Tanggal:05 May 2024

Sering Minder ? Ikuti Cara ini untuk Memiliki Self Esteem yang Sehat!

Pernahkah kamu mendengar istilah self esteem ? Self-esteem atau harga diri adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan rasa keberhargaan dan nilai personal seseorang, terhadap dirinya sendiri. Self-esteem merujuk pada cara seseorang tersebut menghargai, mengapresiasi, dan menyukai dirinya sendiri. Selain itu self esteem sangat berhubungan dengan martabat dan juga kehormatan seseorang. Memiliki self esteem yang sehat dapat memengaruhi motivasi, kesejahteraan mental, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Melansir orami.co.id didalam Journal of Personality and Social Psychology. Penelitian menunjukkan self esteem cenderung paling rendah  terjadi di masa kanak-kanak dan meningkat selama masa remaja, serta masa dewasa. Pada akhirnya self esteem dapat mencapai tingkat yang cukup stabil dan bertahan lama. Walaupun self esteem dapat terus meningkat seiring perkembangan usia, namun masih ada beberapa orang yang memiliki self esteem yang rendah. Mereka yang memiliki self esteem rendah mungkin disebabkan karena memiliki masalah dengan hubungan dan mengekspresikan kebutuhan. Mereka mungkin juga mengalami tingkat kepercayaan diri yang rendah dan merasa tidak dapat dicintai dan tidak berharga. Oleh karena itu penting sekali agar selalu memiliki self esteem yang sehat.

Ciri-ciri Memiliki Self Esteem yang Sehat

Self esteem dapat memengaruhi proses pengambilan keputusan, hubungan, kesehatan emosional, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Hal ini juga mempengaruhi motivasi. Karena seseorang dengan pandangan yang sehat dan positif tentang diri mereka sendiri memahami potensi yang ada pada diri mereka. Dilansir dari orami.co.id berikut adalah ciri-ciri jika kamu memiliki self esteem yang sehat :

  • Memiliki pemahaman yang kuat tentang keterampilan.
  • Mampu menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain karena memiliki hubungan yang sehat dengan dirinya sendiri.
  • Miliki ekspektasi yang realistis dan sesuai terhadap diri dan kemampuan.
  • Memahami semua kebutuhan diri dan mampu mengekspresikannya.

Setelah mengetahui ciri-ciri diatas, apakah kamu termasuk kedalam orang yang memiliki self esteem yang sehat guys?. Kalau ternyata belum, jangan kecewa guys. Dibawah ini akan ada penjelasan lebih lanjut, bagaimana caranya memiliki self esteem yang sehat. simak yuk!

5 Cara Memiliki Self Esteem yang Sehat

1. Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Menghargai diri sendiri(rawpixel.com)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar memiliki self esteem yang sehat adalah berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Apabila kamu masih membandingkan dirimu dengan orang lain, maka kamu akan selalu merasa kecewa kepada dirimu sendiri. Mungkin kamu merasa tidak bisa sehebat, dan sepintar orang lain. Namun kamu harus tahu, bahwa semua manusia itu memiliki kelebihan masing-masing. Kamu tidak bisa membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupanmu. Jelas kehidupan kalian berbeda, karena kalian individu yang berbeda. 

Jika kamu sudah terbiasa membandingkan dirimu dengan orang lain, yang perlu kamu lakukan adalah mulai kenali dirimu lebih jauh lagi. Siapa kamu, dan apa yang kamu harapkan dari kehidupanmu. Dengan kamu mengenali dirimu, kamu akan tahu potensi apa saja yang kamu miliki. Sehingga kamu akan berhenti untuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

2. Meminimalisir Pikiran Negatif

Berhenti berpikir negatif(rawpixel.com)

Bagi kamu yang selalu merasa minder, pasti selalu terlintas dipikiranmu bahwa kamu tidak bisa melakukan suatu hal, atau kamu kurang kompeten. Nah, pikiran negatif seperti ini yang menghambat dirimu untuk memiliki self esteem yang sehat. Cara agar kamu bisa memiliki self esteem yang sehat kamu perlu meminimalisir pikiran negatif yang datang menghampiri pikiranmu. Coba tanyakan kembali kepada dirimu apakah yang kamu pikirkan itu benar adanya. Pastikan kembali, namun jika itu hanya berada di kepalamu saja, hitraukan saja. Ubahlah pikiran negatifmu itu menjadi pikiran yang posituf, seperti katakan pada dirimu kamu adalah sosok yang pantang menyerah, dan berani menghadapi apapun. Yakin deh seketika tubuhmu akan merespon perkataanmu dan kamu akan memiliki kepercayaan terhadap dirimu sendiri.

3. Merawat Diri

Spa(rawpixel.com)

Ternyata merawat diri menjadi salah satu cara agar bisa memiliki self esteem yang sehat lho. Mengapa demikian ? self esteem merupakan bentuk penghargaan terhadap diri kita sendiri, dan sudah sepatutnya kita harus bisa menghargai diri sendiri. Salah satunya adalah dengan merawat diri kita. Kita bisa merawat diri dengan memperhatikan pola makan, dan pola tidur kita dengan lebih baik lagi. Selain itu kita bisa berolahraga untuk membugarkan tubuh, melakukan meditasi untuk menenangkan pikiran. Bahkan kamu juga bisa banget nih melakukan perawatan kecantikan tubuh seperti spa. Pikiranmu akan jauh lebih rileks jika kamu pandai merawat dirimu. 

4. Keluar dari Zona Nyaman

Tantang dirimu(rawpixel.com)

Jika kamu merasa minder, maka cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu. Tetapkanlah tujuan hidupmu terlebih dahulu. Kemudian tantanglah dirimu untuk berani keluar dari zona nyamanmu. Seseorang yang berani keluar dari zona nyamannya, berarti telah berhasil menaklukan dirinya. Karena sesungguhnya musuh terbesarmu bukan orang lain, namun dirimu sendiri. Untuk itu kamu perlu menaklukkan dirimu dengan menantang hal-hal yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan. Lawan rasa takutmu, maka perasaan minder akan segera lenyap dari pikiranmu.

5. Bangun Pertemanan yang Positif

Teman(rawpixel.com)

Relasi pertemanan yang positif akan mebantumu untuk memiliki penghragaan diri yang baik. Teman-teman yang ada di sekelilingmu akan selalu memberimu dukungan, dan juga selalu menginspirasimu agar selalu terpacu untuk melakukan suatu hal yang besar. Oleh karena itu penting sekali untuk kamu agar selalu dikelilingi orang-orang yang positif disekitarmu.

Nah itu tadi cara agar kamu memiliki self esteem yang sehat. Bagaimana menurutmu ? komen dibawah ya!

Baca Juga : 5 Cara Menjadi Pribadi yang Optimis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *