift shop

usaha modal 1 juta

source: freepik

Kamu tentunya sudah tidak asing dengan bisnis thrift shop yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Thrift shop adalah bisnis jual beli pakaian dan aksesoris bekas. Jadi, kalau kamu memiliki pakaian yang dirasa sudah tidak ingin memakainya lagi, kamu dapat mempertimbangkan untuk menjualnya. Pastikan pakaian ataupun aksesoris tersebut masih layak dipakai, ya.

Selain itu, kamu juga bisa berburu baju thrift di pasar. Biasanya, banyak pakaian branded bekas yang masih layak dan dijual dengan harga terjangkau di pasaran. Kamu bisa menggunakan itu sebagai peluang untuk menjualnya kembali. Sebelum dijual kembali, pastikan pakaian dicuci bersih lalu tawarkan dengan harga berkali lipat melalui media sosial atau marketplace.

3. Jualan masker

Di masa pandemi seperti sekarang, jualan masker rupanya masuk ke dalam salah satu contoh usaha modal kecil, tetapi untung besar. Seperti yang sudah kita tahu bahwa pandemi membuat semua orang diwajibkan memakai masker. Nah, kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pemasukan. Selain itu, memproduksi masker melalui konveksi pun tidak mahal. Sehingga, modal yang diperlukan hanya berkisar di bawah 500 ribu saja.

4. Dropship

usaha modal 1 juta

Ysource: freepik

Bisnis dropship bukan lagi bisnis dengan modal kecil, bahkan bisa dikatakan sebagai bisnis tanpa modal. Siapapun bisa menjalankan bisnis ini bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Selain itu, sistem dropship juga sangat sederhana. Kamu  tidak perlu repot mengemas dan memproses pengiriman produk karena tugas itu akan dilakukan oleh pihak supplier. Kamu hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan serta membayarkan uang dari pembeli ke penjual.

Meskipun terlihat mudah, usaha ini tidak dapat dianggap sepele. Sebagai seorang dropshipper, kamu harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan memilih supplier terpercaya. Hal ini sangat mempengaruhi reputasi bisnis dan kualitas produk yang kamu jual.

Baca juga | Perbedaan Reseller dan Dropshipper yang Wajib Kamu Tahu!

5. Pembuatan hampers

Pembuatan hampers atau parsel ini hanya membutuhkan modal 1 juta untuk membeli keranjang dan peralatan pendukung lainnya. Bisnis yang satu ini bisa meraup keuntungan yang sangat besar saat hari raya, sempro, sidang, pernikahan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, setiap bulan bahkan minggu pasti akan ada saja orang yang membutuhkan jasa pembuatan hampers ini untuk berbagai keperluan. Jangan lupa untuk melakukan promosi di media sosial agar jangkauan bisnis kamu semakin luas.

6. Usaha makanan untuk sarapan

Ide usaha selanjutnya adalah menjual sarapan. Contohnya, nasi uduk atau lontong sayur. Meski cukup mudah diolah, namun menu ini pasti disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sekarang balik kepada kamu, apakah bisa membuat sarapan yang lezat atau tidak. Jangan salah, ketika menu makanan yang kamu jual enak, tidak sedikit orang yang merekomendasikan makanan-makanan itu ke orang lain. Pesanan sarapan yang kamu jual di depan rumah pun bakal semakin banyak. Bisnis ini sangat cocok buat kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk.

Baca juga | 9 Cara Memulai Bisnis Hampers, Bisa Langsung Kebanjiran Order!

7. Jual kue dan jajanan pasar

Menjual kue dan jajanan pasar bisa menjadi pilihan usaha dengan modal kecil. Bisnis ini cocok bagi kamu yang memang hobi memasak.  Kamu bisa menjual berbagai jajanan pasar mulai dari risol, pastel, lemper, dan arem-arem.

Kue dan jajanan pasar memang tidak memiliki modal yang terlalu besar. Jika bisa menjual dengan rasa yang enak, kamu pasti akan diburu para pembeli. Apalagi jika kamu berinovasi dan menjadikannya unik, bisa saja kue dan jajanan pasarmu trending dan banyak dicari orang.

8. Jasa penulis lapas

freelance writer

source: freepik

Tak hanya bisnis barang, membangun usaha modal 1 juta ke bawah dapat dilakukan pada bidang jasa. Jika kamu hobi menulis, manfaatkan keahlian tersebut dengan menjadikan sumber cuan.

Jasa penulis lepas banyak dibutuhkan untuk menulis artikel pada website sebagai bentuk promosi. Untuk memulainya pun tidak perlu mengeluarkan modal besar, bahkan kamu hanya mengeluarkan modal pikiran dan energi. Tertarik mencoba?

9. Usaha cetak foto polaroid

Jasa cetak foto polaroid rupanya termasuk ke dalam salah satu jenis usaha yang menjanjikan tanpa perlu modal banyak, lho. Dengan adanya tren foto polaroid, membuat usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Kamu dapat membeli printer khusus polaroid dan 1 set kertas foto khusus yang tentunya dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa mengambil keuntungan lebih banyak dengan menambahkan kreativitas pada hasil foto yang kamu cetak sehingga nilai jualnya lebih tinggi.

10. Jasa desain

Keahlian desain yang kamu miliki bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha yang menguntungkan, lho. Apabila kamu memiliki skill di bidang content marketing, tidak ada salahnya kamu menyasar UMKM yang membutuhkan konten untuk mempromosikan bisnisnya. Modal yang tersedia juga sudah cukup untuk membeli aplikasi premium dan berlangganan lisensi foto atau video setiap bulannya.

Itu dia 10 ide usaha modal 1 juta. Tertarik untuk mencoba? Semoga sukses!

Baca juga | Harus Dihindari! 7 Penyebab Utama Kegagalan Wirausaha

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *