Tanggal:27 April 2024

7 Rekomendasi Website Penyedia Icon Gratis

Icon merupakan elemen pelengkap dari sebuah desain website maupun mobile app. Membuat icon sendiri tidak bisa dilakukan sembarang orang. Dalam pembuatannya dibutuhkan seseorang yang memiliki keahlian di bidang desain atau seorang profesional seperti desainer grafis. 

Namun, tidak perlu khawatir. Berkat perkembangan digital yang semakin maju, kini sudah tersedia beragam website penyedia icon berkualitas yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang dapat diakses gratis hingga berbayar. Berikut ini, Vocasia akan memberikan beberapa website penyedia icon terbaik gratis.

Website Penyedia Icon Gratis

1. The Noun Project

The Noun Project merupakan salah satu website penyedia icon terbesar di internet. Format icon yang tersedia di situs ini sebagian besar SV dan PNG dengan warna hitam dan putih.

Icon yang terdapat pada The Noun Project dirancang oleh berbagai desainer independen. Dimana para pembuat konten dan professional bisa berkolaborasi untuk menjual desain mereka.

2. Iconfinder

Website penyedia icon selanjutnya adalah Iconfinder. Website ini sudah memiliki lebih dari 1,9 juta icon pada September 2017. Cara bekerja website ini mirip dengan Google. Kamu hanya perlu mengetik kunci pencarian untuk mendapatkan berbagai ikon gratis. 

Website ini menyediakan icon dengan berbagai macam format diantaranya seperti format SVG, ICO, SVG, ICNS, dan Adobe Ilustrator. Dimensi yang disediakan yaitu 16 x 16 sampai dengan 512 x 512. Icon yang tersedia di website ini dapat diakses secara gratis dan berbayar. 

3. Freepik

Website penyedia icon lainnya yaitu freepik. Website ini sudah memiliki lebih dari 67.000 icon gratis dan bahkan sudah di download lebih dari 766 juta kali pada bulan Mei 2016.

Freepik menyediakan berbagai format yaitu PNG, SVG dan EPS. Icon yang tersedia di website ini berwarna putih dan hitam dengan gaya 2D, 3D, garis dan juga vector.Terdapat beberapa kategori icon yang bisa kamu dapatkan dari freepik, diantaranya Education, Technology, Social Media, dan banyak lagi kategori lainnya

4. Flaticon

Flaticon merupakan anak perusahaan dari Freepik. Website ini memiliki desain yang keren dan up to date yang apat kamu gunakan secara gartis, dengan syarat harus memberikan atribusi kepada pembuat. Icon yang tersedia pada website ini sekitar 128 ribu lebih.

Selain itu, Flaticon juga memiliki banyak fitur yang cukup membantu seperti fitur add to collection dan panel collection. Kedua fitur tersedia untuk memudahkan dalam mengunduh sekaligus seluruh icon yang telah pilih. Website ini  juga menyediakan banyak pilihan format diantaranya seperti PNG, SVG, PSD, EPS, Iconfont, dan SVG Sprite.

5. Icons8

Website penyedia icon gratis lainnya yang tidak kalah lengkap adalah Icons8. Website ini menyediakan lebih dari 25 ribu icon. Icons8 merupakan website yang dapat kamu akses secara fitur gratis. Format icon yang diberikan website ini adalah PNG.

Namun, website ini juga menawarkan fitur premium. Adapun kelebihan fasilitas yang bisa kamu dapatkan diantaranya dapat mengakses ke semua 25 ribu file icon, tidak harus memberikan link kembali ke pembuat icon, dan tersedia dalam berbagai format dan ukuran.

6. Material Icons by Google

Material Icons dibangun oleh tim material design dari Google. Setiap icon tentunya dibuat dengan panduan atau pedoman material design yang dibuat oleh Google. Iconnya cukup ringan dan dirancang dengan UI yang lebih indah. Apapun jenis aplikasinya jika menggunakan icon ini akan terlihat lebih menarik UI nya.

Icon dari Material Icons bersifat open source sehingga tersedia untuk dipakai bahkan diedit oleh orang yang ingin menggunakannya. Format file icon yang tersedia yaitu SVG dan PNG. Atau kita juga bisa menggunakan icon tanpa harus mendownloadnya dengan cara menuliskan script dari icon yang ingin dipakai.

7. IconToucan

Rekomendasi website penyedia icon gratis terakhir adalah IconToucan. Website ini memungkinkan kamu untuk drag, drop, dan mengunduh icon gratis apa pun yang kamu suka.

Website ini memungkinkan kamu dengan cepat melihat transparan icon yang kamu inginkan. Format file icon yang diberikan website ini berupa PNG. IconTouncan juga memiliki fitur yang memudahkan kamu untuk mengunduh semua icon gratis yang telah kamu pilih sekaligus dalam sebuah file arsip ZIP.

 

 

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *