Tanggal:08 May 2024
bad gateway artinya

Arti Error 502 Bad Gateway dan Cara Mengatasinya

Teknologi digital semakin canggih tiap harinya. Hal tersebut memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan manusia. Positifnya, segala kebutuhan dapat diakses dengan instan menggunakan internet. Namun, karena kemudahan tersebut juga manusia menjadi terlalu bergantung. 

Saat mengakses laman, pernahkan kamu menemukan tulisan Error 502 Bad Gateway? Apa arti dari tulisan tersebut? Artinya salah satu kode HTTP yang menandakan tidak validnya respon pada proxy atau gateway. Perlu kamu ketahui, kode status tidak akan muncul saat tidak ada kendala dalam server. Jika muncul, itu tandanya ada hal yang harus diperbaiki.

Kesalahan yang demikian ditandai dengan beralihnya laman ke situs lain saat kamu sedang mengaksesnya. Kejadian ini kerap kali membuatmu melalukan refresh berkali-kali terhadap situs.

Pada artikel ini, akan dibahas arti sebenarnya dari kode HTTP ini. Tak hanya itu, kamu juga akan memperoleh cara-cara mengatasinya. Baca hingga akhir, ya!

Baca juga : 6 Tools Website Traffic Monitoring Terbaik di 2022

Mengenal Bad Gateway

Pengetahuan dasar yang wajib kamu tahu adalah setiap kode situs yang berawalan huruf 5 menandakan terjadinya error. Error atau kesalahan yang terjadi utamanya diakibatkan oleh kesalahan komunikasi antar server. 

Bad Gateway artinya server yang bertindak sebagai proxy tidak mendapatkan respons valid dari server awal. Sehingga, situs akan mengalami kesalahan dan sulit mengakses web yang sebenarnya. Biasanya ia sering dijumpai pada platform WordPress, Shopify, hingga Drupal.

Kesalahan yang ditimbulkan akibat error ini memiliki dampak cukup serius pada halamanmu. Dampak yang ditimbulkan biasanya berupa penurunan peringkat website. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat terjadi karena berkurangnya jumlah pengunjung yang seharusnya melihat konten.

Tampilan yang Sering Ditemukan

Tampilan dan bentuk kesalahan dari gateway memiliki banyak jenis. Berbagai notifikasi yang akan kamu jumpai atas kesalahan ini, di antaranya seperti berikut :

  • Error 502
  • HTTP 502
  • 502. That’s an error
  • 502 Bad Gateway
  • 502 Service Temporarily Overloaded
  • HTTP Error 502 – Bad Gateway
  • Temporary Error (502)

Penyebab Bad Gateway

Penyebab munculnya kesalahan ini diakibatkan oleh berbagai hal. Berikut ini merupakan penyebab error yang harus kamu hindari.

  1. Terdapat masalah dalam DNS
  2. CDN yang digunakan juga bermasalah
  3. Belum melakukan pembaruan plugins
  4. Log Error
  5. Tidak membersihkan Cache yang ada dalam browser

Baca juga : Apa itu User Interface? Yuk Simak Pengertian dan Contohnya!

Cara Mengatasi Error Bad Gateway

Jika terlanjur terjebak dalam kondisi tersebut, apa yang harus dilakukan? Kamu harus menerapkan beberapa cara efektif yang ada di bawah ini.

  • Muat ulang halaman

refresh

Ilustrasi Muat Ulang (Source: pixabay)

Saat menemukan notifikasinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah memuat ulang halaman. Kamu bisa melakukan refresh dengan menekan tombol muat ulang yang berada di pojok kiri atas browser. Opsi lain yang dapat ditempuh adalah dengan menekan tombol F5 yang ada pada keyboard. Ulangi cara tersebut hingga situs dapat dijangkau.

  • Bersihkan chace browser

remove cache

Ilustrasi Remove Cache (Source: pixabay)

Ukiran chace yang terlalu besar juga berpengaruh pada kinerja browser. Kamu bisa menghapus chace yang ada dengan menghapus riwayat pencarian beserta item tidak penting lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data tersebut bukan penyebab dari terjadinya error.

  • Gunakan browser lain

Terjadinya kasus ini dapat disebabkan oleh kesalahan internal berjalannya suatu browser. Kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan melakukan akses pada browser lain. Jika beralih pada browser lain tidak menemukan titik terang, berarti inti masalah tidak berada padanya.

  • Tunggu hingga DNS berjalan lancar

Salahnya nama domain pada alamat IP yang dituliskan juga bisa menjadi penyebab kesalahan ini. Jika error disebabkan oleh kesalahan yang demikian, kamu hanya perlu menunggunya. Waktu tunggu ideal kurang lebih berkisar 24 jam. Jika terlalu lama, menghapus atau melakukan flush pada DNS bisa menjadi alternatif lain.

  • Beralih ke perangkat lain

Sudah menerapkan berbagai cara di atas, tapi masih belum teratasi? Bisa jadi kesalahan berasal dari faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud adalah gawai yang digunakan untuk mengakses. Beralihlah ke gawai lain dan pastikan bahwa internet sudah terkoneksi dengan baik.

  • Periksa layanan hosting

Website yang terlalu banyak melakukan query dapat menimbulkan adanya kesalahan pada hosting. Dampaknya, pengguna akan merasakan error yang berkepanjangan. Biasanya yang paling merasakan dampak ini adalah pengguna shared hosting. Lalu, apa yang harus dilakukan? Jawabannya, kamu hanya perlu memindahkan web hosting ke layanan VPS.

  • Periksa riwayat plugin

Error 502 dapat diatasi dengan memeriksa seluruh plugin yang diinstal dalam website. Saat keadaan itu terjadi, hal yang harus kamu lakukan adalah menonaktifkannya. Nonaktifkan seluruh plugin terlebih dahulu melalui menu Deactivate. Setelah itu, coba akses ulang web tersebut. Jika sudah tidak terjadi kesalahan, kamu bisa mengaktifkan plugin seperti sedia kala.

  • Nonaktifkan CDN

Website-mu menggunakan CDN? Bisa jadi kemunculan kesalahan ini diakibatkan oleh ketidakseimbangan di dalamnya. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan menonaktifkannya sejenak. Caranya adalah mengubah nama server CDN menjadi nama server hosting. 

Itulah beberapa cara mengatasi error ini. Terapkan cara-cara di atas saat kamu dalam keadaan tersebut. Selamat mencoba dan katakan selamat tinggal padanya!

Baca juga : Kenali Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *