Tanggal:21 April 2024

8 Investasi Menguntungkan bagi Pemula Tahun 2022

Akhir-akhir ini, Indonesia sedang digemparkan dengan hal-hal yang berbau investasi. Dengan cara ini, aset atau harta seseorang dapat bertambah banyak dalam waktu tertentu. Bahkan, beberapa jenis investasi hanya menganjurkan investornya untuk menunggu, duduk manis, dan tidak berbuat apa-apa.

Sayangnya, meskipun keuntungan yang didapatkan sangat besar, risikonya juga tak kalah mengerikan. Risiko dari kegiatan investasi jumlahnya bergantung seberapa banyak uang yang diinvestasikan. Nyatanya, hal ini menjadi pertimbangan rumit seseorang saat memutuskan untuk berinvestasi, lho. 

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena tidak semua investor akan mengalami hal tersebut. Kejadian-kejadian seperti demikian sangat wajar dialami oleh para investor pemula yang gegabah, asal pilih, dan tidak memahami trik dari investasi. Akibatnya, langkah yang diambil termasuk dalam kriteria yang kurang tepat. 

Baca Juga: Instrumen Keuangan: Pengertian, Jenis, Contoh Di Pasar Modal Indonesia!

Selain memahami cara berinvestasi, tempat investasi juga menjadi faktor paling mempengaruhi berhasil atau tidaknya kegiatan tersebut. Beberapa jenis investasi termasuk diakui secara resmi oleh pemerintah, sementara beberapa lainnya tidak. Oleh karena itu, kamu harus memilihnya secara selektif.

Apa saja jenis investasi menguntungkan yang cocok untuk pemula? Mengapa ia termasuk dalam jenis investasi aman? Simak pembahasan selengkapnya mengenai jenis-jenis investasi dan keunggulannya pada pemaparan di bawah ini. Jangan lupa untuk mencermati hingga akhir, ya!

Baca juga: 6 Jenis Investasi Jangka Panjang

Daftar Investasi Menguntungkan bagi Pemula

Jenis Investasi Menguntungkan (Source: pixabay)

Seperti yang kita ketahui, beberapa influencer tersandung kasus penipuan karena mempromosikan jenis investasi bodong. Sebenarnya, jenis investasi tersebutlah yang kerap memakan korban dan sangat merugikan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus benar-benar memilah dan memilih jenis investasi legal yang menguntungkan. Berikut adalah rekomendasi investasi yang menguntungkan dan dapat dipercaya menurut Vocasia:

1. Reksadana

Jenis investasi menguntungkan yang pertama adalah reksadana. Reksadana terbagi atas beberapa kriteria, akan tetapi yang paling menguntungkan adalah reksadana pasar uang. Bagi pemula, investasi ini cukup mudah dipelajari dan dilakukan. Investor hanya perlu menyalurkan hartanya, kemudian akan disalurkan kembali oleh pihak reksadana pada berbagai efek atau instrumen di pasar modal. Bahkan, besaran uang untuk memulai investasi ini juga terbilang minim.

2. Deposito

Sistem deposito dapat disamakan dengan menabung. Perbedaannya hanya terletak pada bunga yang akan didapatkan. Melalui deposito, tinggi atau rendahnya keuntungan bergantung pada banyaknya uang yang diinvestasikan dan lama waktu investasi atau tenor.

3. Emas batangan

Selanjutnya adalah investasi berupa barang yaitu emas batangan. Emas batangan adalah investasi yang dapat digunakan untuk jangka waktu panjang. Naik dan turunnya harga emas menentukan untung atau ruginya investasi. Oleh karena itu, jika ingin untung, kamu harus menjualnya saat harga emas sedang tinggi.

Baca Juga: Perbedaan Emas Putih Dan Emas Kuning, Lebih Untung Mana?

4. Saham

Saham (Source: pixabay)

Jenis investasi selanjutnya adalah saham. Mungkin bagi sebagian orang pegiat bisnis, saham adalah investasi yang sudah tidak asing lagi. Bahkan, penanaman saham di perusahaan-perusahaan besar menjadi salah satu upaya untuk memperbesar keuntungan. 

Hanya dengan menitipkan sejumlah harta dengan besaran yang sesuai kebutuhan masing-masing, kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat. Namun, semua itu dapat terjadi apabila pendapatan perusahaan juga meningkat. Risiko yang akan kamu dapatkan juga tak main-main saat kondisi perusahaan tidak stabil. Oleh karena itu, investor harus benar-benar mempelajari profil perusahaan sebelum memutuskan untuk menanam saham.

Baca Juga: 6 Aplikasi Saham Untuk Pemula, Sudah Terdaftar OJK!

5. P2P Lending

Dibanding dengan jenis investasi lainnya, peer-to-peer lending adalah investasi paling menguntungkan untuk pemula. Sistemnya yang terbilang mudah membuat para pemula dapat mengikuti prosesnya secara cepat. 

P2p lending memiliki konsep berupa peminjaman. Jadi, hartamu yang diinvestasikan akan digunakan untuk membantu UMKM yang keuntungannya akan didapatkan setelah UMKM tersebut balik modal. Tak perlu khawatir dengan investasi yang satu ini karena ia dilindungi oleh otoritas jasa keuangan.

6. Trading crypto

Trading Crypto (Source: pixabay)

Tren trading crypto menjadi investasi yang digandrungi oleh anak muda akhir-akhir ini. Dibandingkan dengan yang lain, jenis investasi berupa trading sangat tricky dan membutuhkan analisis teknikal. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kematangan pemahaman sebelum terjun dalam dunia tersebut. Beberapa jenis aset yang disediakan antara lain adalah Bitcoin, Dogecoin, dan Ethereum. 

Baca juga: Tren Trading di Kalangan Anak Muda. Simak Tipsnya!

7. Obligasi ritel

Obligasi ritel adalah obligasi terpercaya yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga, ia terjamin sangat aman karena dilindungi oleh otoritas jasa keuangan. Meskipun memiliki nama obligasi, jenis satu ini memiliki besaran merakyat yang dapat diikuti oleh masyarakat menengah ke bawah.

Baca Juga: Apa Itu Obligasi: Definisi, Jenis, Dan Contohnya

8. Properti

Selain emas batangan, kamu juga dapat melakukan investasi dalam bentuk fisik lainnya. Jenis investasi tersebut adalah investasi properti. Biasanya beberapa aset yang dapat diinvestasikan di antaranya adalah rumah, kos, hingga ruko. Akan tetapi, investasi jenis ini menbutuhkan dana yang cukup besar untuk keperluan bangunan dan administrasi.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Properti, Modal Bukan Masalah Besar!

Penutup

Kini kamu telah sampai pada penghujung artikel. Jika mencermati dengan saksama, tentu kamu telah memahami seluk-beluk investasi dan jenisnya dengan baik. Berdasarkan hal tersebut, cobalah beberapa jenis investasi yang telah direkomendasikan oleh Vocasia. Tak perlu khawatir karena investasi-investasi tersebut cukup aman dan diakui legalitasnya. Namun, kamu tetap harus selektif memilih perusahaan untuk menitipkan sedikit hartamu, ya.

Selain memilih jenis investasi, ternyata memahami trik dan cara berinvestasi juga langkah yang perlu diperhatikan, lho. Oleh karena itu, kamu dapat mengikuti kursus atau pelatihan mengenai hal tersebut. Vocasia menyediakan kursus seputar trading dan saham yang dapat kamu ikuti secara GRATIS. Yuk, daftar sekarang juga pada tautan berikut.

Baca juga: 13 Broker Saham Terbaik di Indonesia, Yuk Investasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *