Tanggal:14 June 2024

Ingin Jadi Desainer Grafis? Inilah Deretan Tugas Desainer Grafis yang Harus Kamu Tahu!

Di era serba digital seperti saat ini, banyak start-up dan perusahaan berlomba-lomba menampilkan karya visual sebagai salah satu strategi marketing untuk menarik perhatian konsumen. Sehingga diperlukan jasa seorang desainer grafis untuk mengerjakan hal tersebut, termasuk untuk memenuhi kebutuhan konten.

Jadi, tidak mengherankan saat ini desainer grafis menjadi salah satu prospek kerja yang menjanjikan. Untuk kamu yang tertarik berkarir menjadi Desainer Grafis, yuk ketahui seperti apa sih pekerjaannya dan kemampuan apa yang harus dimiliki. 

Apa Itu Desainer Grafis?

Desainer grafis atau graphic designer adalah suatu profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion untuk keperluan penerbitan media cetak dan elektronik. 

Seorang desainer grafis harus dapat menjadi seorang komunikator visual yang menciptakan konsep visual secara manual atau dengan menggunakan software komputer. 

Desainer grafis juga dikenal sebagai seseorang yang memiliki spesialisasi untuk menginterpretasikan pesan atau mengomunikasikan ide-idenya melalui media seni visual seperti gambar, tulisan, dan juga grafik.

Tugas Desainer Grafis

Secara umum, seorang desain grafis mempunyai tugas untuk dapat mengubah komunikasi dalam bentuk verbal menjadi bentuk visual agar konsumen atau masyarakat dapat memahami pesan yang ingin disampaikan. Adapun tugas dan tanggung jawab bidang desain grafis selengkapnya sebagai berikut:

  • Menyiapkan seluruh material untuk diterapkan ke dalam bentuk visual.
  • Memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan
  • Membuat rencana dan konsep dari segala informasi dan material yang diberikan oleh klien
  • Mengilustrasikan konsep dengan membuat rancangan kasar dari ilustrasi dan salinan nya
  • Mengembangkan suatu prototype desain, sesuai dengan kemauan dan tujuan klien
  • Melaksanakan presentasi tentang ide dan konsep yang telah dibuat sebelumnya
  • Menyelesaikan proyek dan mengkoordinasikannya dengan pihak luar seperti agency, art service, percetakan, dan lain-lain
  • Bekerja dalam tim bersama Copywriter, Fotografer, Illustrator, Desainer, Spesialis Pemasaran dan desainer terkait untuk memperoleh tujuan dari sebuah proyek.
  • Bertemu dengan klien atau art director untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai proyek yang diberikan.
  • Melakukan brainstorming bersama klien serta memberikan masukan atas desain yang ingin dibuat sesuai dengan target market atau audiens yang ingin disasar.
  • Membuat ilustrasi atau gambar yang mengidentifikasikan pesan dari sebuah produk
  • Membuat bentuk-bentuk grafis seperti ilustrasi produk, logo, dan website
  • Memilih warna, gambar, font, dan juga layout
  • Mempresentasikan hasil ilustrasi yang sudah dibuat kepada klien atau art director
  • Melakukan revisi dari klien
  • Melakukan quality check terhadap ilustrasi sebelum dicetak atau dipublikasikan

Keahlian Desainer Grafis

Untuk menjadi seorang profesional di suatu bidang tentu dituntut memiliki beberapa keahlian khusus. Sama halnya dengan desainer grafis, ada beberapa keahlian yang dibutuhkan diantaranya:

1. Kreativitas

Kreativitas yang tinggi merupakan salah satu unsur penting dalam menjadi seorang desainer grafis. Karena kedepannya kamu akan mendapat banyak proyek dengan tema, gaya, serta ketentuan yang berbeda dari klien. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk terus mencari banyak inspirasi dari berbagai sumber. Sebab kreativitas merupakan keterampilan yang dapat diasah dengan cara melihat referensi lain. Hal tersebut berguna agar mata terbiasa melihat karya-karya yang menginspirasi.

2. Komunikasi

Keahlian yang harus dimiliki seorang desainer grafis selanjutnya adalah keterampilan komunikasi. Selain dapat mengkomunikasikan pesan lewat gambar, seorang desainer grafis juga harus terampil dalam komunikasi baik lisan maupun tulisan.

Sebab pekerjaaan seorang desainer akan selalu berhubungan dengan klien. Selain komunikasi, seorang desainer grafis juga harus dapat bisa mendengarkan instruksi klien, saran hingga kritik.

3. Menguasai aplikasi desain

Penguasaan software desain merupakan keterampilan yang wajib dikuasai oleh desainer grafis. Terdapat banyak sekali aplikasi desain yang tersedia. Namun salah satu aplikasi yang umum dikuasai dan digunakan banyak desainer adalah software Adobe, mulai dari Photoshop hingga Illustrator.

Dengan menguasai aplikasi-aplikasi desain, akan sangat membantu pekerjaan seorang desainer grafis dalam dan klien pun akan puas dengan hasilnya.

4. Presentasi

Seorang desainer grafis harus mempunyai keterampilan presentasi yang baik sebab tidak semua klien paham soal desain. Karena itu, seorang desainer harus dapat menjelaskan bagaimana proses hingga alasan mengapa akhirnya memilih menggunakan style tersebut dalam karya atau proyek yang dibuat.

5. Manajemen waktu

Tidak menutup kemungkinan bahwa seorang desainer grafis akan menangani lebih dari satu proyek, sehingga sangat dibutuhkan keterampilan mengelola waktu yang baik. Manajemen waktu merupakan hal penting untuk desainer grafis agar dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Dengan begitu, klien atau atasan akan menganggap kamu sebagai seorang yang profesional. Seorang desainer juga harus dapat mengatur prioritas. Selain itu, harus siap untuk bekerja secara cepat dan responsif.

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *