Tanggal:21 February 2024
Social selling

Social Selling: Pengertian, Manfaat, Pilar dan Strateginya

Dalam era digital yang semakin maju, strategi pemasaran dan penjualan bertransformasi. Salah satu metode yang semakin populer adalah social selling. Dalam artikel ini, minvo akan membahas pengertian social selling, manfaatnya, pilar utama yang mendukungnya, serta strategi yang efektif dalam menjalankannya.

1. Pengertian

Social selling adalah pendekatan dalam penjualan yang memanfaatkan media sosial dan jejaring profesional untuk membangun hubungan, berinteraksi, dan menjalin koneksi dengan calon pelanggan. Tujuan utamanya adalah membangun kepercayaan dan reputasi, sehingga memudahkan proses penjualan.

2. Manfaat

Manfaat yang sobat dapatkan ketika menggunakan Social selling

1) Membangun Hubungan Yang Kuat

Dengan berinteraksi secara aktif di media sosial, seorang penjual dapat membangun hubungan yang kuat dengan calon pelanggan, menjalin koneksi personal, dan meningkatkan tingkat kepercayaan.

2) Memperluas Jangkauan

Media sosial memungkinkan penjual untuk mencapai audiens yang lebih luas dan target pasar potensial yang mungkin sulit dijangkau melalui metode pemasaran tradisional.

3) Meningkatkan Brand Awareness

Melalui aktifitas di media sosial, seorang penjual dapat memperkuat kehadiran mereknya, membangun kesadaran merek, dan menarik perhatian calon pelanggan.

4) Meningkatkan Prospek Penjualan

Dengan membangun hubungan yang baik melalui social selling, penjual memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mengonversi prospek menjadi pelanggan yang sebenarnya.

3. Pilar

Ada empat pilar dalam social selling, diantaranya

1) Profil Yang Menarik

Membuat profil media sosial yang profesional, menarik, dan menggambarkan nilai tambah penjual.

2) Konten Relevan

Berbagi konten yang relevan, berguna, dan menarik bagi calon pelanggan untuk membangun otoritas dan kepemimpinan pemikiran.

3) Pemahaman Pasar dan Audiens

Memahami kebutuhan, keinginan, dan tantangan pasar serta audiens target, untuk dapat memberikan solusi yang tepat.

4) Membangun Hubungan

Melalui interaksi aktif, memberikan dukungan, dan menunjukkan minat yang tulus terhadap calon pelanggan, penjual dapat membangun hubungan yang lebih kuat.

4. Strategi

Strategi yang dapat sobat terapkan, diantaranya

1) Riset Calon Pelanggan

Melakukan riset menyeluruh tentang calon pelanggan, mempelajari profil mereka, minat, dan kebutuhan mereka sehingga penjual dapat menyampaikan pesan yang relevan.

2) Menggunakan Media Sosial Secara Efektif

Memilih platform media sosial yang tepat untuk target pasar, memanfaatkan fitur-fitur yang ada, dan menjaga konsistensi dalam posting dan interaksi.

3) Berpartisipasi Dalam Komunitas Online

Bergabung dengan kelompok atau komunitas yang relevan dengan industri atau minat calon pelanggan untuk membangun koneksi dan memperluas jaringan.

4) Mengukur & Mengoptimalkan

Melakukan analisis reguler terhadap hasil dan respons dari aktivitas social selling, dan melakukan penyesuaian strategi untuk meningkatkan efektivitas.

Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, social selling telah menjadi pendekatan yang efektif dalam menjalin hubungan dengan calon pelanggan. Dengan memahami pengertian, manfaat, pilar, dan strateginya, para penjual dapat memanfaatkan potensi besar yang ditawarkan oleh media sosial dalam mengembangkan bisnis mereka dan mencapai kesuksesan dalam penjualan.

Minvo punya rekomendasi kursus untuk sobat vocasia yang ingin menerapkan Social Selling, yaitu Strategi Rahasia untuk Tingkatkan Engagement Social Mediamu, bersama Instruktur Safa Alattas. Klik tombol join kursus di bawah ini untuk mendaftarkan disi sobat sekarang juga!!!

Social selling

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *