Tanggal:20 September 2024

5 Rekomendasi Buku Social Media Marketing

Media sosial saat ini bukan sekedar menjadi platform eksistensi indiviadual saja, melainkan juga dimanfaatkan sebagai platform promosi terbaik dalam dunia bisnis. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga saat ini yang sedang tren yaitu Tiktok.

Masing-masing platform mempunyai karakter dan kinerja algoritma tersendiri dan senantiasa akan berubah-ubah. Oleh karena itu, butuh strategi khusus dan berbeda-beda agar brand atau produk yang kamu promosikan mudah ditargetkan kepada para user di masing-masing platform sosial media.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis melalui platform sosmed, tapi bingung harus belajar dari mana. Mungkin 5 rekomendasi buku social media marketing dibawah ini bisa membantu kamu

1. Non-Obvious: How to Predict Trends and Win the Future (2018): Rohit Bhargaya

Amazon.com

Salah satu kewajiban pengelola sosial media yaitu mengetahui tren yang sedang berjalan. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu strategi konten untuk mempromosikan bisnismu.

Dari buku Non-obsious ini akan membantu kamu untuk terus up-date pada tren. Buku ini juga memberi informasi tentang 15 tren yang terbagi ke dalam 5 kategori. Agar kamu belajar bagaimana memaksimalkan kekuatan berpikir “out of the box” yang bisa mengembangkan bisnismu.

Selain itu, buku ini juga mengajarkan kamu cara memprediksi tren yang akan terjadi di masa depan dan implementasinya pada strategi media sosial.

2. Start With Why : Simon Sinek

Gramedia.com

Mengapa mulai dengan mengapa?

Buku ini memang tidak menjelaskan secara spesifik mengenai pemasaran social media, tapi dalam dunia bisnis membuat keputusan yang tepat menjadi salah satu strategi penting .

Maka dari itu buku ini akan mengajarkan kamu jika ingin memulai sesuatu harus dengan alasan yang jelas. Dimulai dari pertanyaan “mengapa?”. Misalnya, “Mengapa kamu harus memulai bisnis ini ?”, “mengapa kamu harus mebuat iklan di sosmed?”, “menagapa Tiktok menjadi platform terbaik untuk promosi bisnis” dll.

Baca juga: 10 Inspirasi Bisnis Usaha Di 2022, Auto Cuan!

3. Content Mavericks: How to Grow Your Business with Insanely Shareable Content (2017): Andrew and Pete

Amazon.com

Membuat konten yang menarik menjadi bagian terpenting dalam strategi marketing. Dengan banyaknya persaingan bisnis di luar sana menjadi suatu tantangan untuk menciptakan konten itu sendiri agar dapat menghipnotis banyak pelanggan. Disinilah social media marketing dibutuhkan dalam perencanaan konten tersebut.

Dalam buku social media marketing ini, Andrew dan Pete memberikan kamu informasi penting mengenai tujuh tahap perencanaan untuk membuat kontek media sosial yang akan disukai orang dan juga meningkatkan jumlah penjualan.

Baca juga : Mau Memulai Bisnis Tapi Terhalang Modal? Coba Cek 4 Ide Bisnis Ini!

4. This is Marketing : You Can’t Be Seen Until You Learn To see : Seth Godin

Gramedia.com

Tidak ada seorang ahli yang tidak menguasai teknik dasar. Terkadang, orang menjadi hebat justru karena melatih teknik dasarnya dengan konsisten.Karenanya, sebelum jauh mengelola media sosial, tim pemasaran juga sudah harus menguasai teori dasar marketing secara umum.

Buku yang disusun inspirator ulung, Seth Godin, ini berisi seluk-belum dunia marketing. Mulai dari cara membangun kepercayaan, membidik target pasar, hingga seni memposisikan diri.

Godin juga mengungkapkan alasan mengapa cara terbaik untuk mencapai tujuan pemasaran ialah dengan membantu orang lain. Wawasan dan contoh kasus dalam buku ini akan sedikit membuat kamu menyusun ulang strategi marketing yang selama ini diterapkan.

5. Crushing IT!: How Great Entrepreneurs Build Their Business and Influence and How You Can Too (2018): Gary Vaynerchuk

Amazon.com

Terakhir ini yang terpenting. Gary Vaynerchuk penulis yang memenangkan New York Times bestselling author sebanyak empat kali ini menawarkan pelajaran dan inspirasi berdasarkan pengalaman puluhan influencer dan pengusaha yang membangun bisnis pribadi mereka.

Dalam buku ini, Gary menjelaskan bahwa personal brand yang jelas adalah kunci dari kesuksesan pemasaran online. Buku ini membahas hampir seluruh media sosial yang banyak digunakan. Sehingga siapa saja bisa mengetahui cara memperkuat personal branding yang mereka punya pada masing-masing media sosial.

Baca juga: Apa Itu Personal Branding? Bangun Citra Dirimu Yang Unik!

Selain dari buku-buku diatas, kamu juga bisa mencari informasi mengenai bootcamp atau kursus-kursus online di platform tepercaya agar kamu bisa mepersiapkannya dengan matang sebelum melakukannya.

Maka dari itu, Vocasia juga dapat menyediakan pelatihan khusus untuk kamu yang berniat untuk memulai bisnis melalui sosial media marketing. Informasi lebih lanjut klik link di sini.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *