Tanggal:17 June 2024
ilustrasi panduan bisnis pembuatan website (pixabay.com)

5 Cara Melihat Peluang Bisnis, Perhatikan Sekitarmu Deh!

Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak 5 peluang untuk jadi ide bisnismu di bawah ini, ya!

1. Melihat potensi diri sendiri

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

Tips mencari peluang usaha yang pertama adalah dengan melihat dari dirimu sendiri, lho. Dimana kamu bisa mencari ide bisnis dari apa yang kamu sukai. Ingat untuk perhatikan kombinasi antara minat, bakat, dengan peluang yang ada di sekitarmu, ya peluang di sini bermakna fenomena yang bernilai jual gitu, ya. Percayalah saat ide bisnis itu datang dari hobi yang kamu sukai dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar atau setidaknya kamu sudah menemukan target pasar yang pas untuk merealisasikan ide bisnismu, maka peluang untuk berhasil akan sangat besar, nih. Bayangkan saja betapa menyenangkannya bisa bekerja dengan hal yang kamu sukai, pasti memicu semangat yang terus berkobar, ya.

Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap dihadapkan dengan masalah yang bisa terjadi secara terus menerus jika tidak segera dicari solusinya. Maka dari itu, permasalahan yang ada di kehidupan pribadimu mungkin saja merupakan inspirasi terbaik untuk jadi ide bisnis. Yang mana saat saat kamu mendapatkan solusi dalam menyelesaikan masalah, maka ketika itulah kamu bisa menjadikannya ide untuk memulai bisnis.

Misalnya saja, jika kamu mengalami permasalahan untuk menurunkan berat badan lalu kamu mengatasinya dengan memakanan makanan yang sehat dengan gizi-gizi tertentu yang membantu proses diet tanpa mengurangi porsi makan normal dalam sehari-hari sehingga tidak membuatmu tersiksa saat perjalanan penurunan berat badan. Nah, makanan yang kamu makan bisa jadi ide jualan dengan target orang-orang yang tengah berusaha menurunakan berat badan tanpa mengurangi porsi makan normal pada umumnya. Selain jadi menghasilkan secara finansial juga kamu memiliki teman untuk sama-sama diet, jadi bisa saling memotivasi dengan rasa yang sama, nih.

Baca Juga :

2. Memahami masalah dan kebutuhan orang lain

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

Cara sederhana seperti ini perlu dilakukan karena memang efektif untuk mengetahui langsung yang diinginkan orang. Maka dari itu, kamu perlu bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang dan profesi yang berbeda. Saling berbincang tentang hal-hal yang menjadi masalah kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu akan menginspirasi kamu untuk menemukan peluang bisnis yang baru.

Misalnya saja, tetangga saya melihat peluang bisnis dari banyaknya teman-teman pemuda yang suka nongkrong di kafe karena mempunyai layanan free WiFi. Namun para orang tua mengeluhkan jarak kafe tersebut yang jauh, sehingga khawatir dengan anak mereka yang sering pulang malam. Atas permasalahan tersebut, maka muncul ide mendirikan warung kopi sederhana di depan rumah dan memasang WiFi agar teman-temannya bisa menikmati kopi tanpa membuat orang tua mereka khawatir, nih.

Selain berdasar atas permasalahan di sekitar kita, kebutuhan masyarakat sekiyar juga bisa jadi ide bisnis, lho. Dimana masyarakat dengan keberagamannya tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Dengan melihat mata pencaharian, kebiasaan maupun kehidupan sehari-hari masyarakat, kita juga bisa menemukan cara melihat peluang pasar. Misalnya saja di desa yang mayoritas petani, kita bisa menyediakan pupuk maupun bibit tanaman. Daerah yang berdiri banyak kampus, kita bisa mendirikan bisnis persewaan kamar, warung makan, dan sejenisnya sesuaikan dengan lingkanmu, ya.

3. Melihat cara main pengusaha lain

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

Dengan mengetahui cerita pengusaha lain menjalankan bisnisnya, bisa memotivasi dan menambah wawasan, ya. Lebih lanjutnya, kamu perlu menganalisa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki pengusaha lain sehingga menjadi pengetahuan dalam mendirikan usaha sendiri nantinya. Nah, untuk urusan kelebihan kamu bisa tinjau lebih jauh lagi nih barangkali ada peluang penambahan hal baru agar ide binis tak sekadar meniru tapi juga ada modifikasi yang menjadikannya fresh. Sehingga orang-orang akan penasaran akan hal baru tersebut karena sebelumnya sudah terbiasa suka dengan produk versi lamanya lalu datang idemu dengan taburan inovasi yang mencuri perhatian mereka, dengan kata lain kamu tak perlu susah-susah untuk mencari target konsumen, nih. Kemudian urusan kelemahan yang dialami oleh pengusaha tersebut, kamu juga perlu melakukan peninjauan ulang, nih. Tujuannya ialah supaya kamu tak perlu mengalami hal yang sama dengannya, syukur-syukur kalau ketemu solusinya, ya. Kalau tak ada solusinya ya dengan mempelajari kasusnya kamu setidaknya bisa untuk menghindarinya.

Baca Juga :

4. Survei lapangan

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

Dengan survei lapangan nih, usaha apa yang telah banyak ada dan usaha apa yang belum banyak ada di lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Kemudian catatlah kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing usaha tersebut. Dengan begitu kita bisa memutuskan usaha apa yang bisa kita rintis yang sekiranya banyak diminati masyarakat sekitar,ya.

Misalnya saja, di dekat tempat tinggal Anda ada warung makan lesehan. Namun warung makan lesehan nya tidak begitu laku. Nah, setelah kamu survei dan analisis ketemulah penyebabnya yakni karena warung makan lesehan tersebut menu makanannya kurang bervariasi, tempatnya yang sempit, dan harganya yang sedikit mahal.

Atas dasar hal di atas yakni dengan memperhatikan kelemahan tersebut, kamu bisa membuka warung makan lesehan di tempat yang lebih luas dan nyaman dengan harga yang lebih ramah di kantong serta menyediakan lebih banyak macam menu makanan bahkan tak cuma memberikan solusi atas kekurangan yang ada tapi bisa kamu tambah kelebihan lain seperti pemberian dikson untuk member baru atau tersedia free wifi, ya.

5. Selalu update wawasan terbaru yang sedang trend

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

ilustrasi mencari ide binis (pixabay.com)

Nah, terkahir tapi penting untuk diterapkan ialah ide bisnis maupun pembaruan binis dengan kepemilikan pengetahuan tentang apa yang sedang trending saat ini. Yang mana informasinya dapat kita cari dengan mudah melalui :

  • media massa
  • media sosial
  • internet
  • memperhatikan apa yang sedang digemari masyarakat saat ini
  • melakukan survei lapangan usaha apa yang sudah banyak dijalankan maupun yang belum ada di lingkungan

Cara ini dinilai tepat sebagai cara mencari peluang usaha bagi pemula untuk melihat dan menemukan peluang usaha apa yang akan dirintis. Buatlah usaha dengan keunikan yang berbeda agar dapat bersaing dengan bisnis orang lain. Semakin kreatif usaha yang dibuat, maka akan makin diinginkan konsumen serta meninggalkan kesan agar terus mendatangi usahamu. Eits selain ide bisnis baru, dengan melihat perkembangan trend juga bisa memperbaharui binis kita supaya tak terlihat begitu-gitu saja, membosankan, dan tak mengikuti perkembangan yang ada, nih.

Baca Juga :

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *