Tanggal:24 July 2024

Contoh Kerja Sama ASEAN dalam Bidang Sosial dan Budaya

Kerja sama ASEAN di bidang sosial budaya apa saja sih? Seperti yang kita ketahui ASEAN (Association Of South East Asian Nations) adalah organisasi kerja sama negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan berdasarkan kesepakatan lima menteri luar negeri Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, dan Filiphina pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Sebab-sebab terbentuknya ASEAN adalah karena kelima negara tesebut mengalami nasib yang sama dan ingin menciptakan satu kawasan yang stabil tanpa adanya interferensi dari negara lain. Hal ini juga untuk meningkatkan kesadaran saling pengertian dalam hidup bertetangga secara baik dan membina kerja sama yang bermanfaat di antara negara-negara kawasan yang terikat oleh pertalian sejarah dan budaya.

Yuk, kita cari tahu apa saja yang termasuk kerja sama ASEAN dalam bidang sosial dan budaya!

Baca Juga: Mengenal Ideologi Di Dunia

Kerja Sama ASEAN di Bidang Sosial dan Budaya

Adanya kerja sama di bidang sosial yang ditangani oleh Committee on Social Development (COSD) atau Komite Pengembangan Sosial. Berikut beberapa kerja sama ASEAN:

  1. Beberapa program yang dijalankan berkaitan dengan sosial budaya negara-negara ASEAN, seperti program peningkatan kesehatan, pertukaran budaya dan seni termasuk festival film ASEAN, penandatanganan kesepakatan bersama di  bidang pariwisata, yaitu ASEAN Tourism Agreement  (ATA), dan penyelenggaraan pesta olahraga Sea Games.
  2. Dibentuknya Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan Asia Tenggara atau The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) yang bertujuan untuk memajukan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan di daerah Asia Tenggara.
  3. Menyelenggarakan kerja sama dalam bidang kebudayaan dan pendidikan seperti pertukaran pelajar negara-negara ASEAN dalam Student Exchange Programme ASEAN dan mengadakan festival budaya negara-negara ASEAN pada ASEAN Culture Week.
  4. Bidang pembangunan sosial dengan menekankan kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran atau upah yang wajar.
  5. Membantu kepada kaum wanita dan pemuda dalam usaha-usaha pembangunan.
  6. Menanggulangi masalah masalah perkembangan penduduk dengan bekerja sama dengan badan-badan Internasional yang bersangkutan.
  7. Pengembangan sumber daya manusia.
  8. Peningkatan kesejahteraan.
  9. Program peningkatan kesehatan (makanan dan obat-obatan).
  10. Menanggulangi atau mengatasi masalah-masalah perkembangan penduduk.

Nah, itu dia penjelasan terkait bentuk kerja sama ASEAN di bidang sosial dan budaya beserta  manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 11 Daftar Negara di Kawasan Asia Tenggara beserta Profil Singkatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *