Tanggal:17 May 2024

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Beauty Advisor

Kamu pecinta produk kecantikan? Pasti sudah sering mendengar profesi beauty advisor. Beauty advisor adalah sebuah profesi yang menuntut pemahaman pengetahuan akan suatu merek produk tertentu. Sebagai seorang beauty advisor kamu dituntut solutif dalam menyelesaikan permasalahan kulit konsumen. Menawarkan produk beserta informasi detail pun wajib kamu lakukan.

Beauty advisor juga diharuskan memiliki penampilan menarik dan kharismatik. Hal ini akan mengundang ketertarikan konsumen untuk melakukan pembelian produk. Konsumen juga akan merasa nyaman saat kamu memiliki penampilan anggun dalam memberikan informasi produk.

Produk make up atau kecantikan tentu berkaitan dengan berbagai bahan kimia. Dibutuhkan beauty advisor untuk menjembatani informasi antara konsumen dengan brand produk. Hal ini akan mendorong konsumen menemukan jenis produk yang cocok sesuai kondisi kulitnya.

Sebagai seorang beauty advisor, kamu dituntut memiliki pemahaman penuh seputar produk yang ditawarkan. Jangan sampai salah memberikan rekomendasi produk kepada konsumen, ya. Pahami seluk-beluk produk terlebih dahulu secara matang. Yuk, kenali lebih dekat tugas dan tanggung jawab beauty advisor. 

Tugas Beauty Advisor :

1. Menjelaskan jenis produk atau layanan kecantikan

Ilustrasi Penjelasan Layanan (sumber: pexels)

Kamu harus piawai dalam memberikan edukasi kepada setiap konsumen. Segala hal yang menjadi pertanyaan konsumen wajib kamu jawab. Kamu harus bisa memberikan pengetahuan produk secara detail. Seperti halnya memberikan penjelasan tentang manfaat, cara penggunaan, dan juga kandungan produk. Memastikan konsumen memahami produk dengan baik juga diperlukan, loh. Tentunya agar konsumen tidak salah dalam menggunakan produk yang dibeli. Kamu bisa memberikan tips ataupun solusi sesuai permasalahan kulit yang dialami konsumen.

2. Memberikan rekomendasi produk 

Ilustrasi Pemberian Rekomendasi Produk (sumber: pexels)

Kamu juga perlu membangun komunikasi yang efektif terhadap setiap konsumen. Menanyakan terkait jenis kulit serta kondisi kulit juga diperlukan. Kamu wajib mengetahui jenis kulit konsumen sebelum memberikan rekomendasi produk. Mengajukan pertanyaan tentang keinginan dan kebutuhan produk juga sangat penting. Jenis kulit sensitif, berminyak, ataupun kering tentu saja memiliki rekomendasi produk masing-masing. Kamu bisa memberikan produk tersebut sesuai keinginan dan jenis kulit konsumen, ya. Hal ini sangat penting agar produk yang gunakan konsumen bisa dipastikan aman dan cocok.

3. Melakukan promosi produk

Ilustrasi Promo (sumber: pexels)

Beauty advisor juga bertugas melakukan promosi kepada para konsumen. Tak hanya sekedar memberikan pengetahuan produk saja. Kamu juga harus menggiring minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Saat konsumen sudah menemukan produk yang cocok, kamu wajib melakukan komunikasi persuasif, ya. Ini menjadi momentum kamu untuk menarik minat beli konsumen. Paparkan beragam informasi yang dapat mendukung keunggulan produk. Kemudian sajikan testimoni yang bisa memberikan rasa percaya di hati konsumen. Kamu harus pandai mendekati minat konsumen agar promosi yang dilakukan berhasil.

Tanggung Jawab Beauty Advisor 

1. Menyampaikan detail informasi produk

Ilustrasi Penyampaian Pesan (sumber: pexels)

Kamu wajib terbuka kepada setiap konsumen. Keterbukaan informasi mengenai produk dapat menggiring minat konsumen lebih tinggi. Kamu bisa memberikan gambaran informasi terkait cara penggunaan, keunggulan produk, kandungan produk, hingga varian terkait produk yang ditawarkan. Berbagai hal tersebut sangat menunjang performa produk lebih maksimal di mata konsumen. Para konsumen akan lebih mudah percaya dan tertarik saat detail informasi terpenuhi dengan baik. Jangan sungkan menjawab berbagai hal yang ditanyakan konsumen, ya. Paparkan dan jelaskan dengan baik seluk-beluk produk yang kamu tawarkan. Pastikan konsumen mengerti dan memahaminya secara maksimal.

2. Berusaha mencapai target penjualan

Ilustrasi Target Penjualan (sumber: pexels)

Sebagai seorang beauty advisor, kamu juga dituntut memenuhi target penjualan. Pada dasarnya memang beauty advisor bekerja menggiring ketertarikan konsumen akan produk. Dan hasilnya pun harus mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan oleh brand. Kamu wajib berusaha secara maksimal merayu konsumen dengan informasi menarik. Pastikan kebutuhan informasi produk terpenuhi dengan baik. Lalu kamu bisa mendekatinya secara persuasif. Dan yang tak kalah penting yakni giring ketertarikan konsumen lebih jauh seputar produk. Rasa ketertarikan konsumen yang tinggi mampu menciptakan minat beli secara maksimal.

Search Lebih Banyak : Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor?

Nah, itulah tugas dan tanggung jawab beauty advisor yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa mempelajari pengetahuan terkait produk terlebih dahulu. Pastikan kebutuhan informasi akan produk sudah kamu pahami dengan baik. Selanjutnya kamu bisa menerapkan komunikasi persuasif kepada konsumen. Mengingat beauty advisor juga dituntut melakukan penjualan secara maksimal. Target penjualan terpenuhi, informasi produk juga tercukupi. Konsumen dijamin akan puas dan tertarik membeli produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *