Tanggal:17 June 2024
Data Analyst

5 Skill Data Analyst yang Kamu Butuhkan

Menurut survei future of jobs oleh World Economic Forum (WEF), data analyst menduduki peringkat pertama sebagai profesi yang paling bersinar di tahun 2025. Berdasarkan prediksi tersebut, seorang data analyst tentu harus meningkatkan skill nya agar dapat bertahan di dunia kerja.

Secara garis besar tugas data analyst adalah mengumpulkan, mengatur, dan menggunakan data. Tujuannya adalah untuk menarik kesimpulan sesuai dengan proyek yang diamati lalu hasil kesimpulan tersebut dapat membantu perusahaan dalam menentukan keputusan penting.

Baca juga: Apa itu Profesi Data Analyst?

Nah, buat kamu yang ingin menyelami profesi ini, kamu harus siap menghadapi persaingan yang ketat, ya. Oleh karena itu, penting untuk membekali dirimu dengan skill yang matang agar menjadi data analyst handal.

Lalu apa saja sih skill data analyst yang dibutuhkan? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Berikut 5 skill data analyst yang kamu butuhkan:

1. Structure Language Query (SQL)

SQL merupakan bahasa query yang banyak diandalkan data analyst dalam mengekstrak data dan pengambilan informasi tertentu dari database. SQL sangat berguna untuk membantu mengolah data dengan volume besar yang tidak bisa dilakukan excel. Kemampuan mengolah SQL adalah salah satu top skill yang wajib dikuasai oleh data analyst, lho. Sampai saat ini banyak server dalam sebuah database maupun software mampu mengartikan bahasa SQL.

2. Microsoft Excel

Menguasai excel adalah kemampuan paling dasar sebagai seorang data analyst. Selama bertahun-tahun, metode excel masih sangat diandalkan untuk analisis data secara ringan dan cepat, lho. Sebelum belajar menggunakan tools yang lebih advance, sebaiknya kamu tidak melewati tool yang satu ini, ya!

3. Statistik dan Matematika

Souce: Unsplash

Sebagai seorang data analyst pastinya akan selalu berhubungan dengan data dalam bentuk angka. Penting untuk menguasai skill statistik dan matematika yang mempuni agar dapat memvisualisasikan data tersebut dalam bentuk grafik, tabel, atau yang lainnya. Contoh bahasa pemrograman statistik yang sering digunakan oleh data analyst adalah R, Phyton, dan SQL. Keterampilan dalam menggunakan bahasa pemrograman dapat meningkatkan kredibilitas kamu sebagai data analyst. Skill ini penting buat kamu yang ingin menjadi data analyst profesional!

4. Data visualization

Setelah melakukan analisis dan penyusunan data, seorang data analyst diharapkan bisa membagikan hasil analisisnya kepada orang lain. Hal itu dapat dilakukan dengan membuat data visualization agar temuannya mudah dimengerti oleh user. Salah satu tool yang sering digunakan oleh data analyst dalam visualisasi data adalah Tableu.

5. Kemampuan presentasi

Source: Freepik

Meskipun tugas utama profesi ini adalah mengumpulkan dan menganalisis data, profesi ini juga tetap perlu memiliki kemampuan presentasi. Hal ini dikarenakan kemampuan presentasi akan mendukung hasil visualisasi yang telah disajikan oleh data analyst. Seorang data analyst harus menjelaskan hasil datanya dan mempresentasikannya kepada banyak orang di dalam perusahaan. Jika tidak mempunyai kemampuan presentasi yang baik, tentu membuat orang lain susah memahami dan mencerna hasil temuannya.

Itu dia 5 skill yang harus kamu kuasai untuk menjadi data analyst yang handal. Skill tersebut pasti akan sangat membantu dalam bersaing di dunia kerja nanti. Ingat, bersaing dalam dunia kerja pun harus secara sehat, ya! Contohnya yaitu dengan terus meng-upgrade ilmu dan kemampuan untuk menunjukan kualifikasi dan kredibilitasmu sebagai seorang data analyst.

Baca juga: Data Analyst vs Data Scientist: Mana Pilihan Karirmu?

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *