Tanggal:20 June 2024

Apa Saja Manfaat Dari Social Media Marketing? Yuk simak!

Bagi anda yang baru bermain dan terjun dalam dunia internet marketing khususnya melalui sosial media pastinya anda sudah sering mendengar kata SMM. Namun, sebagian orang masih ada yang bertanya-tanya apa itu SMM dan apa manfaatnya. Bagi anda yang masih belum paham dan mengerti apa itu SMM dan juga manfaat serta kegunaannya. Langsung saja mari kita bahas pengetian SMM dan manfaatnya.

Apa Itu SMM?

SMM adalah singkatan dari Social Media Marketing. Pengertian SMM sendiri adalah salah satu strategi  pemasaran online yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosid produk yang di jual seperti link halaman website bisnis online, layanan jasa, atau bahkan hingga produk lainnya yang lebih spesifik.

Sesuai dengan namanya, social media marketing cara kerjanya lebih mengarah ke pembangunan dan pemanfaatan wilayah sosial media sebagai tempat atau media dalam membentuk, membangun hingga mengumpulkan segmentasi target pasar bisnis online milik anda. Satu hal yang paling penting dan harus anda ingat ketika menjalankan bisnis online dengan strategi SMM ini adalah pastikan anda lebih komunikatif dengan pasar yang sudah anda buat di sosial media misalnya seperti menjawab pertanyaan dari mereka, berinteraksi, menghormati dan juga menyajikan hal-hal yang informatif.

Setiap media sosial yang anda lakukan dengan teknik SMM pastinya akan berbeda-beda misalnya seperti SMM pada instagram maka akan lebih mengandalkan gambar dalam melakukan proses marketingnya. Hal ini akan berbeda jika anda menggunakan youtube pastinya anda harus membuat konten video youtube yang menarik dan informatif.

Sosial Media untuk SMM

Ada banyak sosial media yang dapat anda gunakan untuk menjalankan teknik SMM misalnya seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, google plus, Digg, dan masih banyak sosial media lainnya yang dapat anda manfaatkan untuk menjalankan teknik SMM.

Manfaat dari SMM/Social Media Marketing

Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika anda menguasai teknik SMM secara tepat, baik dan benar. Berikut beberapa manfaat dari SMM yang akan anda rasakan.

  • Teknik SMM merupakan teknik yang murah, efisien dan cepat.
  • Secara efektif mampu membangun pasar sendiri di sosial media.
  • Mempercepat pertumbuhan pemasaran produk di berbagai kalangan.

Memperluas Jangkauan Pasar

Saat ini hampir semua orang menggunakan social media, bahkan ada beberapa orang yang mempunyai lebih dari satu akun.

Dengan melalui social media akan membuat Anda menemukan konsumen baru, selain itu juga sangat efektif untuk memperluas jangkauan pasar.

Baca Juga :

Membuat Pengunjung Website Meningkat

Website adalah hal wajib yang harus dimiliki dalam dunia bisnis saat ini. Web adalah representasi bisnis anda di dunia online. Semakin banyak pengunjung website akan membuat peluang pendapatan meningkat semakin tinggi. Namun tidak semua orang bisa menjangkau website Anda secara langsung.

Dan social media marketing hadir sebagai metode penyampaian yang efektif dan efisian.

Melalui media sosial, Anda bisa melakukan promosi dan menuntun pengguna media sosial untuk membuka website Anda. Tentu saja ini bisa menjadi keuntungan website Anda bertambah trafik pengunjungnya.

Jika informasi yang Anda berikan di website menarik, mereka tidak hanya menjadi pengunjung di website Anda namun bisa berubah menjadi konsumen Anda.

Selain itu, jika mereka tertarik, mereka juga bisa melakukan share dan berbagi kepada teman-teman mereka. Tentu saja ini sangat baik untuk kemajuan website Anda.

Untuk meningkatkan kunjungan website juga dapat dilakukan dengan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Memudahkan Interaksi Konsumen Dan Penjual

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Social Media Marketing adalah memudahkan interaksi antara Anda penjual dengan konsumen. Kenapa? Social media banyak digunakan oleh masyarakat dan mudah dalam pengoperasiannya.

Selain itu konsumen lebih mudah dalam berkomunikasi dengan penjual. Respon penjual juga lebih cepat dengan menggunakan social media dibanding dengan website. Ini karena social media mudah digunakan dan hampir setiap waktu digunakan oleh masyarakat.

Mengenal Konsumen Lebih Dekat

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, sosial media juga mengalami perkembangan yang bermanfaat bagi banyak orang.

Diantaranya yaitu memudahkan penyedia layanan untuk mengenal lebih dekat dengan konsumen atau pelanggan. Adanya sosial media akan membuat pengenalan dan komunikasi dua arah ini menjadi lebih mudah.

Melalui media sosial, Anda bisa menargetkan konsumen, mengetahui secara lebih rinci tentang siapa saja konsumen Anda, usia mereka, bahasa yang digunakan, dan lain sebagainya.

Jika sudah lebih mengenal konsumen, maka Anda bisa melakukan branding dan promosi kepada konsumen secara tepat. Mengikuti tren yang sedang populer di kalangan pengguna sosial media juga perlu untuk menarik minat mereka.

Jika target untuk mencapai konsumen yang diharapkan sudah tercapai, ini dapat membantu kenaikan keuntungan atau investasi yang Anda lakukan. Mudah sekali bukan?

Baca Juga :

Memberikan Feedback

Penggunaan media sosial untuk melakukan bisnis dalam dunia perdagangan akan langsung terkena timbal baliknya atau feedback.

Feedback yang diberikan konsumen bisa berupa timbal balik yang positif atau bisa juga feedback negatif. Tentu saja feedback ini didasarkan pada sudut pandang konsumen. Feedback yang diberikan konsumen ini bisa menjadi informasi penting untuk meninjau produk Anda.

Contohnya saja ketika Anda meluncurkan suatu produk dan dipromosikan pada media sosial twitter, maka Anda akan mendapat respon dari pengguna twitter seperti komen, retweet, atau menyukai.

Dari komentar, kritik, atau saran yang diberikan oleh calon konsumen Anda, Anda bisa melakukan improvisasi terhadap layanan yang Anda promosikan dan membantu peningkatan kualitas bisnis yang dijalani.

Baca Juga :

Expand Networking

Saat ini jaringan internet sudah dapat digunakan dan dijangkau sampai pelosok. Hal ini membuat bisnis Anda memiliki jaringan yang lebih luas saat menggunakan social media marketing.

Tidak hanya dapat dijangkau dalam daerah di Indonesia saja, tapi mancanegara dengan potensi konsumen yang lebih banyak.

Customer Service

Dikatakan customer service karena Anda dapat mengetahui respons dari pelanggan terhadap jasa atau produk yang ditawarkan secara online.

Hal ini akan sangat berguna untuk perkembangan bisnis. Meningkatkan kualitas dan mencegah timbulnya komentar negative yang dapat merusak reputasi bisnis Anda.

Baca Juga | Strategi Ampuh Digital Marketing

Baca Juga | Cara Ampuh Public Speaking

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *