Tanggal:17 September 2024

Alat Musik Kordofon, Contoh-Contohnya Apa Saja?

Alat musik merupakan salah satu instrumen dalam dunia musik yang dapat kamu gunakan untuk memenuhi sebuah lagu contohnya. Dengan alat musik, kamu dapat menciptakan sebuah irama dan melodi. Alat musik sendiri terbagi menjadi tiga yang didasarkan oleh fungsi, bunyi dan cara memainkannya. Hal tersebut menyatakan bahwa alat musik memiliki perbedaan dan keunikannya sendiri-sendiri. 

Yang pertama ada yang berdasarkan fungsi yang dibagi menjadi tiga, melodis, ritmis dan harmonis. Lalu yang kedua adalah yang berdasarkan cara memainkannya, dipukul, dipetik, digesek, ditekan dan ditiup. Dan yang terakhir berdasarkan bunyi, yaitu Idiofon, Membrafon, Kordofon, Aerofon, dan Elektrofon. Kira-kira, kamu sudah tahu belum kita akan membahas yang mana dari sumber bunyinya? Jika kamu menjawab kordofon, berarti jawaban kamu benar! 

Apa sih kordofon itu? Kordofon adalah sumber bunyi dari alat musik yang memiliki dawai atau senar di bagian tubuh alat musik tersebut. Bunyi yang dihasilkan dari alat-alat musik kordofon itu berasal dari senar atau dawai tersebut. Suara tersebut biasanya dimainkan dengan cara dipetik atau digesek, contohnya saja seperti gitar, biola, ukulele dan harpa. Bagi kamu yang belum terlalu tahu akan alat-alat musik kordofon, kita simak dan pelajari bareng yuk! Ada apa aja ya?

1. Gitar 

Guitar
Guitar. Photo: Pixabay

Alat musik yang satu ini merupakan salah satu alat musik yang sangat populer di kalangan masyarakat. Dengan bahan dasar kayu, alat musik gitar ini memainkannya dengan cara dipetik melalui senar-senar yang terdapat di gitar. Ada total 6 senar dalam gitar yang terbuat dari bahan baja ataupun nilon. Gitar memiliki dua jenis kategori, yaitu gitar akustik dan elektrik. Kamu sudah pernah coba memainkan salah satunya belum?

Baca Juga | Lagu Indie yang Romantis

2. Gitar Bass Elektrik 

Bass Guitar
Bass Guitar. Photo: Pixabay

Kalau tadi kita sudah membahas gitar biasa yang memiliki dua jenis kategori, kalau yang satu ini berbeda lagi lho. Bagaimana tidak, gitar bass elektrik ini memiliki fungsi untuk yang sama tetapi memiliki spesifikasi yang sangat jauh berbeda dari gitar-gitar biasanya. Dari beratnya saja, gitar ini sangat berat dibandingkan gitar lainnya. Selain itu, gitar ini harus menggunakan listrik untuk dipakai dan tampilannya yang besar. Fakta lainnya juga lehernya yang panjang dan senarnya hanya empat!

3. Drum 

Drum
Drum. Photo: Pixabay

Selain gitar, drum juga merupakan salah satu alat musik yang sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Drum merupakan salah satu alat musik kordofon dan masuk dalam tipe dan jenis alat musik perkusi lho! Genre-genre yang biasanya menggunakan sebuah drum adalah pop, rock, jazz dan genre musik modern lainnya! Bahan dasar drum sendiri terbuat dari kulit binatang atau bahan sintetis.

Baca Juga | Contoh Alat Musik Tradisional Ritmis

4. Biola 

Violin. Photo: Pixabay

Alat musik yang satu ini hampir memiliki bentuk yang sama dengan gitar. Tetapi, perbedaanya adalah biola menggunakan busur untuk memainkannya, dan kamu harus menggeseknya untuk memainkannya. Di biola, terdapat empat senar yaitu G, D, A dan E. Terdapat juga beberapa jenis biola yaitu viola, cello, double bass dan musikus. Jika kamu memainkan sebuah biola, kamu biasanya akan dipanggil dengan julukan violinist atau fiddle!

5. Piano 

Piano
Piano. Photo: Pixabay

Piano merupakan salah satu alat musik yang sangat besar dan berat. Tetapi karena itu, piano memiliki senar/dawai di dalamnya yang membuat alat musik ini termasuk alat musik kordofon. Cara memainkannya sendiri adalah dengan menekan tuts di piano. Juga, terdapat dua jenis piano, yaitu piano akustik dan piano elektronik. Kamu sudah pernah mencoba memainkan sebuah piano belum?

Baca Juga | Contoh Alat Musik Melodis Modern

6. Ukulele

Ukulele
Ukulele. Photo: Pixabay

Ini gitar bukan sih? Kok bentuknya seperti gitar? Kamu bisa saja mengatakan ini gitar karena bentuk dan spesifikasi yang dimiliki oleh alat musik yang satu ini. Tetapi, nama alat musik ini bukan gitar, tetapi ukulele! Jadi ukulele itu apa sih? Kok mirip gitar? Iya, memang ukulele memiliki kemiripan dengan gitar tetapi kedua alat musik tersebut sangat berbeda. Ukulele adalah sebuah gitar yang memiliki ukuran mini atau kecil. Perbedaan lainnya juga dapat kamu temukan dimana ukulele memiliki tuningnya sendiri. Kamu tim gitar atau ukulele nih?

Kamu pernah memainkan alat-alat musik kordofon yang mana aja nih?

Baca Juga :

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *