Tanggal:21 July 2024

10 Software Desain Grafis Terpopuler

Akhir-akhir ini, bekerja sebagai freelancer menjadi tren yang diminati oleh para kawula muda. Hanya bermodalkan gawai, laptop, maupun PC, seseorang dapat bekerja dari rumah tanpa perlu mendatangi kantor dengan batasan waktu ideal. Oleh karena itu, ia memiliki waktu kerja yang terbilang fleksibel.

Biasanya, jenis pekerjaan lepas ini kerap dijejali dengan para pekerja kreatif. Orang-orang yang bergelut dengan media digital kerap membutuhkan bantuan gawai dan tools sebagai penunjang pekerjaannya. Salah satunya adalah bidang desain grafis. 

Dilansir dari wikipedia, desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Sehingga, penciptaannya membutuhkan bantuan teknologi komunikasi visual dan juga desain komunikasi.

Profesi tersebut nyatanya sangat dibutuhkan oleh para pebisnis, baik online maupun perusahaan-perusahaan besar. Mereka membutuhkan jasa dari desain grafis untuk keperluan promosi, baik secara online maupun offline. Sehingga, bidang ini memiliki kesempatan kerja yang tidak terbatas. 

Beberapa produk yang dihasilkan oleh seorang desain grafis adalah logo, maskot, animasi, hingga flyer atau pamflet. Nantinya, produk-produk ini akan menunjang tampilan visual dari barang atau jasa yang ditawarkan. Diharapkan hal tersebut dapat menarik minat calon-calon pelanggan. 

Guna mencapai tujuan tersebut, seorang desain grafis dituntut untuk bekerja dengan penuh kreativitas untuk menghasilkan produk sesuai keinginan. Namun, kreativitas saja tidak cukup tanpa adanya dukungan dari software sebagai media pembuatannya. Software yang mudah dioperasikan dan memiliki fitur lengkap dapat menghasilkan produk yang semakin memikat.

Apa saja software desain grafis yang dapat digunakan? Bagaimana cara mendapatkannya? Kamu akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam pembahasan di bawah ini. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: 8 Tips Membuat Desain Kemasan Yang Baik dan Menarik

Rekomendasi Software Desain Grafis

Beberapa orang mengira membuat desain adalah sesuai yang mustahil dilakukan bagi orang awam. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar dan berlaku bagi semua orang. 

Membuat desain dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki niat dan tekun untuk belajar. Tak hanya itu, software yang mudah dioperasikan dan memiliki fitur lengkap juga sangat menunjang kesuksesan desain oleh para pemula. Berikut adalah sepuluh software desain grafis yang memiliki fitur lengkap:

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Software yang sudah tidak asing dan menjadi andalan utama para desain grafis adalah Photoshop. Software keluaran Adobe berbasis bitmap satu ini tak hanya dapat digunakan untuk membuat logo atau produk desain grafis saja. Melainkan, Photoshop juga menjadi andalan untuk membuat foto tampak nyata melalui pengubahan kontras dan lain sebagainya. Namun, kamu harus berlangganan dengan biaya cukup besar untuk mengoperasikannya.

2. Adobe Ilustrator

Adobe Ilustrator

Selain Potoshop, Adobe juga mengeluarkan software desain grafis lainnya dalam bentuk yang berbeda. Software berbentuk aplikasi ini bernama Adobe Ilustrator. Dibandingkan dengan Photoshop, AI lebih dikenal untuk desain yang dikemas dalam bentuk visual berbasis vektor. Dengan kecanggihan tersebut, hasil desainnya tidak akan pecah meskipun dicetak dalam ukuran sebesar reklame. Sama seperti Photoshop, biaya berlangganan aplikasi ini terbilang cukup besar.

Baca juga: Kuasai Adobe Illustrator, Ciptakan Karya Desain yang Memukau!

3. Sketch

software desain grafis

Sketch

Seperti namanya, software satu ini menggunakan basis vektor sebagai fitur utamanya. Selain itu, ia memiliki keunggulan dalam produksi desain grafis yang digunakan untuk User Interface (UI). Mirip seperti AI, sayangnya Sketch hanya dapat diakses oleh para penguna Mac. 

4. Vectr

software desain grafis

Vectr

Berbeda dengan kebanyakan software, Vectr adalah aplikasi desain grafis yang dapat langsung terhubung dengan WordPress. Sehingga, ini akan sangat memudahkan bagi para konten kreator yang memiliki karya publikasi dalam bentuk blog. Selain itu, Vectr juga dilengkapi lebih dari 25 tutorial yang dapat diakses dan dipelajari para pemula. 

5. CorelDraw

Coreldraw

Sama seperti Photoshop, Coreldraw adalah software favorit desainer mulai dari awal kemunculannya hingga sekarang. Sebagian besar orang lebih memilih menggunakannya lantaran dianggap lebih mudah dioperasikan daripada Photoshop. Selain itu, fitur yang ada di dalamnya juga dapat dimanfaatkan secara maksimal. Namun, beberapa orang tidak setuju dengan adanya anggapan tersebut karena menganggap Photoshop jauh lebih mudah dioperasikan.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Mockup di Photoshop

6. Canva

software desain grafis

Canva

Canva adalah software desain grafis yang dapat diakses melalui dua cara, yakni website dan aplikasi. Oleh karena itu, kamu dapat mengaksesnya hanya dengan bantuan internet. Aplikasi multifungsi ini dapat diakses secara gratis. Akan tetapi, kamu dapat menikmati fitur dan elemen yang tersedia lebih banyak dengan cara berlangganan. 

7. Easelly

software desain grafis

Easelly

Easelly adalah salah satu software desain grafis yang kecanggihan utamanya berupa kemudahan untuk membuat diagram secara online, mudah di-upload ke situs, media sosial, dan sampai menjadi file komputer. Bahkan, Easelly juga dapat digunakan untuk mengedit gambar dengan format PDF sekalipun. 

8. Krita

software desain grafis

Krita

Bagi para desainer yang pekerjaannya membuat anime atau memproduksi sebuah komik, software yang paling cocok digunakan adalah Krita. Dengan berbasis illustrator dan konseptor artist, ia dilengkapi dengan fitur halftones, layer mask, smooth shape, dan vanishing point yang sangat mendukung untuk membuat karya dengan bentuk tersebut.

9. Pixlr

software desain grafis

Pixlr

Pixlr adalah software berbayar dengan rentang harga murah, namun memiliki kelebihan fitur yang luar biasa. Hanya dengan membayar $5 USD tiap bulannya, kamu dapat mengakses segala fitur yang tersedia dalam website tersebut. Jadi, kamu hanya diharuskan untuk memiliki akun tanpa perlu repot memasangnya pada laptop milikmu.

10. Crello

software desain grafis

Crello

Terakhir, software desain grafis yang cukup canggih untuk para pemula adalah Crello. Dalam Crello kamu akan menemukan lebih dari 65juta elemen dengan belasan ribu template untuk keperluan desain. Akan tetapi, kamu harus berlangganan dan merogoh kocek sebesar $8,30 USD tiap bulan untuk mengakses seluruh fitur dan template yang tersedia.

Penutup

Nah, itulah rekomendasi software desain grafis terbaik menurut Vocasia. Sebelum menggunakannya, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu dan memasangnya pada laptop atau PC kesayanganmu. 

Namun, beberapa di antaranya tidak dapat diakses secara cuma-cuma atau berbayar, lho. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu dan manfaat jangka panjang yang dimiliki software tersebut, ya. Semoga artikel ini cukup membantu!

Baca juga: Belajar Mengenal User Persona dalam Desain Produk

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *