Tanggal:25 May 2024

Teknik Pengambilan Sampel: Pengertian, Macam dan Tahapannya

Ilustrasi pengambilan sampel. Sumber: unsplash.com

Teknik Pengambilan Sampel

Teknik pengambilan sampel dalam penilitian adalah hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan hasil dari penelitian. Dalam mengambil sampel, ada beberapa cara untuk melakukan teknik pengambilan sampel penelitian yang baik dan benar. Dengan demikian, kamu harus paham bagaimana metode untuk melakukan penentuan pada sampel.

Kursus online IELTS Vocasia

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai teknik pengambilan sampel dalam bagaimana cara menentukan dari sebuah populasi agar mempermudah pelaksanaan penelitian di lapangan.

Pengertian Sampel dan Populasi

Populasi dan sampel merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Populasi merupakan wilayah generalisasi atau keseluruhan dari sesuatu yang sedang dipelajari karakteristiknya, sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi. Jadi, sampel adalah sebagian dari keseluruhan objek yang akan diteliti yang memiliki karakteristik dari sebuah populasi. Cara menentukan sampel disebut dengan teknik sampling.

Tujuan Teknik Pengumpulan Sampel

Teknik pengumpulan sampel atau teknik sampling yang digunakan akan berhubungan dengan cara pengambilan suatu sampel. Teknik sampling juga bertujuan untuk membantu peneliti dalam mengatasi keterbatasan yang dijumpai saat melakukan sebuah penelitian di lapangan. Teknik pengambilan sampel dilakukan untuk memperoleh beberapa tujuan, di antaranya:

  • untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan populasi yang diteliti;
  • untuk mendapatkan data yang lebih akurat; dan
  • untuk memperoleh data yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam mengambil keputusan.

Macam-Macam Teknik Pengumpulan Sampling

Teknik pengumpulan sampling ada terdapat dua jenis, pertama teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak dan teknik nonrandom sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara tidak acak. Metode yang digunakan tergantung jenis penelitian apa yang akan kita laksanakan.

1. Simple Random Sampling

  • Simple random sampling adalah teknik pengambilan sampel yang dilakukan bebas secara acak. Oleh sebab itu, teknik ini cocok digunakan jika sampel bersifat homogen.
  • Cara menggunakan tabel bilangan random:
    • setiap anggota populasi diberi nomor urut;
    • menentukan bilangan random dalam tabel (statistik);
    • menentukan kriteria desimal;
    • menentukan angkat pemulaan pemilihan secara random; dan
    • memilih nomor yang dituju

2. Teknik NonRandom Sampling

Dalam teknik ini, tidak semua anggota populasi mendapat peluang untuk dijadikan sampel. Di dalam teknik random nonsampling terdapat tiga katagori, yaitu :

  • Sampel Insidental

Misalnya kamu akan meneliti 100 mahasiswa UB. Peneliti datang ke kampus untuk bertemu 100 Mahasiswa yang ia temui. Dengan demikian, mahasiswa yang diteliti adalah siapa yang ditemukan oleh peneliti dikampus.

  • Sampel Kuota

Teknik ini hampir sama dengan insidental; hanya saja sebelum melakukan pengambilan sampel, kamu terlebih dahulu dibuat kategori sampel menurut strata, lalu setiap strata diberi jatah.

  • Sampel Purposive

Teknik ini digunakan berdasarkan pertimbangan tertentu dari sang peneliti. Misalnya peneliti ingin mengetahui bahwa siswa yang belajarnya teratur mempunyai prestasi yang banyak. Dengan demikian, peneliti hanya mengambil sampel siswa yang belajarnya teratur dan prestasinya tinggi.

Tahapan pengumpulan teknik sampel

Dalam melakukan pengumpulan sampel penelitian, terdapat beberapa tahapan yang harus kamu ikuti dengan cermat. Melakukan tahapan-tahapan ini akan membantumu dalam menjawab tujuan penelitian kamu. Berikut beberapa tahapan umum untuk mengumpulkan sampel:

  1. mendefinisikan populasi yang akan diamati;
  2. menentukan kerangka sampel dan kumpulan semua peristiwa yang terjadi di lapangan;
  3. menentukan metode sampling yang tepat tujuan;
  4. melakukan pengambilan sampel; dan
  5. melakukan pemeriksaan ulang pada proses sampling

Sekian Sobat Vocasia, mimin sudah menjelaskan materi Teknik Pengambilan Sampel beserta cara menerapkannya di lapangan. Bagi sobat yang ingin belajar strategi sukses dalam menulis skripsi beserta cara memilih metode penelitian yang baik dan benar, sobat bisa bergabung ke dalam kursus “Strategi Sukses Penulisan Skripsi Secara Tepat, Cepat, dan Cermat” dengan menekan tombol di bawah ini:\

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *