Tanggal:21 February 2024

Ukuran Feed Instagram 3 Kotak, Bikin Menarik dan Rapi Lho!

Instagram merupakan aplikasi yang sangat populer yang banyak digunakan oleh setiap kalangan umur. Mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua. Instagram menjadi media sosial yang diperuntukan dengan serbaguna. Instagram bisa digunakan untuk mengekspresikan diri, memberikan informasi bahkan sampai media promosi.

Tetapi Apakah kamu pernah mempertimbangkan ukuran yang sesuai untuk feed Instagram? Apakah kamu pernah mengalami hasil yang kurang memuaskan saat mengunggah foto, video, atau IGTV? Jika iya, penting bagi kamu untuk mengetahui ukuran yang tepat untuk memastikan kualitas yang optimal.

Feed Instagram 3 kotak adalah metode tata letak feed di mana setiap postingan mengisi 3 kotak dalam grid 3×3 pada profil kamu. Dengan menggunakan ukuran ini, kamu dapat menciptakan tampilan yang teratur, simetris, dan menarik secara visual. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ukuran feed Instagram 3 kotak dapat memberikan dampak yang besar pada penampilan feed kamu.

Kelebihan Membuat Feed Instagram 3 Kotak

Pertama, ukuran feed Instagram 3 kotak memberikan tampilan yang seragam dan teratur. Dengan mengisi setiap baris dan kolom dengan postingan yang sesuai, kamu menciptakan kesan keseimbangan visual yang harmonis. Ini memberikan kesan profesional dan estetis yang akan menarik perhatian pengikut kamu. Selain itu, ketika pengunjung melihat profil kamu, mereka akan melihat secara keseluruhan tampilan yang konsisten, menciptakan kesan yang kuat tentang identitas merek atau pribadi kamu.

Kedua, ukuran feed Instagram 3 kotak memungkinkan kamu untuk menceritakan cerita atau tema tertentu melalui tampilan visual yang kohesif. Dengan memanfaatkan tata letak grid 3×3, kamu dapat merencanakan dan menyusun postingan kamu dengan cara yang mengalir secara artistik. Misalnya, kamu dapat membuat pola atau desain tertentu dengan mengatur foto dan video secara strategis di dalam kotak-kotak tersebut. Ini memungkinkan kamu  untuk mengekspresikan kreativitas kamu dan mengkomunikasikan pesan yang lebih kuat kepada pengikut kamu.

Ketiga, ukuran feed Instagram 3 kotak memberikan fleksibilitas dalam menampilkan berbagai jenis konten. Dalam setiap kotak, kamu dapat mengunggah foto tunggal, kolase, carousel, atau bahkan video pendek. Ini memberi kamu ruang untuk berkreasi dan membagikan beragam konten kepada pengikut kamu. Selain itu, dengan menggunakan ukuran feed 3 kotak, kamu dapat menyesuaikan rasio aspek gambar atau video agar sesuai dengan tampilan grid. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa konten kamu tetap terlihat bagus dan proporsional dalam setiap kotak.

Cara Membuat Feed Instagram 3 Kotak

1. Rencanakan tata letak

Pertama, buatlah gambaran keseluruhan tentang bagaimana kamu ingin mengatur postingan dalam feed kamu. Tentukan tema, pola, atau urutan tertentu yang ingin kamu ciptakan. Kamu dapat menggunakan aplikasi khusus seperti UNUM, Planoly, atau Preview untuk merencanakan dan mengatur tata letak feed kamu sebelum mengunggahnya.

2. Persiapkan konten

Setelah kamu memiliki gambaran tata letak, persiapkan konten yang akan kamu unggah. Pastikan konten tersebut sesuai dengan tema atau konsep yang kamu inginkan dalam feed Instagram 3 kotak kamu. kamu dapat menggunakan foto tunggal, kolase, carousel, atau video pendek sesuai kebutuhan kamu.

3. Persiapkan ukuran gambar

Agar postingan kamu pas dan nyambung dalam kotak-kotak feed, pastikan untuk mempersiapkan gambar dengan ukuran yang sesuai. Ukuran ideal untuk setiap kotak adalah 1080 x 1080 piksel. Pastikan untuk mengubah ukuran gambar kamu sebelum mengunggahnya agar sesuai dengan format kotak feed Instagram 3×3.

4. Unggah postingan dengan urutan yang tepat

Mulailah mengunggah postingan kamu dengan urutan yang telah kamu rencanakan sebelumnya. Pastikan untuk mengikuti pola atau urutan yang diinginkan agar tampilan feed kamu nyambung secara visual. Setiap postingan harus memenuhi 3 kotak secara berurutan dalam grid 3×3.

5. Perhatikan keselarasan visual

Selama mengunggah postingan, perhatikan keselarasan visual antara satu postingan dengan postingan berikutnya. Pastikan elemen-elemen visual seperti komposisi, warna, dan gaya seragam dan saling melengkapi. Hal ini akan membantu menciptakan tampilan feed yang kohesif dan estetis secara keseluruhan.

6. Periksa tampilan grid

Setelah mengunggah beberapa postingan, periksa tampilan grid feed Instagram kamu. Perhatikan apakah tata letak dan pola yang kamu inginkan terlihat seperti yang direncanakan. Jika ada penyesuaian yang diperlukan, kamu dapat menyusun ulang atau mengganti posisi postingan sebelumnya.

7. Konsistensi dan kontinuitas

Untuk menjaga feed Instagram 3 kotak kamu tetap nyambung, penting untuk konsisten dalam gaya dan tema konten yang kamu bagikan. Pertimbangkan untuk menggunakan filter yang serupa atau mempertahankan gaya pengeditan yang konsisten pada setiap postingan. Hal ini akan membantu menciptakan kesan yang lebih menyatu dan teratur dalam feed kamu.

 

 

Public relation masterclass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *