Tanggal:29 February 2024

4 Teknik Membaca Bisa Tingkatkan Keterampilan Membaca Lho, Pernah Coba?

Membaca adalah kegiatan untuk memahami isi pada suatu bacaan secara tertulis yang dilakukan seseorang sebagai rutinitas sehari-hari ataupun hobi yang sesekali. Jenis bacaan yang dinikmati tiap orang pun berbeda sesuai dengan kebutuhan informasi yang ingin didapatkan. Untuk memperoleh informasi tersebut, adanya beberapa teknik membaca yang efektif untuk digunakan.

Teknik Membaca Membuatmu Lebih Terampil Saat Membaca

Kursus online belajar grammar vocasia

Teknik membaca digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca. Hal tersebut dimaksudkan karena tak jarang seseorang mengalami kesulitan untuk memperoleh informasi melalui bacaan yang dibacanya. Untuk itu, keterampilan membaca ini dapat diperoleh ketika kita rajin berlatih menggunakan metode tertentu.

Latihan tersebut dapat kamu lakukan dengan membaca yang diukur oleh kecepatan tertentu, menempatkan titik pandang mata dengan tepat, dan memperluas jangkauan pandang mata. Beberapa teknik membaca di bawah ini bisa kamu praktikkan sesuai dengan hasil yang ingin diperoleh dari bahan bacaan. Yuk, kita bahas satu persatu!

1. Skimming

pexels.com – teknik membaca skimming

Skimming atau dikenal dengan teknik baca-layap merupakan cara membaca dengan mengambil intisari yang didapatkan dalam suatu ide pokok bacaan. Ide pokok dalam bacaan bisa berada di awal, tengah, maupun akhir paragraf. Teknik tersebut akan melompati bagian dan detail tertentu yang tidak kita butuhkan. Teknik skimming juga dikenal dengan istilah browsing buku.

Tujuan seseorang melakukan teknik skimming adalah untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, mempermudah untuk mengetahui isi bacaan dengan cepat, dan hanya mengutamakan bagian terpenting yang diperlukan tanpa adanya keharusan untuk membaca seluruhnya, Oleh sebab itu, penting bagi kamu yang menggunakan teknik skimming untuk memahami pola yang ditekankan seperti topik yang diangkat dalam bacaan, opini atau pendapat seseorang terhadap bacaan tersebut, menemukan bagian penting dalam bacaan, dan cara pikir penulis.

Baca Juga: Tipe Gaya Belajar Untuk Memudahkan Proses Belajar Kamu!

2. Scanning

unsplash.com – teknik membaca scanning

Scanning adalah teknik dengan cara membaca-tatap atau memindai. Layaknya mesin scanner yang membantu memindai seluruh pekerjaanmu, teknik scanning ini dilakukan dengan membaca cepat sehingga pembaca tidak perlu membaca semua kata ataupun kalimat, akan tetapi cari hal penting sesuai dengan informasi yang ingin kamu dapatkan. Libatkan imajinasimu karena membaca cepat memerlukan fokus yang maksimal agar pikiran tetap ditujukan untuk memahami isi bacaan

Tujuan seseorang melakukan teknik membaca scanning adalah untuk mengetahui informasi yang spesifik. Meskipun dipraktikkan dengan cepat, prosesnya dalam menemukan poin-poin yang dibutuhkan cukup memakan waktu dan tidak dapat dipilih dengan sembarang. Biasanya bahan bacaan scanning dapat dilakukan saat membaca bacaan ringan seperti koran maupun berita harian karena tidak perlu membutuhkan pemahaman secara mendalam.

Baca Juga: Cara Presentasi Bahasa Inggris supaya Lancar

3. Selecting

pexels.com – teknik membaca selecting

Selecting adalah teknik dengan menggunakan cara baca-pilih. Seseorang yang menggunakan teknik selecting umumnya dilakukan sebelum melakukan aktivitas membaca. Bagian yang akan dibaca dipilih terlebih dahulu sesuai bagian yang dianggap memuat informasi sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, dilakukan semacam seleksi pada bahan bacaan untuk mengetahui bagian informasi yang diperlukan. Misalnya dengan membaca judul berita dikoran terlebih dahulu kita akan mengetahui kira-kira apa hal yang dimuat dalam isinya.

Teknik selecting bertujuan agar pembaca dapat menemukan literatur atau referensi yang dibutuhkan dalam pengembangan tulisan. Monitoring terhadap bacaan dapat berguna agar tulisan yang dihasilkan lebih menarik. Selain itu, hasil tulisan yang akan didapatkan akan berisi hal yang berbobot serta informatif.

Baca Juga: Cara Mudah Berlatih Bicara Bahasa Inggris secara Otodidak

4. Skipping

pexels.com – teknik membaca skipping

Skipping adalah teknik yang dikenal dengan cara baca-lompat. Ketika kamu telah memahami suatu bagian di dalam bacaan, kamu tidak akan merasa kekurangan informasi ketika melewati bagian yang lainnya. Sederhananya adalah ketika poin-poin dalam tulisan sudah tidak mengandung hal relevan yang kamu cari, kamu dapat mengabaikan bagian-bagian yang tidak diperlukan.

Beragam teknik membaca di atas bisa langsung kamu praktikkan. Teknik membaca dapat membantu aktivitas membaca menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, penggunaan teknik membaca bisa memudahkan kamu untuk menggali informasi sesuai dengan kebutuhan yang kamu perlukan. 

Telah dipaparkan di atas ketika mempraktikkan salah satu dari keempat teknik membaca, kita diharuskan untuk menemukan isi pokok sebagai bagian penting dan memuat informasi yang dibutuhkan. Nyatanya, untuk menemukan isi pokok juga perlu memperhatikan beberapa tahapan antara lain manfaatkan daftar isi untuk menemukan bagian yang menjadi sorotan utama, perhatikan simbol-simbol visual yang terdapat dalam buku, baca dan simpulkan berdasarkan kata-kata kunci untuk lebih memudahkanmu.

Pola gerakan mata saat membaca juga menjadi hal yang berpengaruh ketika membaca sesuatu. Pola mata terdiri atas 6 macam antara lain pola vertikal, horizontal, diagonal, zig zag, spiral, dan blok yang masing-masing memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda.

Teknik membaca di atas bisa kamu jadikan sebuah latihan dan kebiasaan agar budaya membaca makin melekat dengan kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari. Untuk mengetahui artikel informatif lainnya, kamu bisa cek laman kami di vocasia.id.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *