Tanggal:21 June 2024

Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Customer Service

Customer service adalah divisi yang berperan penting dalam memberikan informasi terkait produk perusahaan kepada konsumen atau pelanggan. Setiap perusahaan dari segala jenis industri pastinya penting sekali untuk memiliki layanan ini. Pasalnya, pelanggan adalah hal yang sangat vital bagi kelangsungan sebuah usaha. Customer service menjadi garda terdepan dalam melayani mereka. Tanpa pelanggan, perusahaan bukanlah apa-apa. Maka dari itu, kualitas performa CS sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Apakah kamu tertarik untuk menjajal profesi ini? Kalau kamu tertarik, sebaiknya intip dulu tugas dan skill apa yang harus dikuasai sebagai CS. Yuk, simak pembahasan selengkapnya!

Source: Pexels

Tugas Customer Service

Tugas CS pada dasarnya adalah menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dengan pelanggan. Seperti halnya memberikan kepuasan pelanggan yang ingin mendapatkan informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Citra perusahaan juga bergantung dengan kualitas CS. Maka dari itu, wajib bagi CS untuk menjaga reputasi perusahaan tempatnya bekerja. Nah, sebelum menyelami profesi ini, berikut beberapa tugas CS yang wajib kamu ketahui:

1. Sebagai public relation atau humas

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa peran utama CS adalah sebagai media untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan pelanggan atau pihak-pihak eksternal.

Kualitas CS dalam memberikan layanan juga sangat berpengaruh terhadap kelanggengan hubungan antara pihak perusahaan dan pelanggan. Jadi, penting sekali untuk melayani pelanggan dengan baik agar citra perusahaan pun baik di mata pihak eksternal.

Baca juga: Peran Praktisi Public Relation dalam Perusahaan

2. Sebagai media penjualan

Di beberapa perusahaan, seorang CS juga bertugas untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Momen ini bisa dimanfaatkan ketika CS telah berhasil menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan.

3. Penjaga kepercayaan konsumen

Dalam interaksi yang dibangun dengan konsumen, seorang CS wajib memberikan kesan yang baik agar konsumen senantiasa percaya dengan produk yang ditawarkan. Kepercayaan konsumen terhadap citra produk sangat esensial demi kesuksesan sebuah perusahaan.

4. Pengurus administrasi

Selain menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan, seorang CS juga bertugas untuk memasukkan data informasi setelah melakukan pelayanan dengan pelanggan. Mulai dari membuat data pesanan pelanggan hingga memasukkan data keluhan pelanggan agar lebih mudah untuk ditangani.

Baca Juga: Perbedaan Hard Skill dan Soft Skill

Skill yang harus dimiliki customer service

Untuk menjadi customer service yang andal tidaklah mudah, dibutuhkan kemampuan dan ketekunan yang kuat agar bisa dikatakan sukses dalam menjalani tugasnya dengan baik. Lalu, apa saja sih skill yang harus dimiliki? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Komunikasi

Source: Pexels

Di segala jenis profesi pasti membutuhkan skill komunikasi yang mumpuni. Apalagi sebagai CS, yang tugasnya sebagai penyalur komunikasi utama terhadap pelanggan. CS akan merespon pelanggan yang menanyakan dan mengeluhkan terkait produk yang ditawarkan. Untuk itu, komunikasi menjadi skill nomor satu yang wajib dikuasai.

Kalau mempunyai kemampuan komunikasi yang buruk biasanya akan terjadi miskomunikasi. Pelanggan pun akan merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan, kemudian memilih kabur dan memilih produk di perusahaan lain.

2. Product knowledge

Source: Pexels

Untuk merespon pelanggan dengan baik, seorang CS tentu wajib mengetahui seluk-beluk mengenai produk yang ditawarkan perusahaan. Kalau tidak mendalami produk itu sendiri, CS akan kesulitan saat membantu pelanggan yang mengalami masalah. Maka dari itu, customer service wajib memiliki product knowledge yang luas.

3. Empati

Source: Pexels

Skill selanjutnya adalah empati. Empati memang bukan hardskill yang bisa dipelajari di bangku pendidikan formal, tapi bisa kamu latih dan pelajari melalui interaksi dengan banyak orang. Hal ini menjadikan empati masuk dalam kategori softskill.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Soft Skill

Dengan menjadi CS, tentu kamu akan menghadapi berbagai jenis pelanggan dan keluhan yang berbeda. Itulah mengapa kamu wajib mengaplikasikan skill ini agar dapat membantumu mengetahui apa yang dirasakan customer. Saat kamu bisa merasakan kesulitan customer, kamu akan lebih mudah mencari solusi yang tepat atas keluhannya.

4. Persuasi

Source: Pexels

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa CS juga berperan untuk menjual produk. Nah, saat kamu berhadapan dengan situasi ini, kamu perlu memerlukan kemampuan persuasi yang baik untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang ditawarkan kamu layak dibeli.

5. Patience

Source: Pexels

Seorang CS juga harus menjadi pribadi yang sabar saat menghadapi pelanggan dengan karakter yang berbeda-beda. Jangan sampai kamu terbawa emosi atau kesal saat menerima perlakuan yang tidak mengenakan hati, ya. Karena sejatinya peran pelanggan menjadi hal yang fundamental bagi setiap perusahaan.

Jadi, bekali dirimu dengan mental baja dan tahan banting saat diterpa segudang keluhan customer, ya.

Nah, itulah tugas dan skill yang harus kamu pahami dan kuasai untuk menjadi customer service. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk menjajal profesi ini setelah memahami deskripsi tugas dan skill-nya? Sukses terus buat kamu, ya!

Baca juga: Perbedaan Teller dan Customer Service, Apa Aja Ya?

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *