Tanggal:15 May 2024

Cara Reschedule Interview Lewat WA dan Contohnya

Para pencari kerja biasanya akan sangat menunggu momen untuk dipanggil atau interview. Dengan begitu para pelamar kerja akan melakukan beberapa tes dan pertanyaan untuk melihat kandidat pelamat. Tapi bagaimana kalau tiba-tiba kamu tidak bisa menghadirnya karena suatu alasan, kamu bisa loh laangsung menghubungi kontak perusaahn utnuk memberitahu kondisi kamu mengapa tidak bisa menghadiri interview dan meminta reschedule interview.

Menurut Kompas.com, Kamu dapat melakukan perubahan jadwal interview kerja sesuai dengan kebutuhan dan alasan yang jelas.

Berikut kamu bisa pelajari bagaimana meminta permohonan reschedule interview melalui email maupun whatsapp dengan kalimat dan gaya bahasa yang sopan agar kamu terlihat profesional.

Pada artikel Vocasia kali ini, mimin akan membahas bagaimana cara mencari alasan penjadwalan ulang interview yang tepat dan contoh kalimat reschedule interviewnya. Mari simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini.

Cara Reschedule Interview Lewat WA dan Email

Saat ingin melakukan reschedule interview kamu perlu mengkonfirmasi ke pihak HRD dengan baik dan sopan. Berikut cara melakukan reschedule :

1. Berikan Pemberitahuan Secepatnya

Jika kamu membutuhkan reschedule interview, sebaiknya memberikan pemberitahuan secepatnya kepada pihak perusahaan. Hal ini agar mereka dapat mengatur jadwal ulang dengan lebih baik.

2. Sampaikan Alasan dengan Jelas

Sampaikan alasan kamu membutuhkan reschedule interview dengan jelas dan terperinci. Misalnya, kamu harus menghadiri acara keluarga yang tidak dapat ditunda atau sedang sakit.

3. Berikan Pilihan Waktu yang Tepat

Saat memberikan pilihan waktu yang tepat, pastikan kamu memberikan beberapa pilihan yang fleksibel agar pihak perusahaan dapat memilih waktu yang sesuai dengan jadwal mereka.

4. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Setelah memberikan permintaan reschedule interview, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan atas pengertian dan kerjasamanya.

Baca Juga : Daftar Pertanyaan Interview Kerja Yang Sering Muncul

Tips Reschedule Interview Lewat WA dan Email

1. Segera Beri Tahu

Jika Kamu tahu bahwa Kamu perlu mereschedule, sebaiknya beri tahu secepat mungkin. Ini memberi waktu kepada pihak yang bersangkutan untuk mengatur ulang jadwal mereka.

2. Pilih Metode Komunikasi yang Sesuai

Jika Kamu sudah berkomunikasi melalui email, lebih baik melanjutkan melalui email. Jika Kamu telah berbicara melalui WhatsApp atau memiliki nomor kontak WhatsApp mereka, Kamu dapat menggunakan WA.

3. Gunakan Subject yang Jelas

Jika menggunakan email, gunakan subjek yang jelas agar pesan Kamu dengan cepat teridentifikasi. Misalnya: “Permintaan Reschedule Wawancara – [Nama Posisi]”.

4. Tetap Sopan dan Profesional

Bahasa Kamu harus tetap sopan dan profesional. Ingatlah bahwa ini adalah komunikasi resmi terkait dengan kesempatan pekerjaan.

5. Jelaskan Alasanmu

Berikan alasan yang jelas dan jujur mengapa Kamu perlu mereschedule. Usahakan agar alasan tersebut masuk akal dan urgensi.

6. Tawarkan Fleksibilitas

 Berikan beberapa pilihan tanggal dan waktu alternatif yang Kamu tersedia. Ini menunjukkan bahwa Kamu ingin memudahkan proses penjadwalan ulang.

7. Berterima Kasih atas Pengertian

Jangan lupa menyampaikan rasa terima kasih atas pengertian dan kesempatan untuk menghadiri wawancara.

8. Tetap Responsif

 Setelah Kamu mengirim pesan, pastikan Kamu tetap aktif memeriksa pesan dan merespons dengan cepat jika ada tanggapan atau tanyaan.

9. Periksa Tanda Baca dan Ejaan

Pastikan pesan Kamu bebas dari kesalahan ejaan dan tanda baca yang dapat mengaburkan pesan Kamu.

10. Cek Kembali Pesan Sebelum Mengirim

 Sebelum mengirimkan pesan, pastikan Kamu telah merenungkan isi pesan dan merasa puas dengan cara Kamu menyampaikannya.

Baca Juga : 10 Pertanyaan Interview User Yang Harus Kamu Ketahui!

Contoh Reschedule Interview

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan reschedule interview, mungkin kamu bisa melihat beberapa contoh bagaimana penulisan reschedule yang baik dan sopan.

1. Contoh reschedule dalam bahasa Indonesia

Halo, Kak/Pak/Bu (Nama Kamu)‍

Terima kasih atas berita baik yang Kakak/Bapak/Ibu kirimkan untuk saya. Suatu kebahagiaan bagi saya bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan interview untuk posisi (sebutkan posisi yang kamu lamar) di (sebutkan perusahaannya).

Sebelumnya, saya memohon maaf karena tidak bisa menghadiri interview wawancara yang Kakak/Bapak/Ibu lampirkan. Saya tidak bisa menghadiri interview dikarenakan saya sedang sakit dan diharuskan dirawat.

Jika Kakak/Bapak/Ibu berkenan, apakah saya boleh mengajukan pergantian jadwal interview? Saya memiliki waktu luang setelah tanggal tersebut.

Besar harapan saya bisa bergabung dengan Tim (sebutkan perusahaan yang kamu lamar)!

Terima kasih sekali lagi atas kesempatan yang diberikan.

Salam,

(Nama Kamu)

2. Contoh reschedule dalam bahasa Indonesia

Dilansir dari laman kitalulus.com berikut template Reschedule interview dalam bahasa inggris

Dear, Mr./Miss. (sebutkan nama yang menghubungi kamu)

Thank you so much for allowing me to meet you at the interview. I am so excited about the opportunity for the (sebutkan posisi yang kamu lamar) position with (sebutkan perusahaannya).

Unfortunately, due to my condition of not recovering well, I cannot attend the interview tomorrow at 2 PM.

Would it be possible to reschedule the interview? I am sure that three days after today, I will be available to meet you in good condition.

I do apologise for any inconvenience caused by this change. I am still very excited for the opportunity to discuss with your company and I really hope we can meet soon.

I am looking forward to hearing from you. Thank you! 

Berikut cara melakukan reschedule interview kerja dan contoh penulisan reschedule kerja yang baik dan benar agar kamu terlihat tetap profesional. Baca artikel berkualitas lainnya hanya di Vocasia.id.

Kursus membuat Aplikasi website
Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *