Tanggal:26 February 2024

5 Cara Menjadi Pribadi yang Optimis

Kamu pasti sering sekali mendengar beberapa orang mengatakan bahwa segala apapun yang terjadi didalam kehidupanmu, kamu harus tetap bersikap optimis. Sikap optimis ini identik dengan hal-hal yang positif, dan baik. Jika kamu menjadi pribadi yang memiliki sikap optimis, maka kamu akan merasakan berbagai manfaat yang ada dikehidupanmu. Selain membuatmu menjadi sosok yang menyenangkan, penuh harapan, dan memiliki semangat yang tinggi. Pribadi yang memiliki sikap optimis akan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari insomnia, dan stress.

Walaupun terdengar simpel, namun sikap optimis ini bukanlah pekara yang mudah untuk dilakukan. Beberapa orang mungkin terlahir dengan sikap optimis ataupun terbentuk dari lingkungan disekitarnya yang membuatnya memiliki sikap itu. Namun berbanding terbalik dari sikap optimis, ada juga seseorang yang memiliki sikap pesimis. Seseorang yang memiliki sikap pesimis selalu memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi. lantas akibatnya apa ? mereka menjadi tidak nyaman dalam kehidupannya, dan ini dikhawatirkan akan memicu stress. 

Perlu untuk kamu ketahui, seseorang yang memiliki sikap optimis cenderung tahu lebih banyak tentang kesehatan dan tentang bagaimana menjadi sehat. Dilansir dari idn times, sebuah studi di Annals of Behavioral Medicine. Penelitian menemukan bahwa orang yang optimis tahu lebih banyak tentang bagaimana dan mengapa serangan jantung terjadi, dan kesehatan umum secara keseluruhan. Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang memiliki pandangan yang lebih pesimis. 

Baca Juga | Apa Itu Kesan? Berikut Penjelasan Dan Contohnya!

Sudah bisa dipastikan bahwa menjadi pribadi yang optimis akan membawa berbagai dampak baik untuk kehidupan. Nah, berkaitan dengan hal itu, diartikel ini telah terangkum 5 (lima) cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pribadi yang optimis. Simak yuk!

5 Cara Menjadi Pribadi yang Optimis

1. Selalu Bersyukur

Hidup bersyukur(rawpixel.com)

Kehidupan akan menjadi lebih tentram apabila kamu selalu bersyukur. Selain itu dengan kamu selalu bersyukur kamu bisa menjadi sosok pribadi yang optimis. Karena seseorang yang optimis akan selalu menghargai hal-hal yang telah terjadi didalam kehidupannya. Cobalah untuk berdiam sejenak untuk memaknai hidupmu. Bayangkan betapa banyak nikmat yang sudah kamu terima selama hidup ini.

Jika kamu melihat nikmat kehidupan berdasarkan hal-hal yang mewah. Maka kamu akan selalu merasa kekurangan, dan pada akhirnya kamu tidak bisa mensyukuri nikmat apapun didalam hidupmu. Nikmat kehidupan itu seringkali kita anggap sepele, seperti hal nya nikmat sehat. Betapa beruntungnya kita yang memiliki tubuh yang sehat, coba kamu lihat orang-orang yang berada di rumah sakit. Mereka hanya ingin satu hal saja, yaitu tubuh yang sehat agar bisa kembali beraktifitas sedia kala. Nah, kita yang sehat harus selalu bersyukur ya!

Selalu mensyukuri apapun dalam kehidupan kita akan menghadirkan ketenangan dalam relung jiwamu. Kamu akan bisa menjadi pribadi yang lebih opimis dan terhindar dari sikap pesimis yang memandang bahwa dirimu tidak sanggup melakukan banyak hal. Karena kamu sudah mengerti bahwa dirimu telah diberikan begitu banyak nikmat kehidupan yang nantinya bisa menjadi kekuatanmu untuk mencapai banyak hal.

Baca Juga | 7 Tips Hidup Bahagia Sederhana, Mulai Dari Hal Kecil, Yuk Coba!

2. Menghindari Pikiran Negatif yang Datang

Stay positive!(rawpixel.com)

Agar kamu menjadi pribadi yang optimis, kamu perlu sekali menghindari setiap pikiran negatif yang datang ke kepalamu. Sebenarnya pikiran negatif ini hanya ada didalam kepalamu saja, dan kamu tidak perlu mendengarkannya. Karena semua yang terjadi dikehidupan nyata itu tidak bisa kita prediksi. Coba tanyakan kembali ke dalam dirimu, apakah pikiran negatifmu itu benar adanya ?. Pastinya kamu pun ragu untuk menjawab iya, karena tidak ada siapapun yang bisa memastikan kejadian yang akan terjadi.

Jadi daripada kamu capek-capek mikir negatif yang mana itu membuat pikiranmu kacau. Cobalah untuk berpikir positif bahwa semuanya akan baik-baik saja, kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, kamu mampu melakukannya. Dan kalau misalkan yang terjadi itu tidak sesuai dengan harapanmu, kamu jangan secara cepat menyimpulkan sesuatu terlebih dahulu. Kamu bisa cross check lagi penyebab mengapa kamu belum berhasil saat ini, selain itu kamu juga harus bisa bersikap ikhlas. Sikap ikhlas ini juga bisa melatih kedewasaanmu. 

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, jika kamu gagal bukan berarti itu adalah akhir dari segalanya. Jadi kalau kamu gagal saat ini, kamu bisa mencoba banyak kesempatan lainnya, sambil terus mengexplore kemampuan dirimu.

Baca Juga | Quarter Life Crisis: Arti, Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

3. Mencintai Diri Sendiri

Senyum penuh makna(rawpixel.com)

Cara lainnya agar kamu bisa menjadi pribadi yang optimis adalah dengan mencintai dirimu sendiri. Dirimu juga butuh dicintai lho, jadi tumbuhkanlah rasa sayang dan cinta akan diri sendiri. Dengan begitu kamu akan memandang sesuatu dengan optimis dan yakin bahwa kamu bisa melakukan apapun yang kamu inginkan. Selain itu mencintai diri sendiri juga akan membuatmu menghilangkan segala prasangka negatif yang ada didalam pikiranmu. Karena kamu tahu pikiran negatif itu akan menyakiti dirimu sendiri.

Baca Juga | Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menerima Diri Sendiri Agar Terjauh Dari Insecurity

3. Fokus Menatap Masa Depan

Melihat masa depan(rawpixel.com)

Apa yang terjadi saat masa lalu, masa kini, dan masa depan itu berbeda-beda. Jadi apabila kamu mengalami hal-hal yang menyedihkan sampai membuatmu pesimis di masa lalu. Bukan berarti hal itu akan terjadi pula padamu di masa kini ataupun masa depan. Jangan mau terjebak dengan perasaan di masa lalu, kamu harus bisa move on dan melangkah maju kedepan. Yuk coba fokuskan dirimu untuk menatap masa depan yang begitu indah, rencanakan impian dan cita-citamu kembali. Hiraukan segala ketakutan, dan kekhawatiran di masa lalumu. Cobalah berdamai, karena masa lalu ada sebagai bahan pelajaran bagi kehidupanmu. Jikalau kamu mau belajar dari kejadian di masa lalu, alhasil kamu akan bisa menjadi pribadi optimis yang siap menatap masa depan.

Baca Juga | Apa Itu Psikologi Positif?

5. Berteman dengan Orang-Orang yang Positif

Teman-teman(rawpixel.com)

Ibarat sebuah ungkapan seseorang yang baik akan dikelilingi oleh orang-orang yang baik pula. Maka dari itu, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang positif. Dengan begitu mereka akan mensupport, dan juga menginspirasi dirimu agar menjadi pribadi yang optimis. Mereka juga akan selalu hadir ketika kamu merasa down dan mulai memikirkan hal-hal yang negatif. Oleh karena itu penting sekali untuk kamu memiliki menjalin relasi pertemanan dengan orang-orang yang positif.

Nah itu tadi lima cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi pribadi yang positif. Bagaimana pendapatmu ? jangan lupa berikan komentarmu dibawah ini ya!

Baca Juga |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *