Tanggal:25 May 2024

9 Ucapan Terima Kasih Dalam Bahasa Korea

Salah satu budaya asing yang paling banyak disukai oleh banyak anak muda yang ada di Indonesia adalah budaya Korea. Mulai dari musik, film, drama, dan juga bahasanya.

Sekarang-sekarang ini sudah banyak sekolah yang mengajarkan bahasa Korea dan dijadikan mata pelajaran. Hal itu pun membuat bahasa Korea makin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu ucapan yang sering diucapkan oleh kalangan muda adalah ucapan terima kasih dalam bahasa Korea. Ungkapan ini semakin populer seiring dengan banyaknya drama Korea yang menggunakan kata-kata tersebut.

Di Korea sendiri, ucapan terima kasih terbagi menjadi dua yaitu ucapan yang formal dan juga informal. Ucapan terima kasih dalam bahasa Korea juga memiliki tingkatan kesopanannya sendiri.

Ada yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang lebih tua dan ada juga ucapan yang diucapkan kepada teman sebaya atau yang lebih muda. 

Dengan begitu artikel ini akan membahas lebih lengkap apa saja ucapan terima kasih yang ada di dalam bahasa Korea. Yuk! simak artikel ini selengkapnya.

  • Kamsahamnida 감사 합니다

Siapa yang tidak mengetahui ucapan terima kasih Korea satu ini, pastinya semua orang sudah familiar dengan Kamsahamnida. Jadi, ucapan terima kasih yang paling populer adalah Kamsahamnida.

Kamsahamnida ini biasanya digunakan oleh masyarakat Korea untuk mengucapkan terima kasih kepada orang asing ataupun dengan seseorang yang lebih tua atau yang jabatannya lebih tinggi dan terhormat. Kamsahamnida termasuk ucapan terima kasih yang formal.

  • Gomawo 고마워

Buat yang sering nonton drama Korea, pastinya tidak asing mendengar kata yang satu ini yaitu Gomawo. Kosakata ini pun menjadi ungkapan yang juga sering digunakan oleh masyarakat Korea.

Gomawo sendiri biasanya digunakan untuk mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang sebaya, teman dekat ketika berada di situasi yang tidak terlalu formal. Sehingga Gomawo tergolong dalam bahasa informal.

  • Gomawoyo 고마워요

Selanjutnya ada Gomawoyo, tidak berbeda jauh dengan kata yang sebelumnya. Kosakata ini memiliki tingkatan yang lebih sopan, sebab adanya imbuhan (yo) pada akhir kalimat. Walaupun begitu kata ini masih termasuk bahasa yang informal. Biasanya digunakan ketika berterima kasih kepada teman yang tidak terlalu dekat, ataupun kepada orang yang lebih muda.

  • Gomapseumnida 고맙습니다

Selanjutnya Gomapseumnida, kata ini mirip dengan kamsahamnida yang sama-sama ucapan terima kasih dalam bentuk formal. Namun, banyak yang menganggap kamsahamnida lebih sopan. Sehingga kalian harus lebih hati hati dalam memilih dua kata tersebut.

  • Kamsahaeyo 감사 해요

Lalu, ada Kamsahaeyo ucapan ini merupakan bentuk terima kasih dalam bentuk kalimat informal. Ucapan ini biasanya digunakan dalam situasi yang informal namun terkesan sopan. Kata ini diucapkan ketika berterima kasih kepada yang lebih tua ataupun senior.

  • Kamsa-kamsa  감사-감사

Kamsa-kamsa merupakan ucapan terima kasih yang cukup populer di kalangan muda masyarakat Korea. Kata ini merupakan kata gaul yang biasanya diucapkan pada saat berterima kasih. Namun, penggunaannya terbatas hanya pada teman karena kata ini biasanya digunakan pada saat membalas pesan atau chatting.

  • Jeongmal Gomawoyo 정말 고마워요

Dalam bahasa Indonesia kata ini memiliki arti “Kamu, baik sekali”. Frasa ini digunakan untuk mengucapkan terima kasih atas kebaikan seseorang kepada kalian. Biasanya dipakai pada situasi percakapan yang cukup formal atau dengan seseorang yang baru kalian temui.

  • Daedanhi Kamsahamnida 대단히 감사합니다

Kata ini bukan yang umum digunakan oleh masyarakat Korea. Ucapan ini digunakan pada saat mereka benar-benar berterima kasih atas bantuan yang diberikan, sehingga hanya orang pantas saja yang akan mendapatkan ucapan tersebut. Dalam bahasa Indonesia Daedanhi Kamsahamnida memiliki arti “sangat terima kasih”

  • Jeongmal Chinjulhasineyo 정말 친절하시네요

Terakhir ada Jeongmal Chinjulhasineyo, yang memiliki arti “Kamu, sangat baik”. Biasanya digunakan untuk mengucapkan kepada seseorang yang sangat baik padamu. Ungkapan ini bersifat formal, sehingga bisa digunakan kepada orang yang baru kamu temui.

Nah, itulah 9 ucapan terima kasih dalam bahasa Korea, untuk kalian yang ingin belajar bahasa Korea Kalian juga bisa mengikuti Kursus Bahasa Korea (Paket Belajar Hangeul Level 1) di Vocasia. Dengan mengikuti kursus itu, kalian dapat memahami kosakata dan grammar Bahasa Korea. Yuk, buruan daftar untuk mendapatkan semua benefit-nya. Untuk info lengkap KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *