Tanggal:29 April 2024

9 Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi yang Banyak Dibutuhkan!

Jurusan sistem informasi terkenal dengan peminatnya yang banyak. Hal tersebut disebabkan karena kemajuan dan perkembangan era digital yang berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja yang luas bagi lulusan jurusan sistem informasi.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Sekilas mendengar jurusan sistem informasi mungkin kamu akan berpikir pekerjaannya akan berkaitan dengan bidang IT. Yap, salah satu prospek kerja jurusan sistem informasi adalah sebagai IT. Namun, tahukah kamu prospek kerja sistem informasi lainnya? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel ini! 

Baca juga: Perilaku Orang Tua yang Membuat Anak Stres

Prospek Kerja Sistem Informasi

Peluang Pekerjaan Jurusan Sistem Informasi. Sumber: pexels.com

Berikut beberapa prospek kerja sistem informasi untuk memberikan gambaran pada kamu yang mungkin saat ini tengah menjalani perkuliahan di program studi sistem informasi. 

Baca juga: Jenis-jenis Iklim di Dunia

1. System Analyst

System analyst bertanggung jawab untuk mendesain solusi dalam teknologi informasi. Selain itu, berperan dalam melakukan modifikasi dan mengadaptasi sistem serta mengintegrasi fitur-fitur baru agar lebih efisien dan produktif dalam bisnis. Proyek yang dipegang mengharuskannya memeriksa sistem atau model bisnis yang sebelumnya telah ada dan kemudian dianalisis berdasarkan kebutuhan sistem tersebut.

System analyst juga melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusinya dalam sistem. Oleh sebab itu, profesi ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan dan organisasi seperti perusahaan otomotif, layanan keuangan, bank investasi dunia, pabrik, dan layanan masyarakat.

2. Database Administrator

Tanggung jawab Database Administrator yakni mengelola dan merapikan data perusahaan. Profesi ini diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 11% dari tahun 2014 hingga 2024 di Amerika Serikat. Data yang disebutkan oleh Bureau of Labor Statistics ini melebihi rata-rata peningkatan profesi yang lain.

3. IT Consultant

Pekerjaan seorang lulusan sistem informasi juga bisa bergerak dalam bidang pelayanan. Profesi IT Consultant biasanya banyak membantu klien yang ingin menggunakan IT dengan tepat. IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi dalam sistem IT yang digunakan.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Hustle Culture

4. Data Analyst

Profesi data analyst juga bisa ditempati oleh kamu yang mengambil program studi sistem informasi. Hal tersebut karena dalam posisi ini kamu akan bergelut dengan bahasa dan prosedur coding untuk menganalisis serta mengaplikasikan data yang digunakan dalam pembuatan keputusan.

Mahasiswa sistem informasi tentu akan familiar dengan coding dan hal-hal yang berurusan dengan data informasi. Hal ini tentu akan memudahkan kamu untuk secara teknis karena telah terbiasa semasa kuliah.

5. Business Analyst

Tertarik dengan angka dan keuangan? Menjadi business analyst mungkin cocok untuk kamu! Seorang business analyst dianjurkan untuk mampu menggunakan peralatan dan model data science untuk memberi analisis serta rekomendasi bisnis berdasarkan data yang diperoleh.

Profesi business analyst bertanggung jawab untuk dapat memperbaiki proses dalam bisnis dan memberi laporan berbasis data ke jajaran eksekutif perusahaan. Pentingnya profesi ini salah satunya adalah menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user.

6. Web Developer

Profesi Web Developer adalah bertugas dalam membuat program aplikasi untuk suatu website. Web Developer yang membuat website dari nol hingga tampilannya menarik dan berfungsi secara optimal. Profesi ini sangat lekat dengan kemampuan IT dalam Sistem Informasi.

Baca juga: Ciri Ciri Orang Tua Toxic

7. Project Manager

Project Manager yang bergerak di bidang bisnis adalah penggerak seluruh anggota tim dalam suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan kedepannya.

8. IT Manager

Untuk menduduki posisi sebagai IT Manager, kamu perlu memiliki kemampuan manajemen yang baik. Pekerjaan ini akan mengharuskan kamu dalam merencanakan, mengoordinasikan, dan mengarahkan aktivitas yang berhubungan dengan komputer dan sistem informasi dalam suatu perusahaan. Selain itu, IT manager juga ikut berperan dalam melakukan instalasi dan maintenance pada hardware, software, sampai dengan network perusahaan. 

9. System Engineer

Profesi ini cocok bagi kamu yang berminat pada sesuatu yang kompleks. Sebagaimana tanggung jawab seorang System Engineer adalah mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering ini menjadi bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasa dan manajemen rekayasa yang kompleks.

Baca juga: Franchise Cetroo Coffee

Itu dia penjelasan mengenai prospek kerja sistem informasi. Profesi-profesi ini tidak akan punah seiring kemajuan teknologi. Untuk itu, persiapkan diri dan raih pekerjaan sesuai dengan keahlianmu dalam bidang sistem informasi!

Untuk membaca artikel menarik lainnya dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki, cukup dengan klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia tentunya kamu akan berkesempatan untuk belajar banyak bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran harga khusus di Vocasia yang terjangkau untuk kamu yang ingin segera mengikuti berbagai kelas online dan mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Mengapa Indonesia di sebut Negara Agraris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *