Tanggal:29 April 2024

9 Strategi Promosi Untuk Mengembangkan Bisnismu!

 

Dalam dunia bisnis, kamu pasti tahu bahwa berbisnis bukan hanya soal memperjualbelikan barang ataupun jasa. Promosi dibutuhkan untuk meningkatkan sebuah bisnis. Namun untuk mempromosikan bisnismu, kamu perlu beberapa strategi demi kelancaran bisnis kamu.

Ada beberapa pilihan strategi promosi untuk meningkatkan bisnismu, lho. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa strategi promosi yang sudah Vocasia rangkum di bawah ini. Yuk simak beberapa strategi promosi yang telah Vocasia siapkan untuk kamu!

9 Strategi Promosi untuk Meningkatkan Bisnis

1. Pemasaran Media Sosial

Berkembangnya internet di dunia termasuk di Indonesia membuat media sosial dipakai banyak orang untuk strategi promosi mereka, mulai dari mencari teman hingga mempromosikan usaha. media sosial menjadi sarana yang paling jitu untuk memasarkan produk maupun jasa apapun.

Fitur-fitur yang tersedia di berbagai media sosial saat ini sangat mendukung untuk memasarkan berbagai bisnis. Salah satu contoh media sosial yang sering menjadi langganan untuk berbisnis adalah Instagram.

Media sosial yang dikhususkan untuk mengunggah foto dan video ini sangat baik untuk berbisnis. Tidak hanya itu, penggunaan tagar dalam Instagram mampu untuk menjaring konsumen baru. Dengan adanya media sosial, pemasaran produk menjadi lebih mudah, efektif, dan hemat biaya.

Baca Juga : Sosial Media Marketing

2. Membuat Website

Selain menggunakan media sosial, membuat website menjadi strategi promosi yang tepat untuk memasarkan berbagai bisnis saat ini. Adanya website ini membuat bisnis yang dipromosikan menjadi lebih layak dan profesional. Contoh mudahnya adalah seseorang yang memiliki usaha dekorasi pernikahan.

Agar lebih profesional, si pemilik usaha tidak hanya menggunakan media sosial namun juga bisa menggunakan website. Hal ini bertujuan untuk membuat usaha yang digeluti orang tersebut dikenal banyak orang dan bisa dicari di mesin pencari seperti Google. Membuat website sebagai strategi pemasaran bisa dibilang gampang-gampang susah.

Baca Juga : 6 Langkah Membuat Website Gratis

3. Penjualan Melalui Marketplace

Tidak hanya sosial media saja yang ramai digunakan akibat berkembangnya internet, kemunculan marketplace juga menjadi imbas perkembangan internet. Tidak hanya satu situs saja yang berkembang di Indonesia, namun ada sekitar puluhan bahkan ratusan marketplace.

Setiap marketplace juga memiliki fitur sendiri-sendiri yang berbeda. Menggunakan marketplace menjadi strategi promosi yang tepat karena di marketplace bisnis yang dijalankan bisa dipasarkan dengan kategori tertentu.

Baca Juga : Apa itu Marketplace

4. Membuat Video Promosi Melalui Youtube

Mendengar kata YouTube tentu yang terbayang adalah platform yang berisi banyak video dengan berbagai kategori. Misal kategori gaming, horror, vlog, dan lain-lain. Tidak hanya sebagai media untuk membuat konten, YouTube menjadi sarana yang tepat untuk menjadi strategi promosi untuk usaha. Hal ini dikarenakan video lebih mudah menarik perhatian orang dibandingkan dengan teks.

Baca Juga : Tips Mempromosikan Video Youtube

5. Pemasaran Dengan Menggunakan Meme

Memasarkan bisnis melalui media sosial memang sangat jitu, akan tetapi pernahkah memasarkan produk dengan menggunakan meme? Jika usaha yang dijalankan menyasar ke kalangan muda, akan lebih jitu dengan menggunakan meme. Strategi promosi ini termasuk strategi promosi kekinian dan juga mudah untuk diingat banyak orang.

6. Endorsement Selebgram

Dengan perkembangan internet dan juga Instagram membuat orang-orang dengan followers banyak di Instagram menjadi pusat perhatian. Istilah kekinian untuk orang-orang seperti itu adalah selebgram atau selebriti instagram. Adanya para selebgram ini sangat memudahkan untuk menjadi strategi promosi produk melalui cara endorsement.

Para selebgram ini bisa dihubungi melalui pesan di Instagram atau direct message untuk bertanya mengenai harga endorsement. Endorsement dalam Instagram juga memiliki nama lain yaitu paid promote atau promosi berbayar. Jadi dengan adanya endorsement, usaha yang dijalankan akan semakin dikenal banyak orang karena dipromosikan oleh selebgram.

Baca Juga : Menentukan Influencer Untuk Promosi Bisnis

7. Membuat Spanduk Atau Brosur Menarik

Tentunya di jalan raya sering ditemukan beberapa spanduk menarik yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub dengan spanduk tersebut. Ada juga spanduk yang dikibarkan di jalanan dengan jumlah banyak tiap meternya. Hal tersebut menjadi contoh strategi promosi yang unik namun menyebalkan. Cara seperti ini bagai pisau bermata dua, bisa menguntungkan dan bisa saja merugikan.

8. Memahami Target Pasar Produk

Sebelum melakukan strategi promosi di atas, tentunya para pengusaha harus paham produk yang dipromosikan ini akan menyasar ke kalangan mana. Contohnya jika kalangan muda menjadi sasaran produk, maka pemasaran via media sosial seperti Instagram bisa menjadi pilihan.

Baca Juga : Memahami STP Marketing

9. Masuk Ke Komunitas Sesama Pebisnis

Dalam menjalankan bisnis tentu tidak bisa sendirian, setidaknya seorang pebisnis harus membutuhkan rekan sesama pebisnis. Adanya rekan sesama pebisnis ini bertujuan untuk saling berbagi mengenai bisnis yang dijalankan, berbagi tips promosi, serta tidak jarang berkolaborasi untuk membuat usaha baru.

Baca Juga : Mengenal Komunikasi Bisnis

Kursus digital marketing
scale up bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *