Tanggal:14 May 2024

6 Cara Mengembangkan Kreatifitas Marketing dalam Meningkatkan Penjualan

Pemasaran digital marketing (Pixabay/ photo mix company)

Baca Juga | Mengenal Digital Marketing

Di era digitalisasi telah mengubah cara perusahaan melakukan operasi bisnis dan beriklan. Semakin meningkatnya penggunanaan media digital sangat mempengaruhi dan membentuk cara konsumen berpikir dan bertindak, dan membeli. Salah satu kunci sukses bisnis adalah meningkatnya angka penjualan, yang sudah pasti berujung pada keuntungan yang signifikan. Namun, tidak semua pemilik bisnis ternyata bisa melakukannya, karena memang hal ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada strategi yang perlu di buat , tetapi jangan pernah lupa, bahwa ide dan kreativitas harus turut berperan. 

Meningkatkan traffic pengunjung ke laman Anda. Pun, tidak sedikit pula biaya yang mungkin dikeluarkan hanya untuk membuat akun sosial media yang tepercaya, sehingga penjualan bisa meningkat dan merek Anda pun lebih dikenal.

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

Proses promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk agar bisa diterima dan dibeli oleh pasar. Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran. Bagian dari strategi pemasaran yaitu komunikatif yang bertujuan memberi informasi dan menarik perhatian konsumen, insentif yang bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu, dan mengundang agar pembelian terjadi saat atau setelah promosi dilakukan. Meningkatkan angka penjualan ada strategi yang harus diperhatikan yaitu segi kreativitas karena dalam aspek ini akan menghasilkan output yang membantu meningkatkan penjualan.

Mengapa Kreativitas Penting dalam Strategi Pemasaran?

Baca Juga | Inilah 5 Strategi Social Media Marketing yang Harus Anda Kuasai

Perdagangan elektronik menjual dengan secara online (Pixabay/ mediamodifier)

Perdagangan elektronik menjual dengan secara online (Pixabay/ mediamodifier)

Di dalam globalisasi, di mana setiap merek bersaing untuk pasang pasar dan untuk membedakan satu merek dengan merek yang lainnya. Marketing kreatif merupakan adalah salah satu strategi promosi yang bisa dilakukan untuk menjual produk. Marketing kreatif merupakan langkah untuk mempromosikan produk kepada konsumen dengan langkah yang berbasis digital dan tersebar di internet. Berikut Tips Marketing Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan

1.Membuat website

Baca Juga | 6 Langkah Membuat Website Gratis dan Cepat

Di era digital ini, memasarkan produk membuat jangkauan konsumen yang bisa melihat produk yang Anda jual jadi lebih luas. Lewat internet, Anda bisa memasarkan produk yang Anda jual lewat blog atau website yang berisikan detail produk yang Anda jual. Dan pastinya memperbarui informasi tentang produk pun menjadi kewajiban untuk menaikkan angka penjualan.

Baca Juga | 6 Cara Mengoptimalkan Website

Lewat website atau blog pula, Anda bisa memiliki toko tanpa harus membuat toko fisik yang memakan modal besar untuk menyewa tempat dan memikirkan lokasi penjualan yang strategis. Blog gratis atau domain website murah telah banyak bertebaran di internet sehingga Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas.

2. Menggunakan sosial media

Baca Juga | Inilah 5 Strategi Social Media Marketing yang Harus Anda Kuasai

Sosial media merupakan bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk dengan cara berbayara dan tidak berbayar. Media sosial merupakan salah satu platform yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi media sosial besar seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Hal inilah yang bisa menjadi potensi penjualan online bisa membludak, karena jutaan pengunjung berpotensi melihat bisnis Anda.

3. Memanfaatkan iklan

Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Saat ini banyak platform yang menyediakan produk yang gratis. Bahkan bisa dikatakan lebih efesien dan menjangkau konsumen lebih luas.

4. Membuat blog

Baca Juga | 9 Aplikasi Desain Website Terbaik, Wajib Kamu Tahu!

Adanya blog bisa menjadi salah satu sarana membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dengan memiliki blog yang berisikan konten menarik seputar produk yang ditawarkan.

5. Membuat testimoni

Baca Juga | Kata – kata Promosi Menarik untuk Bisnis Onlinemu di Instagram

Dengan menunjukkan testimonial pelanggan yang positif dalam jumlah banyak, tentu saja akan menarik minat calon pelanggan baru, sehingga penjualan online akan naik. Namun, jangan sampai Anda menunjukkan testimonial dalam jumlah banyak dalam satu waktu.

6. Memanfaatkan influencer

Dengan memanfaatkan influencer dengan istilah endorse sangat membantu meningkatkan angka penjualan. Namun cara memerlukan pengeluaran lebih banyak. Jika Anda berminat, Anda bisa memilih influencer sesuai target pasar dan bisnis Anda. 

Kepuasan Pelanggan adalah Prioritas

Sebagai pemilik suatu bisnis, kepuasan pelanggan menjadi fokus utama. Namun, kepuasan pelanggan tidak bisa dinilai hanya dari seberapa baik produk dan promosi yang Anda lakukan, pengalaman pelanggan pun perlu diperhatikan. Nah, inilah bagian penting dari kepuasan pelanggan tadi. 

Itulah strategi mengembangkan kreatifitas marketing dalam meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan untuk dapat memasarkan produk Anda ke banyak konsumen. Dengan melakukan strategi di atas, angka penjualan kamu bisa lebih meningkat dan meluas. 

Baca Juga | Strategi Efektif Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *