Tanggal:06 May 2024

5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa, Tak Butuh Banyak Modal, Lho!

ilustrasi jenis usaha bagi mahasiswa

1. Reseller online

Peluang bisnis online mahasiswa pertama yang bisa dilakukan ialah menjadi seorang reseller, nih. Dimana reseller itu bekerja dengan sistem menyetok produk dari supplier dan menjualnya kembali, ya. Yang mana pada umumnya supplier skala besar menawarkan harga yang lebih miring untuk pembelian dari si reseller dalam kuantitas yang besar atua pembelian grosiran. Oleh karena itu, semakin banyak kamu sebagai seorang reseller membeli produk dari si supplier, maka semakin murah harga yang didapatkan.

Apa sih akibatnya? Tentu saja kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, ya. Bayangkan saja suatu produk di pasaran berharga normal dalam kisaran 30 ribu, akan tetapi kamu mendapatkan barang yang kamu beli dalam jumlah banyak dari supplier tadi seharga 15 ribu, maka dengan menjualnya lagi seharga 20 ribu hingga 25 ribu saja di mata konsumen harga tersebut sudah miring dari harga normalnya tapi tentu saja kamu tetap mendapatkan keuntungan dong.

Pada sisi ini, reseller sangat diuntungkan karena dapat melakukan persaingan harga normalnya, ya. Bahkan nih bisa sangat unggul dibanding dropship yang menjual produk dengan harga toko ditambah margin keuntungan. Yang mana kamu seorang reseller dapat memasang harga yang kompetitif karena mendapatkan harga miring dari supplier langsung daripada dropship atau bahkan dengan toko lain.

Selain itu, menjadi reseller juga sangat memungkinkan kamu untuk cepat balik modal sekaligus mendapatkan keuntungan. Mengapa? Secara logika sebagai reseller, kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos produksi suatu barang. Di tambah lagi supplier seringkali memproduksi barang dalam jumlah yang banyak untuk kemudian dijual pada si reseller dengan harga yang relatif terjangkau sehingga si reseller pun menjual lagi dengan harga yang miring dari harga normalnya untuk mendapatkan banyak konsumen yang pada akhirnya modal cepat balik dengan keuntungan yang berlipat ganda, nih.

Baca Juga :

5 Keuntungan Menjadi Reseller Online, Modalnya Minim, Lho!

Rekomendasi Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta

2. Berbisnis pulsa elektrik

Banyak mahasiswa yang memilih bisnis satu ini karena modal yang dibutuhkan memang tidak terlalu besar. Walau bisnis dengan  modal kecil, namun keuntungannya lumayan apabila dikelola dengan baik dan tekun. Apabila tidak memiliki modal, mahasiswa bisa mencoba dengan membeli pulsa dalam nominal kecil terlebih dahulu. Anggap saja membeli pulsa untuk diri sendiri. Nanti kalau sudah balik modal bisa naik level lagi, ya. Jika dihitung-hitung, keuntungan dari berbisnis ini sekitar Rp 500 – Rp 1500 setiap sekali penjualan pulsa. Tentu saja saat ini banyak orang yang membutuhkan pulsa, sehingga segmen pasarnya sangat luas.

Namun ingat bahwa semua bisnis akan berisiko, termasuk bisnis ini. Kamu harus bersiap dengan konsekuensi masalah penagihan, terlebih jika pelanggan yang membeli pulsa ialah teman dekat maupun keluarga. Kamu harus tegas untuk menagih pulsa elektrik yang mereka beli, ya.

3. Editor Video

Kamu seorang mahasiswa yang jago mengedit video? Profesi freelance video editor ini mungkin cocok untukmu, nih. Coba bayangkan bahwa semakin meningkatnya pekerja digital khususnya yang tengah naik daun yakni menjadi seorang YouTuber, maka peluang permintaan jasa video editor juga akan meningkat bukan? Iya pastinya.

Apalagi, di Indonesia, jumlah subscribe para YouTuber cepat naiknya akibat banyaknya jumlah penduduk di Indonsia. Jadi, ya asalkan video yang di upload itu membeli value seperti edukasi maupun hiburan tentu saja tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan banyak subscriber, ya. Nah, adanya situasi dan kondisi semacam itulah yang pada akhirnya menuntut para youtuber untuk memposting dan membuat video yang lebih berkualitas lagi dengan menyewa jasa editor, dan kamu yang mahir edit video ialah pihak yang diuntungkan, ya.

Tak hanya untuk YouTube, jasa ini juga banyak dicari oleh bisnis menengah atau perusahaan untuk promosi produk, lho. Tinggal perdalam skill edit video dan pelajari berbagai aplikasi editor, bahkan untuk memudahkan pekerjaanmu saat ini sudah ada website template video lalu kamu tinggal mengedit video secara online deh.

Baca Juga :

Peluang Bisnis Yang Banyak Diminati Masyarakat

Cara Melihat Peluang Bisnis

4. Penulis artikel

Contoh pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa dan banyak dicari adalah jasa penulisan konten, nih Jenis tulisan yang dicari kebanyakan adalah artikel untuk blog. Topik konten yang dicari pun semakin beragam, mulai dari teknologi, bisnis, lifestyle, olahraga, hingga kesehatan.

Di Indonesia tarif per artikel blog berada di kisaran Rp15-50 ribu, tergantung dari jumlah kata dan kerumitan topik yang ditulis. Namun, jika kamu mampu menulis konten berbahasa asing dan mampu mendapatkan klien dari luar negeri, tarif yang jamu dapatkan bisa lebih besar.

Jika, kamu memiliki kemampuan menulis artikel yang bagus, jenis freelance ini bisa kamu coba. Kalau pun kamu tak memiliki skill menulis tetapi mempunyai minat untuk terjun dalam penulisan artikel juga boleh, lho. Tentu saja dengan mempelajari mengenai tata cara penulisan artikel yang baik dan benar, khususnya dalam hal ini terkait EYD. Selain itu, kamu pun harus banyak membaca dan mengamati sekitarmu untuk kemudian kamu analisis dan menjadi ide penulisan artikel, nih.

Baca Juga | Yuk Ketahui! Tentang Copywriting Dan Contohnya

5. Membuka jasa les privat

Masih berbicara mengenai jasa, namun kali ini lebih kepada kemampuan akademis yang kamu miliki. Rasanya menjadi mahasiswa itu cukup berada di level pendidikan yang tinggi bukan? Iya pastinya. Maka dari itu, kamu bisa membagikan ilmu yang kamu miliki pun akan menghasilan uang tambahan untukmu dengan membuka jasa les privat di rumah untuk anak sekolah.

Jika kondisi rumah tidak memungkinkan maka kamu bisa menambah tarif untuk transportasi, sehingga kamu yang akan ke rumah murid. Tarif untuk les privat saat ini berkisar antara Rp 20.000 – Rp 150.000 sekali pertemuan. Lumayan bukan? Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda bisa menerima beberapa murid. Jika kamu tekuni bisnis ini, bukan tidak mungkin penghasilan Anda bisa sama atau bahkan lebih dari pekerja kantoran. Saat ini juga ada beberapa layanan jasa les privat online yang bisa dilakukan di rumah. kamu bisa mendaftar di layanan seperti itu agar kesempatan untuk mendapatkan murid menjadi lebih besar, nih.

Baca Juga :

3 Peluang Usaha Di Bidang Jasa Yang Semakin Diminati, Yuk Coba!

Jenis Usaha Online Yang Bikin Untung

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *