Tanggal:18 May 2024

10 Marketing Tools yang Wajib Kamu Ketahui

Marketing tools (rawpixel.com)

Apa Itu Marketing Tools?

Marketing tools adalah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan. Alat ini mengacu pada teknik, strategi, dan materi untuk kebutuhan periklanan, surat langsung, dan riset pasar guna meningkatkan penjualan. Sebagian besar perusahaan menggunakan marketing tools selain meningkatkan penjualan juga untuk berfokus pada pengumpulan data konsumen sebagai cara menentukan strategi cara peningkatkan penjualan.

Baca Juga | Memahami STP Marketing dan Bagaimana Cara Penerapannya

Selain itu perusahaan juga menggunakan alat pemasaran untuk menyampaikan informasi perusahaan, merangsang minat konsumen, dan membujuk mereka untuk membuat keputusan. Untuk membangun bisnis yang baik dan berinteraksi dengan konsumen.

Jenis Marketing Tools yang Disarankan untuk Bisnis

1. Google Analytics

Ilustrasi Google Analytics (rawpixel.com)

Ilustrasi Google Analytics (rawpixel.com)

Google analytics ini dapat membantumu mendapatkan data jumlah kunjungan (traffic) yang mengunjungi websitemu. Google Analytics juga akan memberikan informasi tentang jenis pengunjung untuk menentukan rasio konversi sekaligus menentukan konten apa yang terbaik yang kamu suka dengan begitu banyak pengunjung. Kamu juga dapat menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan konversi.

2. Google ads

Google ads (ads.google.com)

Google ads (ads.google.com)

Google Ad memungkinkan pengiklan menawar kata kunci (keyword) tertentu yang sesuai untuk bisnisnya dengan tujuan agar iklan tersebut bisa muncul pada hasil pencarian Google.

3. Iklan baris

Iklan baris ini bermanfaat untuk meningkatkan calon pelanggan. Leadership yang dimaksud adalah calon konsumen. Iklan baris dapat membuat orang mengunjungi situs atau halaman tertentu. Iklan baris juga dapat menarik orang untuk mencari informasi lebih lanjut.

Baca Juga | Apa Itu Iklan Advertorial?

4. Media sosial

Media sosial (rawpixel.com)

Media sosial (rawpixel.com)

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SMM

Media sosial kini menjadi alat pemasaran yang sangat banyak digunakan masyarakat. alat pemasaran di mana Anda dapat membangun hubungan online yang interaktif dengan konsumen. Tujuannya bukan untuk mendapatkan data tentang mereka, tetapi untuk membangun kepercayaan. Blogging, posting, berbagi, dan tweeting adalah beberapa alat pemasaran yang paling popular.

Pemasaran Internet mengacu pada aktivitas pemasaran yang hanya terjadi secara online. SEO (search engine optimization) dan periklanan online adalah contoh aplikasi pemasaran Internet.

5. Mailchimp

Mailchimp merupakan tools email marketing yang paling banyak digunakan digital marketer. Dengan menggunakan Mailchimp, kamu bisa mengirim ratusan hingga ribuan email secara otomatis bahkan tanpa biaya atau gratis. Kamu dapat menjaring pelanggan baru dan bangun hubungan baik dengan pelangganmu.

Baca Juga | 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

6. Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu digital marketing tools yang bagus untuk kamu pelajari terutama untuk SEO dan SEM. Dengan Ahrefs kamu bisa mempelajari hampir semua hal tentang pesaing bisnismu melalui Ahrefs site explore dan dapat mempelajari lintas traffic pesaingmu muncul, peringkat situsnya hingga backlink yang membuat orang mengarah kepada situs tersebut. Selain itu juga kamu bisa menggunakan fitur content explorer untuk melihat jenis konten apa yang paling banyak dibagikan di situs.

Baca Juga | 10 Rekomendasi SEO Tools Terbaik dan Gratis

7. Surat langsung

surat langsung adalah bentuk pemasaran Internet yang secara khusus ditujukan untuk pelanggan potensial. Sejak munculnya Internet dan email, metode ini telah secara luas dianggap sebagai salah satu metode terbaik dalam pemasaran digital. Dengan cara ini, Anda dapat menargetkan pasar sasaran tertentu dan pasar apa pun yang dapat menarik mereka.

8. Facebook ads

Facebook (rawpixel.com)

Facebook (rawpixel.com)

Baca Juga | Cara untuk memasang iklan di Facebook

Fitur yang banyak digunakan oleh digital marketer. Dengan Facebook Ads akan memungkinkan kita untuk membidik pemirsa (audience) di Facebook yang sesuai dengan kriteria target pasar. Penargetan audiens dapat dipilih berdasarkan demografis, lokasi, minat (interest), dan perilaku (behaviours). Facebook Ads juga memungkinkan kita untuk beriklan pula dengan platform rekanan mereka seperti Instagram dan Facebook Disply Network lainnya.

9. Twitter ads

Twitter menyediakan fitur seperti promoted Tweets, Promoted Accounts, dan Promoted Trends untuk kegiatan iklan. Twitter juga menawarkan iklan dengan format website cards yang digunakan untuk mendatangkan pengunjung ke website dari Twitter dan juga ajakan untuk mengunduh aplikasi.

Baca Juga | Pengertian AIDA Beserta Contoh Penerapannya

10. Hootsuite

Menggunakan Hootsuite kamu bisa memanajemen semua channel dan segala aktivitas bisnismu atau klien melalui social media tersebut dalam satu platform saja.

Baca Juga | 10 Tools Penting yang Wajib Kamu Kuasai Saat Belajar Adobe Illustrator

Dan masih ada banyak lagi marketing tools yang bisa membantu kamu meningkatkan skala bisnis anda. Kamu harus selektif memilih marketing tools yang terbaik untuk anda jangan sampai tools yang kamu pilih tidak membantu meningkatkan bisnis anda.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *