Tanggal:21 February 2024

7 Rekomendasi WordPress Framework yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Pernah mendengar soal WordPress Framework? Mungkin istilah ini sudah cukup familier bagi web developer atau orang yang sering berinteraksi secara langsung dengan WordPress. Perlu untuk diketahui juga bahwa WordPress Framework memiliki beragam manfaat dan keuntungan yang bisa membantu kamu dalam mengelola WordPress dan tentunya mengurangi beban kerja.

Lantas, apa itu WordPress Framework serta apa saja rekomendasinya? Yuk simak bersama artikel di bawah ini!

Apa itu WordPress Framework?

Secara sederhana, WordPress Framework adalah salah satu fondasi dari tema WordPress atau theme WordPress dan dapat digunakan untuk membuat tema WordPress baru atau memodifikasi tema yang telah ada sebelumnya. Lebih rinci, di dalam Framework WordPress terdapat kumpulan kode inti yang di dalamnya termuat dasar dan elemen desain. 

Kamu bisa menyalin kode tersebut dan mengaturnya kembali untuk kemudian disesuaikan dalam tema yang kamu gunakan. Selain untuk WordPress pribadi kamu, tema berbasis framework ini juga dapat dijual kembali kepada pengguna lain untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Secara umum, terdapat dua tipe WordPress framework yang biasa digunakan, di antaranya:

  • Framework in-house atau yang biasa digunakan oleh developer tema untuk membuat semua produk yang ia miliki.
  • Framework tema bebas atau framework yang bisa digunakan oleh siapa saja dan dapat digunakan untuk mengedit tema kustom atau tema dari developer yang sama.

Untuk dapat menggunakan WordPress theme framework, kamu akan memerlukan parent theme dan child theme. Parent theme adalah tema yang memuat tampilan lengkap serta beragam fitur di dalamnya. WordPress framework itu sendiri bisa dikatakan sebagai parent theme karena framework theme WordPress memuat semua fitur dan tampilan. Jadi, semua framework WordPress dapat disebut juga sebagai parent theme, tetapi tidak semua parent theme merupakan framework WordPress.

Sementara itu, child theme digunakan untuk mempermudah developer dalam melakukan modifikasi style tampilan dan fitur pada tema. Kustomisasi styling yang sudah kamu buat tidak akan hilang ketika tema di-update karena adanya child theme. Namun, tidak semua WordPress theme framework memiliki child theme sehingga kamu perlu membuatnya sendiri.

Lalu, apa saja WordPress theme framework terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihanmu? Simak beberapa rekomendasi berikut ini!

1. Gantry 5

Gantry merupakan framework yang memiliki layout manager yang mudah digunakan serta memiliki beragam fitur canggih yang dapat kamu eksplor dengan leluasa. Tampilan antarmuka yang simple dapat memudahkan kamu memodifikasi halaman tanpa perlu merasa kesulitan. Gantry juga dilengkapi dengan megamenu yang dapat kamu gunakan sebagai navigasi serta sistem partikel untuk membantumu melakukan konfigurasi blok konten situs kamu.

Gantry 5 Framework (Sumber: Phoca.com

Lebih lanjut, Gantry juga didukung oleh widget pihak ketiga yang akan membantumu menyempurnakan tampilan halaman. Jika kamu mengalami permasalahan dengan WordPress framework ini, kamu dapat merasa sedikit tenang karena Gantry memiliki komunitas aktif yang bisa membantu kamu kapan saja. Hal yang paling menguntungkan dari semua aspek tersebut ialah kamu dapat mengaksesnya secara gratis.

Baca juga: 5 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik!

2. Genesis

Genesis adalah satu dari sekian banyak WordPress theme framework yang ditujukan khusus untuk developer. Tidak sedikit developer profesional yang melabuhkan hatinya untuk menggunakan Genesis dibandingkan dengan theme framwork yang lain. Hal ini tidak lain dikarenakan Genesis merupakan salah satu framework yang SEO friendly, well coded, aman, serta harga yang relatif terjangkau.

Genesis Framework (Sumber: Mixed Media Marketing)

Namun, bagi kamu yang menggunakan Genesis alangkah baiknya jika kamu memasangkannya dengan child theme Genesis agar framework theme mampu bekerja dengan optimal. Seperti halnya Gantry, di Genesis juga terdapat komunitas developer yang sangat aktif sehingga kamu tidak perlu merasa takut atau khawatir ketika menghadapi permasalahan tertentu. Untuk mengakses layanan Genesis, kamu perlu merogoh kocek sekitar 59.95 USD untuk paket dasar serta 499.95 USD untuk paket Pro Plus dengan akses full.

3. Thesis 2.0

Thesis adalah salah satu framework theme yang juga banyak digemari developer serta digadang-gadang sebagai pesaing kuat Genesis. Thesis 2.0 sendiri merupakan versi terbaru dari Thesis yang mengusung lebih banyak fitur dan tentunya menarik untuk dijelajahi. Theme framework ini sangat cocok untuk kamu yang merupakan seorang pemula serta kamu yang menginginkan lebih dari sekedar halaman yang indah.

Thesis 2.0 Framework (Sumber: WPMU Dev)

Mulai dari kustomisasi yang mudah hingga kontrol penuh sampai ke setiap detail elemen di WordPress dahsboard bisa kamu otak-atik sesukamu. Tidak hanya itu, Thesis juga merupakan theme framework yang sangat modern serta responsif yang bisa dengan mudah dioperasikan pada ponsel dengan layar kecil sekalipun! Kamu bisa mengakses Thesis dengan harga 87 USD per tahun untuk satu domain, 187 USD per tahun untuk 5 domain, dan 297 USD per tahun untuk 20 domain.

4. Cherry Framework

Selanjutnya adalah Cherry Framework. Framework yang satu ini memberikan kesempatan kepada developer untuk bekerja dengan menggunakan komponen visual website tanpa harus mengubah fungsionalitasnya. Framework ini sangat cocok untuk developer yang sedang ingin membuat portal web sederhana untuk bisnisnya serta kamu yang ingin memulai kegiatan bisnis online.

Cherry Framework (Sumber: github.com)

Beberapa keunggulan yang dimiliki framework ini di antaranya shortcode template editor yang berfungsi membuat template untuk kode-kode pendek. Selain itu ada pula CSS Minifier, opsi backup, dan fitur unggulan lainnya. Semua itu bisa kamu akses secara gratis di Chrerry framework ini.

Baca juga: Mengenal dan Tips Membuat Slug di WordPress

5. TeslaThemes Framework

TeslaThemes adalah framework dengan tipe full option yang dapat memudahkan kamu dalam melakukan kustomisasi tampilan serta fungsionalitas WordPress theme yang kamu miliki. Dengan kemudahan dan kesederhanaannya, framework ini juga sangat bisa digunakan untuk kamu yang belum begitu mengerti tentang pengembangan website. Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas mereka untuk dapat mengakses semua tema, baik yang sudah dirilis maupun yang akan dirilis.

TeslaThemes Framwork (Sumber: scanwp.com)

Framework ini bisa digunakan oleh siapapun dengan fitur-fitur yang dibawanya. Meski TeslaTheme tidak memberi banyak pilihan untuk bagian konfigurasi tampilan tema, kamu tetap bisa menggunakannya dengan mudah dan leluasa. Untuk mendapatkan akses TeslaTheme kamu perlu merogoh kocek mulai dari 58 USD untuk satu theme dan 99 USD untuk semua theme.

Baca juga: Cara Backup WordPress dengan Mudah!

6. Headway Framework

Headway adalah framework WordPress theme yang dapat digunakan dan membantu siapapun! Mulai dari desainer, blogger, developer, hingga marketer dapat membangun laman WordPress sendiri tanpa coding! Headway memungkinkan kamu membuat desain laman impianmu dengan beberapa menit saja loh! Headway dilengkapi dengan dua desain khusus tampilan, yakni grid editor yang menjadi tempat bagi kamu untuk membuat struktur website serta desain editor yang akan menjadi tempat bagi kamu untuk menambah serta mengatur style elemen desain.

Headway Framework (Sumber: WP Squared)

Dengan framework ini, kamu tidak perlu merasa kesulitan dan dapat menggunakannya dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih template yang kamu inginkan, melakukan kustomisasi desain, menambahkan konten, dan situs kamu pun siap untuk digunakan! Untuk mengakses Headway framework kamu perlu mengeluarkan dana sebesar 89 USD untuk Paket Standar dan 199 USD untuk Paket Deluxe.

7. WPZoom Framework

Menjadi yang terakhir dalam list ini, WPZoom adalah WordPress framework yang dibuat oleh tim developer theme dengan tipe full options. Dengan framework ini, struktur, kode, hingga fungsi framework dapat menyesuaikan dengan theme apabila kamu sudah memilih satu temanya. Selain itu, WPZoom juga mencakup beberapa shortcode yang akan membantumu menyisipkan elemen pilihan yang cocok untuk konten kamu.

WPZoom Framework (Sumber: Hostinger.com)

Mulai dari tombol, kotak info, tata letak kolom, dan lain sebagainya bisa kamu dapatkan dengan mudah di framework ini. Terlebih lagi WPZoom menawarkan shortcode slideshow yang akan membantumu menambahkan galeri gambar animasi ke halaman kamu dengan mudah dan tanpa perlu mengunduh plugin tambahan. Hanya dengan 69 USD kamu sudah bisa mengakses paket all themes di WPZoom.

Itulah dia beberapa rekomendasi WordPress framework yang pastinya dapat membantumu untuk mempercantik laman WordPress kamu. Untuk kamu yang masih awam atau ingin mendapatkan bimbingan khusus terkait framework, tidak perlu khawatir lagi karena kini tersedia kursus intensif yang siap membantumu sampai mahir!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *