Tanggal:27 April 2024

Yuk, Mengenal Efikasi Diri!

Setiap orang pastinya memiliki kemampuan masing-masing. Kemampuan tersebut bisa diolah atau justru didiamkan dan  tak diasah sama sekali. Untuk itu kamu perlu mengenal efikasi diri secara lebih detail. Efikasi diri adalah kepercayaan seseorang akan kemampuannya sendiri untuk bisa memainkan peran penting mengenai cara untuk berpikir, bertindak, dan juga berperasaan. Kamu sebagai makhluk sosial yang dianugerahi nikmat kesempurnaan oleh Sang Pencipa tentu memiliki kemampuan yang patut untuk dibanggakan. Kamu harus yakin akan kemampuan diri sendiri, ya.

Ciri Pribadi yang Memiliki Efikasi Diri

Ilustrasi Efikasi Diri (pexels)

  • Mempunyai komitmen yang kuat terkait minat dan juga kegiatan yang dilakukan
  • Lekas kembali bersemangat serta bangkit dari rasa kecewa dan juga putus asa
  • Mampu mengembangkan minat agar bisa berpartisipasi pada kegiatan yang sedang diikuti
  • Memandang tantangan sebagai suatu hal yang memang harus dikuasai

Cara Meningkatkan Efikasi Diri

1. Mengamati orang lain 

Meningkatkan efikasi diri dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengamati orang lain. Skill atau keterampilan yang dimiliki oleh orang lain bisa kamu jadikan acuan. Kamu bisa mengamati dan memetik sisi positif dari setiap orang. Mengamati orang lain dilakukan dengan sewajarnya saja, ya. Jangan seperti detektif yang memiliki suatu misi. Kamu hanya perlu melihat orang lain dengan cara pandang yang positif. Ambil sisi baiknya dan jangan tiru hal yang tidak baik. Kamu bisa mempelajari kemampuan milik orang lain, misalnya saja pelukis yang mahir. Kamu harus mampu mendekati dan mengamati cara kerjanya dengan baik.

2. Memiliki teman yang kreatif

Memiliki teman yang kreatif adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan efikasi diri. Kemampuan kamu bisa terus terasah karena akrab dengan teman yang berjiwa kreatif. Berbagai ide yang kamu miliki bisa lebih berkembang dan menjadi sangat menakjubkan. Kamu bisa belajar cara mengubah suatu hal menjadi lebih imajinatif dan inspiratif. Teman yang kreatif akan membuat kamu berpikir secara luas. Kamu akan lebih bersemangat dalam menanggapi suatu hal. Bahkan, kamu bisa menciptakan inovasi baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Pilih teman yang mampu membawa kamu ke arah lebih baik, ya.

3. Menemukan mentor 

Dalam kehidupan, adanya mentor sangat dibutuhkan. Mentor dapat menjadi pedoman dan pegangan kamu saat hendak melangkah. Kamu bisa lebih mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara luas. Kamu pun bisa memperoleh banyak pelajaran berharga dari mentor yang dimiliki. Layaknya motivator yang selalu memberikan kamu semangat untuk terus berpacu. Mentor bisa membuat kamu lebih mampu membuka jendela berpikir hingga bertindak. Kamu bisa meluapkan keluhan dan mencari jalan keluar dari adanya mentor. Kemampuan yang kamu miliki akan lebih terarah. Kamu pun bisa menjadi ahli di bidang yang kamu geluti berkat mentor yang selalu mengarahkan.

4. Menuliskan kesuksesan 

Menulis kesuksesan yang sudah kamu capai ternyata dapat bermanfaat, lho. Kamu bisa mengetahui apa saja yang belum bisa diraih. Kamu juga akan lebih mampu memperbarui kemampuan diri sendiri. Bukan untuk berpuas hati, melainkan mengevaluasi diri sendiri. Kesuksesan tentu tak terbatas. Kamu bisa meraihnya selagi masih ada niat dan kemampuan. Untuk itu, kesuksesan yang telah diraih harus kamu jadikan landasan untuk memperbaiki diri ke depannya. Efikasi diri sangat penting kamu terapkan untuk yakin dengan kemampuan diri sendiri. Kamu harus menanamkan rasa keyakinan pada diri sendiri. Percaya bahwa kamu mampu dan bisa meraih apa pun.

5. Hindari situasi penuh tekanan 

Kondisi dan situasi yang kurang baik bisa berdampak bagi seluruh segi kehidupan. Tak jarang berdampak bagi performa aktivitas keseharian yang kamu jalani. Untuk lebih meningkatkan efikasi diri, seharusnya kamu bergaul dengan orang-orang yang penuh inspirasi. Sehingga, kamu dituntut untuk menghindari situasi yang penuh tekanan. Situasi tersebut akan membuat daya imajinatif kamu semakin buruk. Kamu akan merasa kesulitan dan tidak bisa mengasah kemampuan yang dimiliki. Tekanan dapat menyebabkan kamu enggan untuk melakukan gebrakan perubahan yang positif.

Baca Juga : Mengenal Potensi Diri beserta Contohnya

Nah, itulah penjelasan mengenai efikasi diri. Yakin dan percaya sepenuhnya pada diri sendiri sangatlah penting. Kamu harus bisa menaruh kepercayaan pada diri sendiri agar mampu mengembangkan skill. Pelajari kemampuan dari orang lain dan terapkan sisi positifnya pada diri kamu. Semoga bermanfaat dan tetap semangat upgrade diri!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *