Tanggal:17 June 2024
Apa itu copywriter

Apa itu Copywriter? Profesi Bergengsi dan Kekinian bagi Generasi Milenial

Apa itu copywriter? Profesi yang satu ini sering disandingkan dengan profesi content writer. Namun, keduanya berbeda, lho. Copywriter bertugas untuk membuat konten yang sifatnya persuasif dengan tujuan meningkatkan penjualan suatu produk. Sedangkan content writer bertugas untuk membuat konten yang sifatnya informatif dan edukatif.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Baca juga: 

Saat ini, profesi copywriter sangat diincar oleh berbagai perusahaan, baik itu dari industri kreatif ataupun tidak. Copywriter memiliki peranan yang cukup penting dalam bidang marketing sebuah perusahaan. Itulah mengapa profesi ini menjadi idaman bagi kalangan milenial.

Baca juga:

Nah, kali ini kita akan membahas secara detail tentang profesi copywriter nih sobat Vocasia. Tentunya supaya kamu lebih paham apa itu copywriter. Selamat membaca hingga akhir!

Baca juga | Industri Kreatif di Indonesia : Pengertian, Jenis, Contoh, dan Kebijakan Pemerintah

Pengertian Copywriter

Apa itu copywriter

Ilustrasi copywriter (freepik)

Copywriter adalah sebuah profesi yang bertugas merangkai kata dan membuat konten untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Profesi ini sangat erat kaitannya dengan citra suatu perusahaan atau brand.

Baca juga: Promosi Penjualan: Pengertian, Tujuan, Dan Jenis

Definisi lainnya dari copywriter adalah suatu pekerjaan yang tugasnya menulis berbagai teks iklan atau materi publisitas. Namun, tak menutup kemungkinan, para copywriter juga menulis berita atau tulisan yang sifatnya informatif saja.

Baca juga: Yuk Cari Tahu Apa Itu Tipografi?

Sebenarnya copywriter tidak hanya membuat tulisan biasa. Ada banyak aspek lainnya yang harus dipertimbangkan oleh copywriter dalam pembuatan tulisan. Umumnya, seorang copywriter harus membuat orang lain mengambil tindakan, seperti membeli produk atau jasa ketika membaca tulisan tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Copywriter

Adapun beberapa tanggung jawab dari seorang copywriter, di antaranya seperti:

Baca juga: 4 Ide Bisnis Yang Kreatif Dan Unik, Jangan Sia-Siakan Kesempatan!

  • Menulis beragam konten yang mencerminkan suatu perusahaan atau brand di media sosial.
  • Menyusun kata-kata yang persuasif sehingga pembaca tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dipromosikan.
  • Membuat tagline yang unik dan kreatif yang menjadi ciri khas sebuah perusahaan atau brand.
  • Menggali beragam ide kreatif untuk diinterpretasikan menjadi sebuah konten yang menarik dan persuasif.
  • Berkolaborasi dengan berbagai pihak lainnya untuk menciptakan konten yang ciamik.

Skill yang Harus Dimiliki Copywriter

Ilustrasi copywriter (freepik)

Untuk menjadi seorang copywriter, kamu dituntut untuk menguasai beberapa skill nih. Berikut di antaranya:

  • Kemampuan menulis yang mumpuni. Tidak hanya sekadar merangkai kata saja, kamu juga harus paham betul tentang kosa kata, tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Dengan kata lain, seorang copywriter juga harus menguasai skill editorial.
  • Copywriter harus memiliki pemikiran yang kreatif. Sehingga, konten-konten yang dihasilkan dapat menarik perhatian audiens.
  • Cermat dalam melakukan pengamatan. Sebelum membuat konten, kamu harus observasi terlebih dahulu. Hal itu bukan tanpa alasan. Observasi perlu dilakukan agar konten yang dibuat bisa tepat sasaran.
  • Fleksibel dan bisa menjadi siapa pun. Seorang copywriter akan membuat beragam konten dengan target audiens yang berbeda-beda. Jika kamu mendapatkan target audiens dari kalangan anak muda, konten yang dibuat dan cara penyampaiannya pun harus sesuai dengan anak muda. Kamu dituntut dapat memposisikan diri dalam beragam situasi dan kondisi.
  • Memahami penggunaan berbagai media sosial. Konten yang dihasilkan oleh copywriter akan disalurkan ke berbagai media sosial. Penulisan konten juga berbeda-beda dan memiliki karakteristik tersendiri pada setiap media. Oleh karena itu, kamu harus memahami dan menguasai cara penggunaannya.
  • Seorang copywriter harus up to date. Kamu harus melek akan hal-hal yang sedang hangat diperbincangkan oleh banyak orang. Sehingga nanti akan tercipta konten yang fresh dan menarik tentunya.
  • Manajemen waktu yang baik. Profesi copywriter sering kali dihadapkan dengan deadline yang cukup singkat. Maka dari itu, kemampuan untuk manajemen waktu sangat dibutuhkan oleh seorang copywriter.
  • Memiliki kemampuan teamwork. Dalam membuat konten, copywriter harus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kemampuan kerja tim juga harus dimiliki jika ingin bekerja sebagai copywriter.

Baca juga | Yuk, Kenali Teamwork dan Pentingnya dalam Dunia Kerja!

Cara Menjadi Copywriter

Untuk menjadi copywriter tentunya kamu harus menguasai skill yang sudah disebutkan di atas terlebih dahulu. Langkah awal untuk menggeluti profesi copywriter, kamu dapat mencoba menjadi freelancer.

Dengan begitu, kamu bisa praktik langsung sekaligus mendapatkan cuan. Jam terbang yang tinggi akan membentukmu menjadi seorang copywriter yang andal. Maka dari itu, jangan pernah lelah untuk terus belajar dan mengasah skill menulis kamu, ya!

Baca juga: 

Prospek Kerja Copywriter

Copywriter tidak hanya bekerja di industri periklanan saja. Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, seorang copywriter juga bisa bekerja di berbagai perusahaan besar lainnya.

Kebutuhan akan profesi ini terus meningkat. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang beralih ke sektor pemasaran digital demi kemajuan bisnisnya. Bisa dikatakan bahwa copywriter adalah profesi yang cukup menjanjikan di masa depan.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Di Era Digital

Baca juga | Mengenal Content Writer, Profesi Penulis yang Paling Dicari

Berapa Gaji Copywriter?

Ilustrasi gaji copywriter (freepik)

Mungkin kamu bertanya-tanya, berapa sih gaji seorang copywriter? Kebutuhan akan profesi ini cukup tinggi. Sehingga gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. 

Gaji copywriter adalah sekitar 3-6 juta rupiah per bulan untuk junior copywriter. Sedangkan untuk senior copywriter gaji yang ditawarkan tentu lebih tinggi, bahkan bisa mencapai 15 juta rupiah per bulan. Sungguh jumlah yang cukup fantastis! Tak heran apabila profesi ini menjadi idaman bagi orang-orang, terutama generasi milenial.

Itulah pembahasan tentang copywriter. Semoga setelah membacanya, kamu jadi tahu apa itu copywriter. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menekuni profesi yang satu ini? Kalau iya, jangan lupa berlatih menulis, ya!

Kamu juga bisa mengikuti bootcamp tentang copywriting di Vocasia. Selain membuatmu menjadi mahir akan copywriting, kamu juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa ditambahkan ke CV, lho. Jadi, langsung ikuti sekarang juga dengan cara klik di sini!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *