Tanggal:25 April 2024
Sensory Marketing

Sensory Marketing: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Strateginya

Sensory marketing merupakan pendekatan pemasaran yang berfokus pada penggunaan indera manusia, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan, dan pengecapan, untuk menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan menarik bagi konsumen.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, strategi ini telah terbukti efektif dalam menarik perhatian dan mempengaruhi perilaku konsumen. Dalam artikel ini, minvo akan menjelajahi pengertian, manfaat, jenis, dan strategi yang terkait dengan sensory marketing.

1. Pengertian

Sensory marketing merupakan pendekatan pemasaran yang menggunakan rangsangan indera manusia untuk menciptakan pengalaman yang kaya secara sensorik. Tujuan utamanya adalah mempengaruhi emosi dan persepsi konsumen terhadap merek, produk, atau layanan tertentu. Dengan memanfaatkan daya tarik sensorik, sensory marketing mampu membangun ikatan emosional yang kuat antara konsumen dan merek, sehingga meningkatkan kesan positif dan memori jangka panjang.

2. Manfaat

Sensory marketing memiliki beberapa manfaat yang signifikan bagi bisnis:

1) Meningkatkan Daya Tarik Merek

Dengan memanfaatkan indra manusia, dapat menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan tak terlupakan bagi konsumen. Hal ini membantu merek membedakan dirinya dari pesaing dan menarik perhatian konsumen potensial.

2) Meningkatkan Kesan & Memori

Sensory marketing dapat memperkuat kesan positif dan memori terkait dengan merek atau produk. Dengan mengaitkan pengalaman sensorik yang menyenangkan, seperti aroma atau suara yang khas, konsumen akan lebih mudah mengingat dan menghubungkan dengan merek tersebut di masa depan.

3) Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Melalui penggunaan stimulus sensorik yang relevan, hal ini juga dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dalam proses pembelian. Pengalaman sensorik yang positif dapat membuat konsumen merasa lebih terhubung secara emosional dengan merek, sehingga meningkatkan loyalitas dan kesetiaan mereka.

3. Jenis

Sensory marketing memiliki berbagai jenis yang dapat diterapkan dalam strategi pemasaran, antara lain:

  1. Visual: Menggunakan elemen visual, seperti desain kemasan yang menarik atau tata letak toko yang estetis, untuk mempengaruhi persepsi konsumen terhadap merek atau produk.
  2. Auditif: Memanfaatkan suara dan musik yang tepat untuk menciptakan suasana atau asosiasi tertentu dalam pikiran konsumen.
  3. Olfaktor: Menciptakan aroma yang khas atau menyenangkan yang terkait dengan merek atau produk, sehingga menciptakan hubungan emosional dan memori yang kuat.
  4. Sentuhan: Menggunakan tekstur atau material yang berkualitas dalam produk atau kemasan untuk memberikan pengalaman sentuhan yang menyenangkan bagi konsumen.
  5. Rasa: Memanfaatkan rasa yang unik atau menyenangkan dalam produk atau sampel yang diberikan kepada konsumen untuk meningkatkan daya tarik dan kesan positif.

4. Strategi

Dalam mengimplementasikan sensory marketing, ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mencapai hasil yang optimal. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang ini dengan mengikuti kursus Growth Hacking – Natalie Ardianto di Vocasia.

Melalui kursus ini, pelaku bisnis dapat mempelajari teknik-teknik yang lebih dalam dan mendalam tentang sensory marketing, serta mendapatkan wawasan praktis untuk mengaplikasikannya secara efektif dalam strategi pemasaran mereka. Dengan didukung oleh ilmu dan keahlian yang mumpuni, pelaku bisnis akan mampu mengoptimalkan potensi sensory marketing dan meningkatkan daya saing mereka di pasar.

Klik tombol Join Kursus di bawah ini untuk mendaftarkan diri sobat sekarang juga!

Sensory Marketing

Kursus digital marketing

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *