Tanggal:18 May 2024

Langkah Mudah Verifikasi 2 Langkah WA, Anti Dibajak!

Media sosial Whatsapp kini menjadi alat komunikasi utama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ia digunakan karena dilengkapi oleh banyak fitur yang canggih dan lengkap. Dengan menggunakan satu aplikasi, pengguna dapat menggunakannya untuk komunikasi, berbisnis, bekerja, hingga proses belajar mengajar secara daring. 

Banyaknya aktivitas yang dilakukan dalam aplikasi multifungsi ini, menyebabkan banyak data penting yang tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, ia harus diproteksi lebih ketat dari aplikasi lainnya.

Proteksi Whatsapp dilakukan untuk menghindari hal-hal berbahaya seperti terkena hack. Aktivitas hack yang terjadi dapat merugikan diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Whatsapp pribadimu akan digunakan untuk melakukan kejahatan penipuan seperti meminta pinjaman dana dan pembobolan kontak orang-orang terdekatmu.

Perlindungan atas beberapa kejadian di atas dapat dicegah dengan menerapkan verifikasi 2 langkah pada Whatsapp. Bagaimana caranya? Di bawah ini akan dijelaskan mengenai definisi verifikasi 2 langkah dan cara mengaktifkannya. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Cara Menggunakan Whatsapp Web, Gampang!

Apa itu Verifikasi 2 Langkah WA?

veriikasi 2 langkah wa

Ilustrasi Verifikasi Dua Langkah (Source: pixabay)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami dengan seksama apa itu verifikasi 2 langkah WA. Sehingga, kamu dapat menggunakan kecanggihan fitur tersebut dengan baik dan sesuai fungsinya.

Fitur verifikasi 2 langkah adalah upaya melindungi Whatsapp dari kegiatan swapping dan hack melalui pemberian PIN. PIN yang dibutuhkan untuk fitur tersebut berjumlah enam digit dalam bentuk angka. 

Enam angka yang digunakan bukanlah angka verifikasi pengaktifan Whatsapp. Namun, angka baru yang digunakan terus-menerus untuk menjadi PIN atau kunci akun.

PIN ini akan memperkuat perlindungan nomor Whatsapp-mu. Ketika verifikasi 2 langkah telah aktif, segala aktivitas yang menggunakan nomor Whatsapp harus memasukkan enam digit angka yang telah dipatenkan. Sehingga, orang-orang yang berniat jahat tidak bisa melancarkan aksinya karena tidak mengetahui PIN tersebut.

Oleh karena itu, verifikasi 2 langkah ini sangat direkomendasikan untuk para pengguna Whatsapp. Gunanya adalah untuk menghindari terjadinya kejahatan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kata – kata Promosi Whatsapp yang Menarik untuk Olshop Anda

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Jika kamu berniat untuk memperkuat proteksi nomor Whatsappmu, lakukanlah langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu ‘Setelan’ pasa beranda WhatsApp
  2. Tekan submenu ‘Akun’
  3. Lanjutkan dengan menekan ‘Verifikasi dua langkah’ 
  4. Pilih opsi ‘Aktifkan’
  5. Masukkan 6 digit angka yang akan digunakan sebagai PIN. Usahakan hindari penggunaan angka beruntun untuk meminimalisir terjadinya pembobolan
  6. Lalu, tekan tombol ‘Konfirmasi’
  7. Kamu akan dihadapkan pada opsi untuk menambahkan email atau tidak. Jika ingin menambahkan, masukkan alamat email pribadimu dalam kolom yang tersedia. Namun, kamu bisa menekan tombol ‘Lewati’ ketika tidak ingin menambahkannya
  8. Setelah itu, tekan ‘Lanjut’ jika menggunakan email tambahan
  9. Konfirmasikan alamat email, kemudian tekan ‘Simpan’ 

Pastikan alamat email yang kamu cantumkan benar dan sesuai. Jika tidak menyantumkan, ingat-ingat dan catat PIN proteksi tersebut untuk menghindari kelalaian.

Baca juga: Cara Blokir Nomor Whatsapp Tanpa Ketahuan

Cara Menonaktifkan Verifikasi 2 Langkah WA

Ketika dirasa fitur tersebut tidak terlalu penting dan yakin bahwa Whatsappmu aman, kamu dapat menonaktifkannya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Tekan menu ‘Setelan’ dan lanjutkan dengan memilih submenu ‘Verifikasi Dua Langkah’
  3. Lanjutkan dengan menilih opsi ‘Nonaktifkan’
  4. Fitur verifikasi 2 langkah sudah tidak aktif kembali

Cara Mengubah PIN

Ketika PIN Whatsappmu sudah diketahui oleh orang lain, kamu dapat mengubahnya melalui langkah-langkah berikut:

  1. Tekan ‘Setelan’ pada aplikasi Whatsapp
  2. Cari dan pilih menu ‘Verifikasi Dua Langkah’
  3. Gulir hingga menemukan opsi ‘Ubah PIN’
  4. Ikuti prosesnya hingga selesai

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk melindungi akun Whatsappmu. Dari pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah pada Whatsapp sangatlah penting. Cara mengaktifkannya juga terbilang cukup mudah dan tidak rumit, lho.

Aktifkan sekarang juga dengan menerapkan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga: Cara Mudah Memulihkan Pesan Whatsapp yang Terhapus

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *