Tanggal:26 February 2024

Apa Itu Reputasi? Pengertian, Bentuk dan Strateginya

Mengelola reputasi perusahaan ataupun organisasi merupakan hal perlu diperhatikan; biasanya divisi humas (Public Relations) yang akan melakukan pengelolaan reputasi. Namun sebenarnya apa itu reputasi? Apa saja bentuk dari reputasi? Serta strategi apa yang perlu diterapkan untuk membuat reputasi yang bagus.

Pada artikel kali ini, Vocasia akan membahas mengenai apa itu reputasi mulai dari pengertian, bentuk, dan strateginya. Mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Reputasi

Pengertian reputasi secara umum adalah nama baik; bagaimana nama baik akan membantu seseorang ataupun perusahaan ketika ingin melakukan kegiatan.

Definisi reputasi menurut Doney dan Cannon adalah perusahaan berhubungan dengan sejarah atau riwayat perusahaan terutama dalam hubungannya dengan pihak lain, baik atau tidaknya hubungan yang dimiliki.

Reputasi perusahaan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk atau jasa dari suatu perusahaan. Reputasi atau merek menjadi sebuah masalah dari sikap dan kepercayaan terhadap kesadaran pada merek dan citra (image).

Menurut weisse et al., reputasi merupakan kepercayaan menyeluruh atau keputusan mengenai tingkat dimana sebuah perusahaan diberi penghargaan tinggi dan terhormat. Bagi suatu perusahaan dimana produk utama yang dihasilkan adalah suatu jasa, maka reputasi dan nama baik itu sangat menentukan.

Bentuk Mengelola Reputasi

Terdapat beberapa bentuk untuk mengelola reputasi agar menjadi baik, berikut bentuk-bentuk manajemen reputasi yang bisa kamu pilih:

1) Blogging

Manajemen reputasi yang sering digunakan perusahaan adalah blogging. Dilakukan dengan cara menulis artikel di situs perusahaan. Cara ini akan membuat masyarakat mengenali perusahaan kamu di laman pencarian search engine.

2) Media Sosial

Media sosial menjadi keseharian masyarakat untuk menghabiskan waktu. Dengan menggunakan media sosial, hal itu akan meningkatkan reputasi perusahaan. Kamu bisa mulai dari Instagram, Facebook, sampai platform Twitter.

3) Penilaian dari masyarakat

Dengan meminta masyarakat menilai perusahaan kamu, hal tersebut akan membantu menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan ataupun produk yang kamu tawarkan.

Strategi Membangun Reputasi Perusahaan

Manajemen reputasi dapat dilakukan. Agar reputasi perusahaan bisa meningkatkan dengan baik, hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan reputasi sebagai berikut:

1) Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan menentukan kualitas perusahaan. Dengan kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan reputasi perusahaan. Saat orang orang nyaman dengan pelayanan kita, tentu itu akan membuat mereka merekomendasikan ke orang-orang di sekitar mereka.

2) Fokus pada konsep bahwa perang saat ini adalah perang persepsi

Konsep ini harus benar-benar dipahami oleh setiap entrepreneur dan berhubungan dengan apa yang mereka berikan kepada setiap konsumen. Tidak ada lagi perang dalam pemasaran (marketing) selain perang persepsi. Tentu yang diharapkan adalah persepsi yang positif atas produk, manajemen dan perusahaan.

3) Memahami persepsi perusahaan milik entrepreneur dibenak konsumen

Persepsi konsumen terhadap produk, manajemen, dan perusahaan menjadi penting bagi setiap entrepreneur sebagai baseline (dasar) untuk membuat program yang cocok dengan para entrepreneur. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini penting bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan program-program yang dibutuhkan untuk meningkatkan persepsi tersebut.

Sekian artikel mengenai “reputasi” dalam berbisnis, semoga bisa bermanfaat bagi sobat-sobat.

Sobat tertarik untuk meningkatkan reputasi bisnis sobat? Ayo segera bergabung kursus “The Power of Personal Branding : Memahami, Membangun dan Memonetisasi” dengan mengklik tombol di bawah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *