Tanggal:25 May 2024

5 Tips Mempersiapkan Sidang Skripsi Anti Gagal

Skripsi merupakan istilah untuk tugas akhir yang harus dikerjakan untuk mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi. Skripsi menjadi tahapan tersulit yang harus dijalani mahasiswa. Proses penyusunan skripsi memang menantang, tetapi sidang skripsi kerap menjadi momok bagi mahasiswa.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Wajar apabila sidang skripsi menjadi momok bagi mahasiswa karena pendidikan yang ditempuh selama 4 tahun, kini telah sampai pada tahap akhir di mana mereka akan diuji dalam sidang skripsi.

Rasa cemas, gugup, dan takut menjadi hal yang biasa terjadi karena mahasiswa khawatir akan diserbu dengan berbagai macam pertanyaan sulit oleh dosen penguji yang bisa membuat mereka ‘mati kutu’.

Jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang sedang cemas menunggu sidang skripsi, jangan khawatir, ya! Ada 5 tips yang perlu kamu persiapkan sebelum menghadapi sidang skripsi. 

Tips Sidang Skripsi Anti Gagal 

Mahasiswa semester akhir wajib tahu apa saja yang perlu dilakukan sebelum hari sidang skripsi. Hal ini penting dilakukan agar pelaksanaan sidang berjalan lancar. Berikut beberapa tips mempersiapkan sidang skripsi anti gagal.

1. Pelajari dan Pahami Skripsi

Pelajari dan Pahami (Freepik)

Mengatur strategi versi diri sendiri sangat perlu dilakukan sebelum menghadapi sidang skripsi. Menghafal semua isi skripsi tidak perlu dilakukan karena akan memakan waktu yang banyak. Kamu hanya perlu mempelajari dan memahami isi skripsi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyiapkan catatan yang isinya poin-poin penting skripsi, seperti metode penelitian, hasil analisis, hingga kesimpulan yang bisa diambil. Dari sini juga, kamu dapat mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya diberikan oleh dosen penguji.

Baca Juga | Penelitian Eksperimen Untuk Skripsi, Tesis, Dan Disertasi

2. Latihan Presentasi

Latihan Presentasi dengan Teman (Freepik)

Pada saat sidang skripsi, setiap mahasiswa diberikan durasi waktu untuk melakukan presentasi. Waktu yang diberikan tidak banyak, hanya berkisar 10 hingga 15 menit saja. Dengan waktu yang singkat tersebut, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Oleh karena itu, materi presentasi harus dikemas dengan singkat tetapi jelas serta mencakup seluruh inti dari materi skripsi.

Untuk itu, perlu adanya persiapan presentasi yang matang sebelum melakukan sidang. Pada umumnya, kampus memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan pra-sidang. Kegiatan ini dapat dikatakan sebagai simulasi sidang, yang dapat dimanfaatkan untuk latihan presentasi dosen pembimbing skripsi.

Saat pra-sidang, kamu bisa mencatat pertanyaan yang diberikan sebagai gambaran saat sidang asli nanti, sekaligus meminta masukan dari dosen pembimbing.

Selain pra-sidang, kamu juga bisa berlatih presentasi sendiri atau dengan teman-teman. Hal ini dilakukan untuk melatih rasa percaya diri dan melatih intonasi beserta pilihan kata yang cocok. 

3. Menonton Sidang Terbuka

Sebelum melaksanakan sidang, biasanya mahasiswa akan diberikan pilihan untuk memilih jenis sidang yang diinginkan, yaitu sidang terbuka atau sidang tertutup. Sidang terbuka merupakan sidang yang dilaksanakan secara terbuka. Artinya, terdapat audiens yang menghadiri pelaksanaan sidang. Hal ini menjadi salah satu kesempatan emas bagi kamu yang hendak melaksanakan sidang skripsi. Melalui sidang terbuka, kamu dapat menyimak jalannya sidang, mulai dari presentasi hingga proses tanya jawab dan menjadi gambaran saat kamu menjadi peserta sidang nanti.

Baca Juga | 6 Tips Bimbingan Skripsi Bantu Kamu Siap Menghadapi Dosen Pembimbing!

4. Istirahat dan Jaga Kesehatan

Istirahat dan Jaga Kesehatan (Freepik)

Rasa takut dan cemas semakin bertambah saat mendekati hari sidang skripsi. Hal ini menyebabkan kamu terus-menerus mempelajari skripsimu. Memang wajar dilakukan sebagai bentuk persiapan menjelang hari sidang. Namun, perlu diingat kesehatan juga menjadi faktor pendukung performa yang baik saat hari sidang skripsi tiba.

‘Sistem Kebut Semalam’ (SKS) sering menjadi kebiasaan mahasiswa. Padahal itu lah yang harus dihindari karena membuat kamu overwhelmed dan merasa cepat lelah bahkan bisa mengurangi tingkat konsentrasi. Oleh karena itu, jaga kesehatan dan istirahat yang cukup, sangat diperlukan di sela kesibukanmu menghadapi sidang skripsi.

5. Taati Aturan Waktu dan Berpakaian

Menaati peraturan menjadi salah satu penilaian sidang skripsi. Peraturan yang harus benar-benar diperhatikan, yaitu mengenai waktu dan berpakaian. Kamu harus datang tepat waktu dan memperhatikan durasi waktu yang diberikan moderator saat presentasi. 

Pakaian atau penampilan juga memberi pengaruh besar bagi pelaksanaan sidang. Pada umumnya, peserta sidang diharuskan memakai pakaian formal berwarna hitam dan putih. Mengenai pakaian juga tergantung kebijakan kampus masing-masing. Jadi, taatilah aturan waktu dan berpakaian selama pelaksanaan sidang skripsi.

Itulah tips yang harus kamu persiapkan sebelum menghadapi sidang skripsi. Berhenti merasa cemas, gugup, dan takut karena itu adalah hal yang wajar. Tetap optimis, percaya pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya. Tetap semangat!

Untuk mengasah kemampuan public speaking sebagai persiapan sebelum menghadapi sidang skripsi anti gugup dan anti gagal kamu bisa mengikuti kursusnya di sini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *