Tanggal:22 June 2024

5 Website Untuk Belajar Pemrograman

Mungkin kamu berpikir jika kamu ingin belajar coding harus mengeluarkan uang yang cukup besar. Hal tersebut tentu tidak salah. Untuk kursus coding memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, di era informasi saat ini ini kamu bisa menikmati kemudahan mendapatkan informasi tanpa batas sehingga kamu bisa belajar coding online gratis. Belajar coding atau kode pemrograman bukan hanya untuk IT atau programmer yang sudah profesional saja. Kamu sebagai pemula pun bisa belajar coding secara online.

Saat ini banyak sekali situs-situs belajar coding online gratis yang tersedia. Menariknya kamu bisa belajar coding online gratis melalui situs-situs tersebut. Disini akan diulas beberapa situs belajar coding online gratis yang cukup populer dan paling banyak dikunjungi yang bisa dijadikan referensi.

Berikut daftar website yang harus kamu kunjungi jika ingin memulai belajar pemrograman :

BitDegree

Bitdegree adalah salah satu tempat belajar coding online gratis yang direkomendasikan. Bitdegree juga menawarkan banyak kursus yang bisa kamu ikuti secara gratis.

Situs ini menawarkan kursus programing sampai ke game development. Situs ini menyediakan kursus online standar dan kursus gamification. Untuk memulai kursus online di BitDegree sangatlah mudah.

Kamu cukup memilih bahasa yang digunakan dan mulailah menggali keahlian kamu. Banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang dipelajari diantaranya yang paling populer adalah : HTML, CSS, PHP, JavaScript, SQL, jQuery. Situs ini pun menyediakan sistem reward dan achievement.

Baca Juga | Langkah Menghasilkan Uang Jika Kamu Pintar Coding

Code Academy

Untuk kamu yang ingin belajar coding online gratis sebaiknya jangan melewatkan situs yang satu ini. Code Academy adalah salah satu situs yang paling populer yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk belajar coding secara cuma-cuma.

Platform ini menawarkan berbagai macam kursus dari mulai pengenalan programing sampai programing tingkat lanjut.

Pada Codecademy kamu bisa mendapatkan pendekatan dan metode belajar yang interaktif, sehingga kamu bisa langsung mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari.

belajar coding online gratis
Sumber: Pixabay

FreeCodeCamp

FreeCodeCamp adalah satu dari sekian banyak situs belajar coding online gratis yang menyediakan layanan menarik. Platform ini menyediakan komunikasi real life dan kamu juga bisa berinteraksi dengan komunitas seputar pembelajaran bahasa pemrograman.

Dalam FreeCodeCamp kamu dapat belajar coding dengan berpartisipasi dalam berbagai tantangan.

Kamu juga bisa mengakses ke tutorial dan kursus pemrograman untuk bisa menyelesaikan tantangan yang kamu ambil. Selain itu kamu bisa berinteraksi secara online melalui forum jika ada hal yang tidak dimengerti.

Baca Juga :

Code School

Platform biasanya digunakan oleh para pemula dan tentu saja bisa dinikmati secara gratis. Code Schoole telah memiliki lebih dari 1 juta pelajar di seluruh dunia.

Platform ini memiliki metode dan proses belajar yang berbeda dari situs-situs belajar coding online gratis yang lainnya. Metode belajar yang diterapkan adalah:

  1. Kamu bisa memilih jalur pendidikan yang telah dibuat dan disusun oleh para profesional, kemudian kamu bisa mulai mempelajari materi yang telah disediakan.
  2. Kamu bisa berlatih dari materi yang telah dipelajari di browser dan akan mendapatkan feedback.
  3. Akan tersedia poin setiap kali kamu menyelesaikan level khusus.
  4. Platform ini juga memungkinkan untuk kamu memonitor progress dan melihat semua achievement.

Codewar

Platform ini menawarkan metode belajar yang cukup kreatif untuk coding online gratis. Seperti namanya Codewar memiliki tema seperti seni beladiri, program ini didasarkan tantangan yang disebut “kata”.

Kamu bisa memilih banyak sekali bahasa kode pemrograman seperti C++, JavaScript, Ruby, SQL, PHP, Swift TypeScript, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *