Tanggal:04 May 2024
plugin wordpress

5 Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Plugin WordPress merupakan jalan pintas yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan website dengan mudah. Mengapa demikian? Karena ia dilengkapi kemudahan akses yang membuat orang awam sekalipun bisa menguasainya. 

Guna menyokong pengembangan website yang baik, WordPress menyiapkan lebih dari 50 ribu plugins yang dapat diakses para penggunanya. Namun, jumlah yang terlalu banyak juga bisa menyulitkan, lho. Dianggap menyulitkan karena semakin membingungkan saat menentukan plugins terbaik bagi website-nya. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui plugins yang tepat? Tak perlu risau karena kamu berada pada halaman yang tepat. Artikel ini akan memberi kamu seputar pengetahuan mengenai plugins. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan tips agar tidak salah dalam memilihnya.

Baca juga : Kenali Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

Apa itu Plugin?

Sebelum mengetahui cara memilih dan mendapat rekomendasi, kamu harus mengetahui definisinya. Singkatnya, plugin merupakan suatu program yang digunakan untuk memperbanyak fitur. Berbeda dengan program lain, ia tidak melalui proses coding yang kerap kali menyulitkan.

Proses pengunduhannya dapat dilakukan melalui dua cara. Cara pertama adalah melalui website resmi milik WordPress. Selanjutnya, kamu bisa mengunduhnya langsung melalui sidebar yang tersedia.

Cara Memilih Plugin WordPress 

Cara Memilih Plugins

Ilustrasi Cara Memilih Plugins (Source: pixabay)

Guna menentukan plugin WordPress terbaik, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

    1. Lihat jumlah orang yang sudah menginstal. Semakin banyak tingkat instalasi, semakin meyakinkan pula kecanggihan fiturnya.
    2. Lihat ulasan atau feedback yang diberikan pengguna. Pilih plugins dengan ulasan yang baik dan positif. Jangan pernah menggunakan yang kolom ulasannya penuh dengan komentar negatif.
    3. Cari tahu siklus update-nya. Seperti yang kita tahu, pembaruan diaplikasikan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. Plugin yang memiliki riwayat pembaruan minim, bukan berarti sudah cukup sempurna. Bisa saja ia merupakan versi jadul yang performanya jarang diperhatikan.
    4. Pastikan terdaftar dalam halaman resmi WordPress. Plugin yang tidak ada dalam laman resmi tidak memiliki jaminan legalitas. Hal tersebut jika dibiarkan akan berdampak buruk pada masa mendatang.
    5. Jangan fokus pada jumlahnya. Dibandingkan jumlah instalasi, kamu harus lebih memperhatikan efektifitas dan kualitasnya.

Baca juga : Cara Menghapus Tautan Footer yang Didukung oleh WordPress

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

rekomendasi plugins

Ilustrasi Rekomendasi Plugins (Source: pixabay)

Berikut adalah rekomendasi plugin WordPress terbaik yang harus kamu coba:

  • Yoast SEO

Plugins yang satu ini, sering dianggap sebagai plugin sejuta umat. Dikatakan sejuta umat karena jumlah instalasinya mencapai angka 5 juta. Wow, sungguh fantastis bukan?

Yoast memiliki jumlah instalasi yang fantastis karena fitur yang disediakan sangat lengkap. Bahkan, ia juga memberikan berbagai akses gratis bagi para penggunanya. Plugin ini memiliki tingkat indikator yang ditandai dengan warna. Warna hijau akan muncul ketika konten sesuai dengan standart SEO. Tingkat yang lebih rendah adalah orange menandakan bahwa sudah baik meskipun tidak terlalu. Apabila kontenmu jauh dari standar, maka Yoast akan memberikan penanda dengan warna merah. Sangat baik, bukan?

  • Akismet

Akismet diperlukan untuk memperindah tampilan yang ada dalam website. Tentu kamu sering menjumpai konten yang dipenuhi oleh komentar tidak jelas bukan? Di sinilah ia dibutuhkan. Akismet akan menyaring komentar dan menahan cuitan yang dianggap tidak relevan. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot untuk menghapus secara manual. Akibat kecanggihan dan kebermanfaatannya, ia digunakan hingga 5 juta kali.

  • Redirection

Plugin yang satu ini masih belum terkenal jika dibandingkan Yoast dan Akismet. Pasalnya, angka instalasinya baru mencapai sekitar satu juta. Meski memiliki jumlah instalasi sedikit, ia memiliki fitur yang sangat menguntungkan untuk perbaikan website. 

Fitur yang disediakan oleh Redirection yaitu, membuat tipe redirects, menangani tautan yang sudah tidak aktif, mengimpor dan mengekspor tautan, serta mengelompokkannya. Jadi, ketika kelak salah satu tautan yang kamu gunakan tidak aktif, secara otomatis akan berganti ke tautan baru.

  • WP Rocket

Pernahkan kamu membutuhkan waktu yang sangat lama saat membuka website? Itu tandanya kamu harus menginstall WP Rocket. WP Rocket akan membantumu dalam meningkatkan performa website. Selain itu, ia juga digunakan untuk optimasi database, menyederhanakan HTML, CSS, dan Javascript

Akibat fitur canggih yang ditawarkan, proses penginstalannya tidak gratis alias berbayar. Harga yang ditawarkan sekitar US$49. Namun, tentu saja harga yang dipatok sangat worth it karena manfaatnya tidak main-main.

  • TablePress

Selain Yoast, Akismet, Redirection, dan WP Rocket, kamu juga harus menginstall TablePress. Membuat tabel secara instan di suatu laman sangatlah sulit dan menguras banyak pikiran. TablePress hadir untuk membantumu dalam pembuatan tabel secara instan dan cepat. 

Berkat kemudahan yang ditawarkan, ia mendapat feedback baik dari para penggunanya. Feedback yang didapatkan berupa ulasan positif dan rating tertinggi. Bahkan, jumlah instalasinya juga menyentuh angka 800 ribu pengunduh.

Di atas merupakan rekomendasi plugins yang dapat kamu install untuk keperluan website-mu. Fitur dan kecanggihan yang ditawarkan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Harga yang dipatok juga berbeda, ada yang gratis dan juga berbayar. Tentu saja yang gratis tidak akan secanggih yang berbayar. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan website-mu.

Baca juga Apa Itu WordPress? Kenali Arti, Kelebihan, dan Kekurangannya!:

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *