Tanggal:25 April 2024

Yuk, Kenali Apa itu Agency beserta Jenis-Jenisnya!

Saat kamu ingin bekerja secara berkelompok tentu memiliki berbagai pihak yang berkepentingan. Salah satunya yakni dunia agency. Agency menaungi berbagai bidang pekerjaan menjadi satu wadah. Apakah kamu mengenal apa itu agency? Agency adalah sebuah bisnis, perusahaan, atau organisasi yang menyediakan berbagai layanan tertentu. Kamu bisa bergabung dalam satu agency sesuai bidang yang digemari. Agency sangat berkontribusi pada sebuah bisnis. Bisnis dapat menaungi berbagai bidang dengan baik berkat adanya agency tersebut. Kamu pun dapat berkecimpung di suatu bidang di bawah naungan agency tertentu.

Baca Juga | Perbedaan Reseller Dan Dropshipper Yang Wajib Kamu Tahu!

Agency memiliki tugas utama yakni menjadi perantara antara satu pihak dengan pihak lainnya. Pihak-pihak tersebut bisa saja berupa perusahaan lain atau individual yang membutuhkan jasa agency dalam menyelesaikan sebuah proyek. Saat kamu bekerja disebuah agency pastinya akan mendapat berbagai klien yang beragam. Beragam pula permintaan yang diinginkan klien tersebut. Kamu bisa menawarkan brief kepada klien lebih dulu ataupun menerima brief dari klien. Semuanya bergantung pada keinginan dan kebutuhan klien itu sendiri. Namun, alangkah lebih baik kamu dapat memberikan gambaran brief lebih dulu sebagai bahan perbandingan klien.

Baca Juga | Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP): Pengertian, Syarat, Cara Membuat, Dan Contohnya

Jenis-jenis Agency

1. Advertising agency

Ilustrasi Advertising Agency (pexels)

Kamu tentu saja sudah tidak asing lagi mendengar istilah advertising. Istilah ini merujuk pada bidang periklanan dan juga marketing. Agency yang menaungi bidang tersebut biasanya membuat campaign ataupun pesan iklan tertentu. Kamu bisa menggunakan jasa tersebut sebagai layanan pembentukan pesan. Kamu dapat memberikan gambaran permintaan yang dibutuhkan untuk dibuatkan hasil yang diinginkan. Advertising agency juga dapat menjadi sarana bagi kamu yang menginginkan pesan dikemas dalam bentuk kreatif. Kamu bisa memberikan brief yang diinginkan ataupun meminta brief dari pihak agency.

Baca Juga | Yuk Ketahui Jenis-Jenis Pemasaran Langsung Beserta Manfaatnya

2. Digital agency

Ilustrasi Digital Agency (pexels)

Segala sesuatu yang bernaung di dunia digital dapat kamu tangani menggunakan digital agency. Bisnis ini bergelut dengan berbagai aspek digital. Digital agency biasanya menyediakan jasa seperti web design and development, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), campaign untuk media, ataupun brand development. Kamu yang bekerja di agency ini tentu memiliki rekan dari berbagai disiplin ilmu. Misalnya marketing, copywriting, web design, hingga UI/UX. Seluruhnya tergabung menjadi satu kesatuan dan bersinergi menciptakan karya sesuai keinginan klien.

Baca Juga | Apa Itu SEO Marketing? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya

3. Marketing agency

Ilustrasi Marketing Agency (pexels)

Marketing agency sangat kamu butuhkan dalam rangka pengembangan aspek pemasaran. Kamu bisa meminta perumusan strategi marketing baru ataupun meningkatkan promosi penjualan. Marketing agency juga bisa menjadi layanan jasa konsultasi bagi bisnis kamu, loh. Kamu bisa menanyakan perihal apa saja yang akan mendukung kemajuan bisnis. Seseorang yang bekerja di sebuah marketing agency harus memahami berbagai komponen seperti market research, product development, dan juga program-program marketing. Kamu pun dituntut piawai menyodorkan solusi atas berbagai keluhan yang dirasakan oleh klien dengan jitu.

Baca Juga | Yuk, Belajar Memahami Benchmarking Dalam Pemasaran!

4. Entertainment agency

Ilustrasi Entertainment Agency (pexels)

Entertainment agency merupakan jenis perusahaan yang berjalan di dunia hiburan. Biasanya, agency ini berisikan musisi, penari, model, dan pelaku kreatif lainnya yang ada di dunia hiburan. Misalnya saja kamu ingin bergelut di dunia modeling. Tentu saja kamu membutuhkan jasa agency tersebut. Melalui jasa agency ini, kamu bisa mendapatkan seluruh job yang diinginkan. Peran entertainment agency adalah menjadi jembatan bagi orang-orang berbakat seperti kamu untuk memperkenalkan diri ke dunia hiburan. Biasanya, entertainment agency mengurus semua hal mulai dari branding sampai mencarikan panggung untuk para artisnya.

Baca Juga | Industri Kreatif Di Indonesia : Pengertian, Jenis, Contoh, Dan Kebijakan Pemerintah

5. Public relation agency

Ilustrasi PR Agency (pexels)

PR agency berfokus pada representasi klien yang ingin membentuk brand image yang baik dan juga dikenal oleh masyarakat. Public relation memanglah profesi yang diciptakan untuk membentuk sebuah citra bagi perusahaan atau para kliennya. Biasanya, klien yang menggunakan jasa agency ini membutuhkan layanan untuk pembuatan press release, acara-acara, dan juga talkshow di media. Press release bisa digunakan sebagai dokumen publikasi atas suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. PR berfungsi sebagai penyampai pesan dan pengemas pesan agar dapat sampai ke khalayak dengan baik. PR agency juga dapat merepresentasikan klien dan produk yang ingin dijual agar bisa dipahami oleh masyarakat luas.

Baca Juga | Berikut Ini Tips dan Cara Mendapatkan Klien Digital Marketing Agency

6. Branding agency

Ilustrasi Branding Agency (pexels)

Branding agency lebih berfokus ke pembentukan brand itu sendiri. Agency jenis ini membantu kamu dalam membangun brand dari bisnis yang digeluti. Branding sangat diperlukan agar masyarakat luas mengenal brand kamu dengan baik. Branding agency dapat memperkenalkan tone of voice yang ingin digunakan, identitas brand, hingga apa yang ingin disampaikan kepada calon pelanggannya. Proses ini mencakup pre-produksi, masa produksi, dan juga pasca produksi. Selain itu, branding agency juga mengurus logo, moto brand, dan masih banyak lagi.

Baca Juga | Lakukan 5 Strategi Branding Produk Yang Menarik Ini, Dijamin Laku

Nah, itulah seluk-beluk terkait dunia agency. Agency adalah sebuah layanan bisnis yang bisa membantu kamu dalam berbagai bidang usaha. Kamu bisa menggunakan jenis agency sesuai dengan kebutuhan bisnis. Jasa agency sangat penting kamu gunakan untuk membawa pengaruh baik pada kemajuan bisnis. Kamu bisa mempertimbangkan dan mengambil keputusan penggunaan jasa agency sesuai keinginan dan tujuan bisnis yang hendak dicapai.

Baca Juga | Mengenal Metaverse Dan Cara Kerjanya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *