Tanggal:07 May 2024

8 Gerakan Olahraga Peninggi Badan yang Terbukti Ampuh 

Postur tubuh pendek kerap kali dianggap kurang menarik dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Banyak orang ingin memiliki tinggi badan yang ideal, tetapi memilih cara yang instan, seperti mengonsumsi obat dan susu peninggi badan. Padahal, ada cara yang lebih alami dan tidak memberikan efek buruk untuk jangka panjang. 

Olahraga peninggi badan adalah solusi terbaik buat kamu yang insecure dengan tinggi badan. Pasalnya, tak jarang orang enggan melakukan olahraga karena kesulitan mengalokasikan waktu dengan berbagai kesibukan, seperti bekerja, kuliah, ataupun lainnya. Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Artikel ini akan membahas jenis olahraga peninggi badan yang dapat kamu lakukan setiap hari tanpa membutuhkan durasi yang lama. Simak terus ya!

Jogging

Sumber: Freepik

Jogging merupakan olahraga paling populer yang sering dilakukan sebagian besar orang. Pasalnya, olahraga yang satu ini mudah dilakukan oleh semua orang. Olahraga ini memberi manfaat untuk kekuatan otot kaki. Namun, tidak hanya itu, jogging juga bisa membuat kaki lebih panjang. Kamu bisa melakukannya pada pagi hari sebelum beraktivitas atau bisa juga dilakukan pada sore hari. Selain itu, Sobat Vocasia juga bisa melakukan jogging di rumah dengan menggunakan treadmill. Olahraga yang satu ini akan terasa lebih menyenangkan apabila dilakukan sambil mendengarkan musik. 

1. Skipping

Sumber: Freepik

Siapa yang nggak kenal olahraga skipping? Skipping atau yang sering kita sebut lompat tali merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan bahkan biasanya dijadikan sebuah permainan oleh anak-anak kecil. Bukan hanya menyenangkan, tapi skipping juga bisa membuat tubuh menjadi lebih tinggi, loh. Untuk meminimalisir resiko cedera, lakukan gerakan ini dengan fokus dan pastikan kedua kaki melompat bersamaan.

Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan media tali. Skipping lebih baik dilakukan di luar rumah atau ruangan yang luas agar tali tidak mengenai barang-barang di sekitar. Untuk media tali, kamu bisa menggunakan karet gelang yang diikat menjadi sebuah tali sebagai alternatif.

Baca juga | 10 Gerakan Pemanasan Dasar Sebelum Olahraga Untuk Cegah Cedera

2. Pull Up

Sumber: Freepik

Sudah pernah melakukan pull up? Olahraga peninggi badan yang satu ini memang terasa berat saat kamu melakukanya pertama kali. Namun, jika sudah terbiasa melakukan, olahraga ini akan terasa ringan. Olahraga ini dilakukan dengan cara menahan badan menggunakan kedua tangan pada pull up bar. Lakukan olahraga ini secara rutin untuk menghasilkan badan yang lebih tinggi.

3. Spot Jump

Hampir sama seperti skipping, spot jump dilakukan dengan cara melompat, tetapi tidak menggunakan media tali media tali. Olahraga yang satu ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Mula-mula, posisikan diri dalam keadaan jongkok, lompatlah setinggi mungkin, dan kembalilah ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sesuai kesanggupanmu, tetapi durasi ideal bagi pemula sekitar 10 menit setiap harinya.

4. Berenang

Sumber: Freepik

Olahraga peninggi badan selanjutnya yaitu berenang. Berenang termasuk salah satu cara untuk meninggikan badan secara alami. Pasalnya, olahraga renang ini dilakukan menggunakan kaki, tubuh, dan lengan untuk mengembangkan otot, sehingga olahraga ini berpotensi untuk menambah tinggi badan. Olahraga yang satu ini ideal dilakukan 2 sampai 3 hari sekali. Namun, sebenarnya tidak ada acuan mutlak mengenai durasi berenang karena selain bermanfaat untuk membuat badan tinggi, berenang juga memberi manfaat untuk kesehatan paru-paru.

5. Basket

Sumber: Pixabay

Basket merupakan olahraga peninggi badan yang populer. Olahraga ini melatih otot, pertumbuhan, dan ketegangan otot. Olahraga basket membutuhkan gerakan lari dan lompat yang baik untuk pertumbuhan. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan, ikuti lah olahraga basket yang ada di sekolah, kampus, ataupun klub basket lainnya. 

Baca juga | 7 Gerakan Olahraga Untuk Mengecilkan Paha, Dijamin Ampuh!

6. Low Lunge Arch

Sumber: Pixabay

Low lunge arch adalah salah satu gerakan yoga yang bisa meninggikan badan. Melalui pose yoga yang satu ini, kamu bisa membuat kaki dan tulang punggu menjadi lebih panjang. Cara melakukan gerakan ini yaitu dengan mengunci kedua telapak tangan dengan jadi, kemudian rentangkan ke depan. Tekuk kaki kanan atau kiri ke depan, sementara kaki yang lain renggangkan ke belakang.  Tahan selama 30-60 detik. Lakukan gerakan yang sama dengan menukar posisi kaki sebanyak 3-4 set.

7. Cobra Stretch

Sumber: Pixabay

Cobra stretch menjadi salah satu gerakan populer pada olahraga yoga. Dengan lengan menjadi penopang, mulailah berbaring tengkurap pada matras atau lantai, kemudian tempatkan dua telapak tangan sejajar di bawah bahu.  Angkat dagu dan regangkan tulang belakang sejauh mungkin. Tahan posisi ini selama 30 detik, dan kembali ke posisi awal, ulangi sebanyak 3-4 set.

Gerakan ini dapat menguatkan otot perut, leher, dan bahu. Tidak hanya itu, jika kamu melakukannya dengan teknik yang benar, tulang punggung akan ikut dilenturkan. 

8. Side Stretch

Sumber: Pixabay

Side stretch menjadi salah satu cara untuk menambah tinggi badan, sobat Vocasia. Cara melakukannya cukup mudah, mulailah berdiri tegap dan genggam kedua tanganmu dan bentangkan ke atas kepala. Kamu dapat membuka kakimu sedikit untuk menjaga keseimbangan. Kemudian, tekuk bagian tubuh atas ke arah kiri dan kanan secara bergantian. Tahan posisi masing-masing selama 20-30 detik.

Baca juga | 5 Gerakan Wajib Olahraga Untuk Menambah Berat Badan

Nah, itulah dia cara menambah tinggi badan yang bisa kamu lakukan dengan berolahraga yang cukup sederhana. Olahraga juga bisa kamu manfaatkan untuk mengisi waktu luang dan menjaga fisik agar tetap bugar. Namun, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas. Wow, bagaimana caranya? Melalui kursus yang ada di Vocasia waktu luangmu akan tetap produktif. 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *