Tanggal:25 May 2024
Manfaat Belajar Bahasa Mandarin

5 Manfaat Belajar Bahasa Mandarin, Pelajar Wajib Tahu!

Di zaman sekarang kebanyakan orang berpikir bahwa belajar bahasa adalah sesuatu yang membosankan dan tidak berguna. Beberapa bahkan berpikir bahwa belajar bahasa itu tidak penting. Padahal belajar bahasa asing banyak manfaatnya, loh! 

Sudah saatnya kamu memperluas wawasan dan membuka lebar pandangan bahwa belajar bahasa asing adalah sesuatu yang penting. Salah satunya adalah mempelajari bahasa Mandarin. Tau gak, sih? Sekarang bahasa Mandarin sudah menjadi bahasa kedua yang penting untuk dipelajari di dunia!

Bahasa Mandarin tidak hanya digunakan sebagai bahasa resmi di Cina, Makau, Hong Kong dan Taiwan, tetapi juga digunakan oleh Shanghai Cooperation Organization (SCO) dan merupakan salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Wow keren banget, gak heran kalau bahasa Mandarin sangat diminati di era globalisasi. Nah, buat kamu yang masih bertanya-tanya kenapa, sih, harus belajar bahasa Mandarin? Emang apa manfaatnya? Tenang, Vocasia telah merangkum 5 manfaat menguasai bahasa Mandarin. Yuk, disimak, ya!

1. Jumlah Penutur Terbesar dan Pertumbuhan Bahasa Tercepat di Dunia

Ilustrasi Negeri China (Sumber: pexels.com)

Jika kamu berencana untuk pergi ke China atau berinteraksi dengan orang-orang yang berbicara bahasa Mandarin, kamu dapat mempelajari bahasa ini. Bahasa Mandarin digunakan tidak hanya di Cina, tetapi juga di Taiwan dan Singapura.

Selain itu, beberapa komunitas Tionghoa perantauan hidup berkelompok di beberapa negara besar, salah satunya di Amerika Serikat. Di Inggris, 19,8% siswa internasional berasal dari Tiongkok.

Sejauh ini, fakta menunjukkan bahwa bahasa Mandarin dituturkan di hampir setiap belahan dunia, loh. Jadi, bukan hal yang buruk untuk belajar bahasa Mandarin mulai sekarang, kan? Dalam beberapa tahun, mungkin saja kamu akan memiliki orang-orang di sekitar kamu yang berbicara bahasa Mandarin.

2. Menjadi Bahasa dalam Dunia Bisnis dan Wisata

Kamu tau gak, sih? Ternyata banyak, loh, pengusaha yang tidak hanya memproduksi produknya di China saja. Namun, juga dapat sampai ke luar China. Menariknya, banyak orang dari luar China juga datang dan tertarik untuk menjalin kerja sama bisnis. 

Biasanya mereka datang ke China untuk mencari peluang bisnis yang cukup menguntungkan, terutama di sektor ekspor-impor. Tentunya hal ini akan menjadi kesempatan besar buat kamu yang bisa berbahasa Mandarin.  

Selain dunia bisnis, orang Tionghoa juga suka bepergian ke luar negeri, seperti Australia, Amerika, Jepang, dan Thailand. Jika kamu ingin bekerja di industri pariwisata dan bisa berbahasa Mandarin, kamu akan mendapatkan lebih banyak peluang dan keuntungan.

3. Merangsang Perkembangan Otak dan Mental

Ilustrasi Merangsang Perkembangan Otak (Sumber: Pexels.com)

Sulitnya mengingat karakter Han Zi terbukti membantu merangsang perkembangan otak dan intelektual kamu, loh. Kamu akan menjadi lebih pintar dan terbiasa dengan hal-hal yang sulit. Ketika kamu melakukan pekerjaan yang sulit atau berada di bawah tekanan, kamu tidak akan merasa terbebani, justru akan tertantang dan berusaha untuk menyelesaikannya sebaik mungkin. 

Tidak hanya itu, ketangguhan mental kamu yang kuat membuat kamu menjadi pribadi yang pemberani. Tidak takut mengambil keputusan yang berisiko. Kamu juga akan percaya diri dan pandai mengendalikan emosi. Karakter seperti inilah yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja dan mampu bertahan dalam persaingan.

4. Peluang Mendapatkan Beasiswa

Nah, buat kamu yang belum tau, China maupun Taiwan membuka berbagai beasiswa untuk negara lain, termasuk Indonesia untuk belajar di China atau Taiwan. Dengan kemampuan bahasa Mandarin yang baik, kamu dapat mencoba Chinese Government Scholarships (CGS) untuk mahasiswa sarjana dan pascasarjana. 

Beasiswa yang tersedia antara lain Bilateral Programs, Great Wall Programs, China University Programs, ASEAN University Network, dan World Meteorological Organization (WMO) yang menawarkan beasiswa penuh. Selain biaya kuliah gratis, jaminan biaya asrama, asuransi kesehatan, dan uang saku bulanan dibayarkan sesuai latar belakang akademik.

Belajar di China atau Taiwan memang pilihan yang sangat menguntungkan, terutama dengan beasiswa penuh. Jurusan kuliah yang disediakan pun sangat banyak. Salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa adalah kemampuan berbahasa Mandarin. Wah keren, para pejuang pencari beasiswa mana, nih, suaranya?

5. Peluang Karier yang Menjanjikan

Ilustrasi Karier Menjanjikan (Sumber: Pexels.com)

China dikenal sebagai salah satu negara dengan pengaruh terbesar terhadap perekonomian dunia. Hal ini menyebabkan banyak negara, termasuk Indonesia, berlomba-lomba untuk mendapatkan kerja sama yang menguntungkan dengan negara tirai bambu.

Bahkan, jumlah perusahaan asal China di negara itu sudah mencapai ribuan. Pengetahuan bahasa Mandarin yang baik akan membuat kamu lebih kompetitif di dunia kerja. Oleh karena itu, kemungkinan mencapai karier bergaji tinggi terbuka lebar. 

Selain itu, saat ini banyak perusahaan mengharuskan karyawannya menggunakan bahasa Mandarin di tempat kerja. Jika kamu dapat berbicara bahasa Mandarin, kamu akan lebih mungkin untuk mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Itu dia beberapa manfaat mempelajari bahasa Mandarin. Ternyata banyak banget keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menguasai bahasa Mandarin. Bagaimana? Tertarik untuk belajar bahasa Mandarin? 

Jika kamu tertarik, coba mulailah dengan mempelajari dasarnya terlebih dahulu. Di Vocasia, kamu bisa mendapat kursus untuk memulai belajar bahasa Mandarin dari dasar tanpa memiliki basic bahasa Mandarin sekalipun, loh! Klik tautan berikut untuk mendaftar dan mempelajari bahasa asing lainnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *