Tanggal:22 June 2024

Cara Memulai Usaha Toko Aksesoris dan Sparepart Motor

Mobilitasi yang tinggi menyebabkan kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor meningkat. Di Indonesia sendiri, mayoritas kendaraan yang digunakan adalah sepeda motor.

Peningkatan ini membuka peluang usaha baru bagi masyarakat.Banyak pengusaha beralih untuk memilih usaha bengkel motor sebagai usaha yang dianggap sangat prospektif. Sebab, saat ini permintaan sparepart dan aksesoris sepeda motor meningkat di kalangan anak muda.

Permintaan tersebut selaras dengan minat masyarakat terhadap klub motor. Banyaknya pemotor yang tergabung dalam klub tersebut ingn mempercantik tunggangannya dengan aksesoris yang menarik dan unik.

Lantas, bagaimana cara yang tepat memulai usaha toko aksesoris dan sparepart motor bagi pemula? simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Peluang Dan Cara Memulai Usaha Konveksi

1. Siapkan Modal

Uang modal usaha. (Sumber: Okbank)

Tips usaha toko aksesoris dan sparepart motor yang pertama adalah menyiapkan modal. Modal yang perlu disiapkan melingkupi biaya sewa toko, sarana dan prasarana, aksesoris, sparepart motor, dan peralatan bengkel. 

Sekitar 20% dari total modal awal dialokasikan sebagai sewa tempat. Namun, jika kamu memutuskan untuk membangun toko di rumah, maka uang bisa dialihkan sebagai dana renovasi.

Lalu, 10% modal dapat dialokasikan untuk membeli sarana dan prasarana penunjang toko. Sarana dan prasarana yang ada di toko, seperti kunci-kunci dan peralatan bongkar motor atau bahkan drum oli.

Modal usaha juga digunakan untuk menyuplai barang-barang yang akan dijual. Karena fokus usaha adalah pada jual beli aksesoris dan sparepart motor, maka kedua barang tersebut perlu dipersiapkan ketika hendak memulai usaha. Alokasikan dana sekitar 70% dari modal usaha. Kamu bisa memulai dari sparepart apa yang paling laku, misalnya sparepart fast moving seperti oli, ban, kanvas rem dll.

Sisa dari modal awal, bisa kamu gunakan untuk menyiapkan peralatan bengkel tambahan. Tidak hanya itu, sisa dana juga perlu disisihkan sebagai biaya operasional selama sebulan kedepan. Sisa modal yang sebelumnya kalian sisihkan bisa dialokasikan untuk berjaga-jaga dan sebagai penyokong bengkel selama sebulan.

2. Tentukan Lokasi Toko yang Strategis

Pilih lokasi toko di jalan yang ramai. (Sumber: Pixabay)

Hal kedua yang perlu dipersiapkan sebelum membuka toko aksesoris dan sparepart motor adalah menentukan lokasi toko yang strategis. Penentuan lokasi toko yang strategis akan memengaruhi keberhasilan usaha bengkel atau toko.

Dalam menentukan lokasi, diperlukan analisa dan langkah pengambilan keputusan yang tepat. Lokasi yang cocok untuk usaha bengkel atau toko aksesoris dan sparepart motor, yaitu:

  1. Lokasi usaha bengkel mudah dijangkau, khususnya di jalan raya dnegan lalu lalang kendaraan yang tinggi.
  2. Pilih lokasi di persimpangan jalan raya, baik itu simpang empat atau simpang tiga. Karena kawasan persimpangan tersebut menjadi pusat mobilitasi masyarakat. Semakin besar kemungkinan toko kamu mendapat perhatian oleh pengendara yang lewat.
  3. Pastikan bahwa lokasi bengkel kamu berada di daerah dengan jalan raya yang terdapat dua arah dan tanpa separator atau batas jalan di tengahnya. Hal ini membuat akses ke toko jadi lebih mudah dan simpel.
  4. Dekat dengan pusat keramaian seperti pasar, kantor, sekolah, kampus, dan sebagainya. Lokasi di tempat keramaian akan mengundang pembeli untuk datang ke tempatmu.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Bengkel Las Bagi Pemula

3. Mempersiapkan Sarana dan Prasarana yang Dibutuhkan

Setelah mendapatkan lokasi toko yang strategis, maka selanjutnya kamu perlu mempersiapkan sarana dan prasarana yang akan dibutuhkan nantinya. Sarana dan prasarana yang menunjang keperluan toko adalah rak barang, etalase, kursi, meja, papan nama, komputer, dan aplikasi toko.

Barang-barang tersebut perlu disiapkan agar pembukuan usaha kamu tertata dengan rapi. Di samping itu, sarana dan prasarana yang memadai dapat menambah daya tarik toko kamu.

4. Mempersiapkan atau Membeli Produk Barang Dagangan

Bbarang yang perlu dipersiapkan untuk membuka toko aksesoris dan sparepart motor. (Sumber: Pixabay)

Yang terpenting sebelum memulai usaha toko apa pun, yang perlu disiapkan tentu saja barang dagangannya. Dalam hal ini, ketika kamu ingin membuka toko aksesoris dan sparepart motor, tentu kamu harus menyiapkan aksesoris dan sparepart motornya. Tips usaha toko aksesoris dan sparepart motor ini perlu kamu perhatikan dengan baik.

Ketika membeli produk, yang harus dipertimbangkan dengan matang adalah pemilihan distributor sparepart. Ini dilakukan untuk menekan anggaran dan mengeluarkan budget yang lebih murah. Kamu juga harus memilih distributor dengan reputasi baik untuk mempertimbangkan faktor harga jual, kelengkapan produk keaslian produk, jaminan garansi dan layanan jual yang ditawarkan oleh supplier tersebut.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan baik-baik dalam mempersiapkan produk jualan anda adalah soal kelengkapan produk, suku cadang fast moving menjadi kategori utama yang harus diprioritaskan. Namun, jangan sampai lupa sediakan jenis-jenis produk intermediate atau middle moving.

Kelengkapan jenis onderdil ini harus disiasati pada kuantitas atau jumlah barangnya, jenis Fast moving jumlahnya lebih banyak, sementara jenis intermediate atau middle moving jumlahnya dibuat lebih sedikit.

Produk toko sparepart dan aksesoris atau pun bengkel motor harus memenuhi 5 jenis produk, di antaranya:

  1. Sparepart aftermarket
  2. Suku cadang genuine part
  3. Variasi dan Aksesoris
  4. Oli
  5. Ban luar dan ban dalam

Baca juga: Cara Memulai Usaha Fotocopy Untuk Pemula, Beserta Perkiraan Modalnya!

5. Membeli Peralatan Bengkel dan Jasa

Peralatan bengkel di luar barang toko, yang dimaksudkan untuk jasa lainnya seperti cuci motor, dan press velg harus mempunyai kualitas yang baik serta tahan lama. Carilah peralatan dengan harga ekonomis, tetapi memiliki kualitas yang baik. Sebab, alat-alat tersebut akan memudahkan pengerjaan jasa yang dilakukan di bengkel.

6. Persiapkan Tenaga Kerja

Ketika toko sudah kamu persiapkan dengan baik, kamu butuh mencari karyawan tambahan. Jenis karyawan akan berbeda antara toko aksesoris dan sparepart dengan toko yang disertai bengkelnya.

Tenaga kerja di sebuah toko aksesoris dan sparepart motor akan berbeda bila ditambah dengan bengkel motor, karena perlu adanya tenaga mekanik, kebutuhan tenaga kerja di bengkel motor.

Sedangkan dalam menjalankan toko, yang dibutuhkan hanya karyawan toko, helper dan administrasi. Untuk mencari tenaga kerja, kamu bisa membuka lowongan kerja melalui internet, iklan, koran untuk mendapatkan karyawan atau tenaga kerja di posisi yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Cara Membuka Usaha Makanan Sehat Yang Banyak Peminatnya

Itu dia tips menjalankan usaha toko aksesoris dan sparepart motor. Setelah semua cara di atas telah dipersiapkan dengan matang, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuka toko. Jangan lupa memasarkan toko kamu kepada masyarakat, bisa melalui media sosial maupun melalui brosur-brosur. Hal ini dilakukan agar jangkauan pembeli kamu meluas dan toko semakin dikenal.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *