Tanggal:25 May 2024

10+ Panggilan Sayang Dalam Bahasa Korea

Jika kita mendengar negara Korea Selatan, pastinya dibenak kita teringat dengan industri hiburan mereka yang sangat populer. Memang industri hiburan di Negeri Gingseng ini sudah dikenal sampai ke seluruh mancanegara. Sekarang ini segala hal yang berkaitan dengan Korea Selatan banyak disukai remaja-remaja di seluruh dunia. 

Salah satu industri yang paling banyak digandrungi anak muda saat ini adalah drama Korea atau yang biasanya kita kenal sebagai Drakor/K-Drama. Pastinya para K-Drama Lovers yang sering menonton drama korea tidak asing lagi dengan panggilan-panggilan sayang yang biasanya terdapat di dalam dialog drama korea. 

Apalagi di drakor yang genrenya romance (percintaan). Pastinya banyak dialog yang menggunakan panggilan kasih sayang di setiap scenenya. Karena kepopuleran K-Drama bergenre romance, ada orang yang sudah mampu menggunakan panggilan sayang dalam bahasa Korea, loh Sobat!

Nah, kira-kira ada apa saja sih panggilan sayang dalam bahasa Korea. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas 10 panggilan sayang dalam bahasa Korea. Yuk, baca artikel ini sampai habis ya!

1) Oppa (오빠)

Panggilan sayang dalam bahasa Korea yang paling kita sering dengar dan mungkin sering juga kita ucapkan adalah Oppa. Dalam bahasa Korea kata Oppa ini memiliki arti “Laki-laki yang lebih tua”. Dulunya panggilan ini digunakan oleh adik perempuan untuk memanggil kakak laki-lakinya. Namun, seiring perkembangan zaman panggilan Oppa ini juga digunakan untuk memanggil pasangannya dan juga idolanya. Dalam lain hal, sebenarnya panggilan ini digunakan oleh mereka yang sudah akrab.

2) Ae-in (애인)

Panggilan selanjutnya yang juga sering kita temukan di drama Korea adalah Ae-in. Dalam bahasa Inggris Ae-in ini memiliki arti sweetheart atau dalam bahasa Indonesianya kesayangan. Sebenarnya panggilan ini bisa digunakan kepada pasangan pria atau wanita, tetapi biasanya panggilan ini digunakan oleh pasangan pria kepada wanitanya. Hal ini karena panggilan tersebut dianggap lucu, jadinya cocok untuk wanita.

3) Yeobo (여보)

Yeobo berbeda dengan panggilan sebelumnya yang biasanya digunakan saat masih pacaran. Panggilan yeobo ini biasanya digunakan oleh pasangan yang sudah menikah. Hal ini menunjukkan bahwa pasangan tersebut sudah mencapai tahapan hubungan yang lebih serius.

4) Jagi atau Jagiya (자기 / 자기야)

Panggilan ini bisa digunakan secara universal, baik yang masih pacaran ataupun sudah menikah. Jagi memiliki arti sayang. Jika ingin menggunakan kata tersebut untuk memanggil seseorang, kita harus menambahkannya imbuhan ya, sehingga kata tersebut berubah menjadi jagiya.

5) Anae (아내)

Anae merupakan panggilan sayang yang digunakan para suami untuk istrinya. Jika diterjemahkan, maka artinya adalah sayangku atau istriku. Jadi Anae ini sama seperti Buin, tetapi hanya penggunaanya yang berbeda. Anae biasanya digunakan sebagai panggilan formal suami kepada istrinya..

6) Buin (부인)

Buin adalah panggilan sayang para suami terhadap istrinya, Karena terdengar lebih lucu, panggilan ini digunakan oleh pasangan yang baru menikah. Karena setelah memiliki anak biasanya panggilannya berubah menjadi yeobo. Buin memiliki arti yang sama dengan sayangku atau istriku, hanya perbedaannya buin digunakan pada situasi nonformal.

7) Nampyeon (남편)

Nampyeon merupakan panggilan sayang yang digunakan istri kepada suaminya. Karena arti dari nampyeon sendiri adalah suami, panggilan ini pun hanya digunakan oleh pasangan suami istri. Alhasil, nampyeon berbeda dengan yeobo karena yeobo dapat digunakan secara universal baik istri dan suami.

8) Nae Sarang (내 사랑)

Nae sarang merupakan panggilan sayang yang digunakan oleh pasangan yang masih dalam masa mesra-mesranya. Arti dari nae sarang sendiri adalah cintaku. Oleh sebab itu, panggilan ini lebih romantis untuk memanggil pasangan kita.

9) Uri Kangaji (우리 강아지)

Panggilan sayang selanjutnya ada uri kangaji yang artinya “anjing kecilku yang gemas”. Masyarakat Korea memandang anjing sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan. Alhasil, kata ini memiliki kiasan bahwa pasangan kita sangat lucu dan gemas seperti anjing kecil.

10) Baolggul (바울 골)

Baolggul yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah sayang. Walaupun panggilan ini tak sepopuler kata yeobo dan jagiya. Namun, panggilan ini masih digunakan oleh beberapa pasangan yang sudah menikah dan masih dimabuk asmara.

11) Bu-bu (부부)

Selain kata yeobo, jagi/jagiya dan baolggul, kata yang juga sering dipakai pasangan yang telah menikah, yakni bu-bu. Panggilan memberikan kesan yang cukup romantis untuk memanggil pasanganmu.

Nah, banyak banget kan panggilan sayang bahasa Korea yang romantis dan gemesin. Sekarang tinggal pilih nih, mau panggil pasangan kamu pakai panggilan kesayangan yang mana. Pastinya bakal lucu kan, kalau kamu manggil kesayangan kamu pake beberapa kata di atas. Bakal berbeda dari pasangan yang lainnya, nih!

Kalian juga bisa mengikuti Kursus Bahasa Korea (Paket Belajar Hangeul Level 1) di Vocasia. Dengan mengikuti kursus itu, kalian dapat memahami kosakata dan grammar Bahasa Korea. Yuk, buruan daftar untuk mendapatkan semua benefit-nya. Untuk info lengkap KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *