Tanggal:01 May 2024

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengikuti SBMPTN

Memasuki tahun ajaran baru memang menyenangkan. Namun, bagaimana dengan kabar kamu yang menduduki kelas 12 saat ini? Pastinya banyak terbaran desas-desus mengenai UTBK SBMPTN 2022, bukan? Mulai dari jadwal ujian dan persiapan untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2022 seharusnya sudah kamu susun sedemikian rupa. 

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Waktu akan habis jika kamu tidak segera memulai.  Ingat, jadwal pelaksanaan UTBK tidak akan terasa walaupun tinggal beberapa bulan lagi. Jadi sebaiknya persiapkan alat tempurmu mulai dari sekarang!

Agar persiapan UTBK SBMPTN 2022 semakin matang dan tersusun, artikel ini bakal membahas mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan mulai dari sekarang. Yuk simak pembahasannya di bawah!

Baca Juga: 7 ciri komunikasi massa menurut para ahli

Tips Persiapan SBMPTN

Tips persiapan SBMPTN. Sumber: pexels.com

Memiliki cita-cita untuk diterima ke Perguruan Tinggi Negeri adalah impian hampir semua orang. Ujian SBMPTN adalah salah satu jalan untuk menggapai impian tersebut. SBMPTN yang merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dapat diikuti oleh kamu yang telah menyelesaikan studi dibangku SMA. 

Buat kamu yang masih kebingungan dengan istilah SBMPTN dan UTBK, sebetulnya kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama. Pada tahun 2018, istilah SBMPTN masih digunakan sebagai ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN. Namun, memasuki 2019 ujian diubah namanya menjadi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan SBMPTN merupakan seleksi penerimaannya.

Artikel ini diperuntukkan untuk kamu yang sedang duduk di kelas 12 SMA maupun alumni yang melakukan gap year untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2022. Selagi masih akhir tahun, kamu masih memiliki beberapa bulan untuk melakukan persiapan. Meski waktunya masih banyak, kamu perlu menerapkan persiapan dan strategi tempur sebelum mengikuti ujian. Hal ini karena tingkat kesulitan SBMPTN lebih tinggi dibanding Ujian Nasional atau tes lainnya, jadi kamu perlu persiapkan diri dari sekarang.  

Perlu diingat bahwa waktu pelaksanaan ujian SBMPTN ini biasanyahanya beberapa bulan setelah Ujian Nasional, sehingga untuk sebagian pelajar yang baru menyelesaikan UN menjadi kebingungan bagaimana menguasai materi SBMPTN dengan tingkat kesulitan yang tinggi dalam waktu singkat. Simak beberapa persiapan yang penting untuk kamu lakukan untuk persiapan SBMPTN menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Kamu juga perlu mengetahui secara umum berbagai macam soal yang akan muncul di dalam SBMPTN yang mana membutuhkan nalar atau berpikir secara kritis.

Baca Juga: Jenis desain grafis

1. Pelajari dan Kerjakan Soal SBMPTN Tahun Sebelumnya

Soal SBMPTN tahun sebelumnya penting untuk kamu pelajari agar membantu mengetahui tingkat kesulitan dari soal yang ada di SBMPTN. Selain itu, soal SBMPTN yang berbeda tiap tahunnya akan memberi gambaran kepada kamu tentang materi apa yang perlu dipelajari.

Ketersediaan soal SBMPTN tahun sebelumnya bisa kamu temukan melalui internet ataupun sumber lainnya. Sudah banyak situs web yang menyediakan berbagai kumpulan soal SBMPTN tahun sebelumnya.

Cara belajar ini efektif membantu kamu agar bisa lebih siap dalam menghadapi berbagai macam jenis soal SBMPTN nantinya. Kamu juga akan lebih paham tentang pola soal dari SBMPTN dan melatih otak agar terbiasa untuk mengerjakan soal-soal SBMPTN.

Walaupun secara teknis pelaksanaan UTBK 2022 belum diumumkan mekanismenya, kamu bisa menggunakan peraturan dan mekanisme teknis UTBK 2021 lebih dulu sampai ada pengumuman lebih lanjut, ya. 

2. Gali Seluruh Materi SBMPTN

Selain mengerjakan soal SBMPTN tahun sebelumnya, kamu juga perlu mempelajari materi yang muncul dalam SBMPTN. Jika diperlukan, kamu bisa membuat beberapa catatan penting untuk membantu proses belajar. Tuliskan beberapa rumus atau istilah penting yang kemungkinan menjadi jawaban dari soal. 

Untuk materi yang akan diujiankan saat UTBK 2022, kamu perlu akrab dengan beberapa materi yang digunakan tahun sebelumnya seperti di bawah ini.  

Materi ujian TPS UTBK 2021

  • Penalaran umum
  • Pengetahuan kuantitatif 
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis

Materi TKA Soshum UTBK 2021

  • Geografi
  • Sejarah
  • Ekonomi
  • Sosiologi

Materi TKA Saintek UTBK 2021

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Untuk kamu yang mengambil satu ujian dan ujian campuran dalam UTBK memiliki perbedaan waktu pengerjaan. Dalam ketentuan UTBK 2021, TPS dan TKA Soshum atau Saintek memiliki alokasi waktu sebanyak 195 menit, sedangkan yang mengikuti ujian TPS dan TKA Campuran, waktu yang dialokasikan adalah sebanyak 285 menit.

3. Buat Jadwal Belajar SBMPTN yang Konsisten

Jadwal belajar ini dapat kamu gunakan untuk mempersiapkan ujian SBMPTN. Apalagi buat kamu yang memiliki tujuan untuk bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri kamu bisa menyusun jadwal belajar ini rapi. 

Ingat, bahwa tingkat kesulitan SBMPTN lebih sulit dari Ujian Nasional. Apabila kamu bisa mengerjakan soal SBMPTN dengan skor tinggi, otomatis Ujian Nasional bisa kamu lakukan dengan mudah. Jadi, fokus dan maksimalkan segala usaha pada soal SBMPTN. 

Dengan membuat jadwal belajar akan membantu kamu lebih konsisten dan disiplin dalam belajar. Selain itu, jadwal belajar membuat kamu mencapai target materi yang dituju, baik target mingguan ataupun target bulanan. Nah, dengan cara ini kamu akan lebih cepat menguasai beberapa materi yang ada di soal SBMPTN.

4. Sering Mengulas Materi SBMPTN

Mengulang atau melakukan review terhadap materi merupakan bagian yang paling penting. Setelah konsisten dengan berlatih soal dan belajar materi, langkah selanjutnya adalah dengan mengulas semua materi.

Kamu perlu menyeimbangkan antara berlatih soal dan belajar materi. Jangan timpang dalam melakukan salah satunya. Mengulas materi juga akan membuat kamu mengetahui materi mana yang perlu dipelajari ulang dan materi mana yang sudah dikuasai agar selanjutnya kamu dapat fokus mempelajari materi yang diperlukan saja. 

5. Belajar dengan Bersungguh-sungguh

Setiap orang memiliki tipe belajarnya masing-masing. Namun, untuk kamu yang masih memiliki kesulitan menemukan cara belajar yang cocok dengan dirimu mungkin kamu bisa menggunakan berbagai cara belajar yang lain. Cara tersebut diantaranya dengan membuat mind mapping atau peta konsep. 

Peta konsep yang dibuat akan membantu otak untuk bisa mencerna berbagai macam informasi dengan baik. Selain itu, akan membantu untuk mengingat semua materi yang telah ditulis dengan mudah dan praktis. Pastikan juga membuat sebuah peta konsep yang menarik dan sesuai dengan tema yang disukai agar tidak cepat merasa bosan. Melatih berbagai tipe belajar bisa membuat proses belajar kamu nyaman dan bersungguh-sungguh. 

6. Rutin Ikuti Try Out SBMPTN

Try out identik dengan proses simulasi sebelum ujian. Banyak ujian lain juga melakukan persiapan dengan mengikuti try out. Persiapan mengikuti SBMPTN juga dapat kamu lakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah kamu bisa memanfaatkan pengerjaan kumpulan soal SBMPTN tahun lalu beserta kunci jawabannya untuk mengecek kesalahan yang kamu lakukan. Cara lain kamu bisa mengikuti try out SBMPTN yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga, universitas, atau suatu organisasi.

Dengan mengikuti try out kamu dapat mengetahui kemampuan materi yang sudah dimiliki. Pastinya pola dari soal try out tersebut hampir serupa, tetapi tingkat kesulitannya yang berbeda jika dibandingkan dengan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya. Dengan begitu, Kamu akan memprediksi berapa tinggi tingkat kesulitan soal yang akan dihadapi nantinya.

7. Evaluasi Seluruh Persiapan 

Setelah berbagai persiapan telah kamu lakukan dengan baik, langkah berikutnya bisa kamu lakukan dengan mengevaluasi setiap kekurangan yang dimiliki. Hal tersebut menjadi sebuah koreksi bagi kamu untuk dapat berkembang dan meningkatkan kemampuan dalam mengerjakan soal SBMPTN.

Jangan mudah menyerah hanya karena mengalami kesulitan. Masih ada waktu untuk mengevaluasi setiap kesalahan yang dimiliki tersebut. Kamu juga masih memiliki waktu  untuk membuka lagi catatan materi yang sudah pernah dibuat dan contoh pembahasan soal. Jadikan waktu yang tersisa sebagai kesempatan kamu untuk memperbaiki kelemahan. Terus berlatih dan jangan pernah berhenti untuk menyelipkan doa dalam setiap usaha yang kamu lakukan agar tidak menjadi tidak sia-sia.

Baca Juga: 5 ide bisnis untuk mahasiswa tak butuh banyak modal

Itu dia 7 hal yang perlu disiapkan sebelum mengikuti SBMPTN. Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Ada banyak berbagai tips dan trik yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! 

Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya! Ingin mantapkan skill dan pengetahuan lainnya? Kamu dapat mengikuti online course secara gratis dan berbayar dengan mengakses tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *