Tanggal:17 June 2024

Apa itu Bahasa Pemrograman Python?

Dunia IT selalu menyuguhkan berbagai kecanggihan teknologi yang mumpuni. Berkat para programmer andal, semuanya bisa tersaji dengan baik. Seperti halnya keterbacaan kode dalam bahasa pemrograman python yang membutuhkan suatu keahlian khusus.

Banyak perusahaan besar yang saat ini telah beralih menjadi berbasis digital. Seluruh datanya dialihkan menjadi berbasis digital pula. Namun, apakah kamu tahu apa itu bahasa pemrograman python? Python adalah bahasa pemrograman interpretatif yang bisa dipasang pada berbagai platform, khususnya platform yang berfokus pada keterbacaan kode. Tak hanya pandai membuat bahasa pemrograman, tetapi kamu juga harus pandai membaca kode-kode yang ada.

Baca Juga | 7 Jenis Bahasa Pemrograman Yang Akan Jadi Poin Plus Bagi Job Seeker

Python sering digunakan oleh para programmer dalam berbagai aspek. Python dapat digunakan untuk membuat prototype, scripting pengelolaan infrastruktur, maupun pembuatan website dalam skala besar. Kamu bisa memahami dan mempelajari bahasa pemrograman python menjadi suatu keahlian.

Pembuatan website berskala besar tentu membutuhkan beragam kode yang perlu diterjemahkan dengan baik. Dalam membuat prototype produk, sebuah perusahaan pasti memiliki programmer ahli dalam hal keterbacaan kode. Layaknya perangkat komputer yang mendeskripsikan apa yang dibutuhkan oleh penggunanya. Python pun perlu dibaca setiap kodenya dengan seksama.

Baca Juga | Tips Belajar Pemrograman Bagi Pemula, Wajib Tahu!

Kegunaan Python

1. Analisis Data

Ilustrasi Analisis Data (pexels)

Bahasa pemrograman python bisa kamu gunakan dalam melakukan analisis data. Berbagai data statistik dalam perangkat komputer bisa kamu terjemahkan menggunakan python. Kamu pun bisa melakukan analisis dari berbagai data yang ada. Seluruhnya bisa dimanfaatkan dalam berbagai kebutuhan sesuai apa yang kamu inginkan. Seperti halnya pembuatan website yang membutuhkan analisis data di dalamnya. Kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman jenis ini untuk melakukannya. Python juga bisa kamu gunakan untuk melakukan perhitungan statistik yang kompleks dan membuat visualisasi data.

Baca Juga | Data Analyst Vs Data Scientist: Mana Pilihan Karirmu?

2. Scripting

Ilustrasi Pembuatan Scripting (pexels)

Kamu dapat menggunakan python sebagai bahasa pembuat scripting. Phyton adalah pilihan bahasa pemrograman yang bisa menyokong proses pengembangan sistem otomatisasi dan scripting. Teknologi yang satu ini memiliki berbagai fitur dan kode yang mampu membuat scripting dengan baik. Kamu juga bisa melakukan perancangan sistem otomatis menjadi lebih mudah dengan python. Bahkan, programmer pemula pun dapat dengan mudah terjun ke dunai pembuatan scripting. Kamu bisa mempelajari setiap kode dalam bahasa pemrograman ini tentunya untuk melakukan proses pembuatan scripting yang mumpuni.

Baca Juga | 5 Website Untuk Belajar Pemrograman

3. Software Testing

Ilustrasi Software Testing (pexels)

Python juga bisa digunakan untuk melakukan software testing. Pengecekan software bisa kamu lakukan dengan bahasa pemrograman jenis ini. Python adalah tool yang dapat digunakan untuk menuntaskan tugas-tugas seperti membangun kontrol, pelacakan bug, dan testing. Kamu juga bisa melakukan pengujian seperti halnya terkait fitur-fitur untuk produk baru. Python memiliki keunggulan dalam sistem pengujian software dengan baik. Kamu pun tak perlu khawatir menggunakan python sebagai bahasa pemrograman untuk melakukan software testing, ya.

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Software Testing

4. Kegunaan di Luar Dunia IT

Ilustrasi Perhitungan Data (pexels)

Bahasa pemrograman python bisa kamu gunakan dalam bidang science. Mulai dari pengelolaan data hingga perhitungan data statistik bisa kamu lakukan. Python juga bermanfaat dalam bidang social media marketing. Kamu bisa melakukan pengecekan berbagai data terkait media sosial menggunakan bahasa pemrograman jenis ini. Python juga bisa digunakan dalam keperluan sehari-hari. Misalnya saja mengonversi teks ke spreadsheet atau mengisi form online secara otomatis. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan pasar saham atau crypto menggunakan teknologi ini.

Baca Juga | Programmer: Pengertian, Tugas, Skill, Dan Gaji

Keunggulan Python

1. Konsep desain bagus dan sederhana

Python adalah bahasa pemrograman yang mengusung konsep desain bagus dan sederhana. Tak hanya itu, python juga berfokus pada kemudahan pengguna. Kamu akan disuguhkan berbagai kemudahan dalam membaca setiap kode di dalamnya. Melakukan beragam hal seperti membaca, mempelajari, menggunakan ulang, dan merawat Python dinilai sebagai tugas yang cukup mudah. Bahkan untuk kamu sebagai pemula sekalipun tentu bisa melakukannya. Python tentu saja memiliki keunggulan desain dan konsep sederhana dibanding bahasa pemrograman yang lain.

Baca Juga | 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik Di 2022

2. Menghemat waktu programmer

Konsep yang sederhana sehingga setiap orang mampu memahami setiap kode di dalamnya. Hal ini tentu saja mempersingkat waktu programmer. Kamu bisa membuat program baru lainnya setelah mengerjakan menggunakan python. Bahasa pemrograman python memang dirancang untuk melakukan tugas secara efisien. Kamu tak perlu risau saat menggunakannya menjadi sebuah program. Membaca setiap kode dengan mudah dan menciptakan program dengan baik. Tentu saja sangat membuat proses kerja programmer menjadi lebih singkat.

Baca Juga | Apa Itu Blender 3D? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

3.Dukungan penuh dari berbagai sistem operasi

Sistem operasi apa pun yang kamu pakai mampu mendukung bahasa pemrograman python dengan baik. Mulai dari sistem Linux, Mac OS X, atau Windows semuanya bisa men-support dengan maksimal. Python adalah senjata bagi program agar bisa dijalankan dengan mulus. Perancangan dan pembuatan kode bisa dilakukan dengan maksimal melalui bahasa pemrograman jenis ini. Dukungan penuh dari berbagai sistem operasi ini membuat kamu lebih mudah mempelajari dan menciptakan banyak program bersama python.

Nah, itulah pemaparan terkait bahasa pemrograman python. Kamu bisa menggunakannya dengan mudah terutama tentang keterbacaan kode. Bahasa pemrograman jenis ini membuat kamu menjadi lebih mudah dalam melakukan berbagai proses kerja. Misalnya saja pembuatan program hingga pembuatan website baru. Pelajari dan pahami dengan baik, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga | Cara Memulai Coding: Panduan Untuk Pemula

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *