Tanggal:20 June 2024

10 Strategi Pemasaran di Era Digital

Ilustrasi srategi digital marketing (cermati.com)

Baca Juga | Mengenal Digital Marketing

Promosi merupakan salah satu proses paling penting dalam berbisnis. Promosi barang atau jasa dilakukan untuk diperkenalkan kepada masyarakat sehingga memiliki nilai jual. Untuk melakukan promosi tentu diperlukan strategi yang cocok dan tepat bagi sebuah bisnis itu sendiri dan ini bukanlah hal yang mudah. Strategi pemasaran yang digunakan di era digital pun berbeda dengan strategi pemasaran yang digunakan sebelumnya dengan cara tradisional/konvensional, seperti melalui media cetak, radio, televisi, dan sebagainya. Perkembangan teknologi yang terus bergerak mendorong dunia bisnis melakukan hal yang sama agar tidak kalah bersaing. Untuk itu, berikut 10 strategi pemasaran di era digital yang sudah dirangkum untuk membantu mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga | Memahami STP Marketing dan Bagaimana Cara Penerapannya

Augmented Reality Marketing

Augmented Reality AR

Visualisai orang mencoba Augmented Reality. Photo by XR Expo on Unsplash

Baca Juga | Perkembangan Teknologi Komunikasi Bagi Kalangan Anak Muda

Augmented Reality Marketing adalah kemampuan untuk menambahkan elemen digital yang membuat konsumen dapat melihat tampilan secara langsung hanya dengan bantuan kamera. Pada umumnya, perusahaan menggunakan alat ini untuk membuat konsumen dapat mencoba produk yang diinginkan sebelum dibeli secara virtual. Augmented Reality memiliki fokus untuk memberikan pengalaman unik menggunakan perkembangan teknologi yang ada. Tidak hanya itu, dengan menggunakan alat ini konsumen dapat mengetahui alat yang sesuai untuk menerapkan suatu produk.

Baca Juga | Yuk Ketahui Tentang Copywriting dan Contohnya

 Call to Action Marketing

Call to Action Marketing atau biasa disebut CTA merupakan alat pemasaran yang menggunakan pernyataan dan dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Tujuan dibuatnya CTA adalah untuk mendapatkan pindaian kode QR. Contoh penerapan Call to Action bis akita lihat pada iklan yang menggunakan kata-kata, seperti “Promo terbatas, jangan sampai ketinggalan”, “Untuk info lebih lengkap di bawah ini”, “Simak Video berikut”, dan lain-lain. 

Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya

Cloud Marketing

Baca Juga | Apa itu Viral Marketing?

Cloud marketing adalah suatu tindakan atau upaya pemasaran secara digital yang dipersonalisasi dan diintegrasi untuk meningkatkan pengalaman customer. Dengan Cloud, seluruh sumber daya atau aset perusahaan dibawa ke dunia online. Clous Marketing termasuk salah satu strategi pemasaran online yang dapat menjangkau target audiens di mana pun dan kapan pun.

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Itu Mobile Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Close Range Marketing

Baca Juga | Cara Mudah Pasang Iklan Adsense di WordPress

Cloud Range merupakan strategi pemasaran online yang memanfaatkan perangkat yang dilengkapi dengan fitur bluetooth dan Wifi, contoh smartphone, laptop, dan tablet. Bluetooth dan WIFI dimanfaatkan untuk mengirim promosi atas suatu produk maupun jasa secara langsung kepada konsumen dalam kegiatan belanja. Konsumen diberikan hak untuk menyetujui atau tidak untuk perusahaan memberikan penawaran-penawaran khusus secara rutin 

Content Marketing

Baca Juga | 6 Alasan Kenapa Dibutuhkan Content Creator dalam Promosi Bisnis

Content marketing menjadi kekuatan bagi dunia digital marketing, di sini perusahaan melakukan promosi berbentuk storytelling melalui artikel, blog, video, gambar, dan sebagainya. Konten yang dibuat harus orisinil sehingga dapat dipercaya oleh mereka yang memperoleh atau menyaksikan konten tersebut. Content marketing tidak hanya dapat meningkatkan penjualan, tetapi juga dapat meningkatkan traffic website.

Baca Juga | Berikut Tugas-Tugas Seorang Content Planner!

Email Marketing

Ilustrasi e-mail marketing (globital.ae/Michelle Smith)

Ilustrasi e-mail marketing (globital.ae/Michelle Smith)

Baca Juga | Apa Itu Email Marketing dan Seperti Apa Contohnya

Dengan email, calon pelanggan maupun yang sudah menjadi pelanggan secara berkala akan dikirimkan konten mengenai produk atau jasa yang memang mereka minati sehingga mereka tidak akan ketinggalan berita atau informasi terkait produk. Alamat email pelanggan diperoleh ketika mereka mendaftarkan diri menjadi anggota ataupun ketika mereka membeli produk untuk pertama kalinya melalui web perusahaan.

Baca Juga | 5 Rekomendasi Email Marketing Terbaik

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah suatu alat pemasaran digital yang menggunakan konten serta interaksi yang relevan dan solutif untuk membuat konsumen yang mendekatkan diri pada produk atau jasa suatu perusahaan. Strategi pemasaran ini memaksimalkan fungsi website, blog, media sosial, SEO, SEM sebagai platoform yang dapat digunakan untuk membuat konten-konten yang menarik konsumen, mengingat internet sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan penting bagi setiap orang.

Baca Juga | Pentingnya Engagement Rate untuk Bisnis Online

Online Marketing

Tampilan Logo BukaIklan by Bukalapak (Komunitas.bukalapak.com)

Tampilan Logo BukaIklan by Bukalapak (Komunitas.bukalapak.com)

Baca Juga | Penasaran Berapa Sih Harga Pasang Iklan di Times Square New York?

Iklan digital adalah iklan yang dipublikasikan melalui internet, seperti smartphone, laptop, tablet, dan komputer yang sudah terhubung dengan internet. Jenis-jenis kegiatan pemasaran online yang dapat dilakukan untuk mendapatkan perhatian konsumen adalah seperti melalui media sosial, website, email, dan sebagainya. posting-an yang diunggah di internet bisa diakses oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan strategi pemasaran online, perusahaan mendapat kemudahan dalam menjangkau audiens yang menggunakan internet di mana pun. 

Search Engine Marketing

google search engine

Google search engine. Photo by Claudio Schwarz on Unsplash

Baca Juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SEM

Search Engine Marketing (SEM) serupa dengan SEO, tetapi tidak sama. SEM menjadikan situs bisnis Anda sebagai iklan di mesin pencari (biasanya berada di posisi paling atas, bertuliskan ‘iklan’) jika keyword sesuai dengan keyword untuk situs web Anda. Perlu Anda ingat bahwa setiap klik atas situs web Anda, membuat Anda harus membayarnya, jadi pikirkan apakah keuntungan menggunakan SEO pada tipe bisnis Anda, keuntungannya setimpal dengan harga yang harus Anda bayarkan. 

Social Media Marketing

Ilustrasi social media marketing (ibrand.id)

Ilustrasi social media marketing (ibrand.id)

Social Media Marketing (SMM) atau pemasaran media sosial dapat digunakan oleh perusahaan yang ingin melakukan kegiatan promosi produk atau jasa melalui platform situs web atau platform media sosial. Social Media Marketing dibagi menjadi dua, yaitu organik dan berbayar.

Baca Juga :

Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO dan SMM

Cara Memasarkan Produk di Google

Penggunaan media sosial sebagai saluran pemasaran tetap harus melihat kecocokan dengan jenis bisnis Anda. Pada umumnya, media sosial digunakan untuk meningkatkan brand awareness sehingga bagi Anda yang ingin meningkatkan laba penjualan disarankan tidak menjadikan sosial media sebagai saluran pemasaran utama untuk bisnis Anda. Hal ini dikarenakan konversi penjualan membutuhkan waktu yang cukup lama sebab untuk menumbuhkan rasa percaya masyarakat akan suatu produk tidaklah mudah, butuh waktu.

Ingin lebih mahir melakukan digital marketing dan menjalankan strategi efektif untuk digital bisnis? Yuk ikuti kursus online Digital Marketing bersama Vocasia! klik disini untuk info selengkapnya, jangan sampai ketinggalan!

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *