Tanggal:10 May 2024

9 Jenis Alat Musik Melodis Modern

1. Piano

Piano – Source : https://i0.wp.com/

Piano adalah salah satu alat musik melodis yang paling umum digunakan dan dikenal banyak orang.Seorang pemain piano dikenal dengan sebutan ‘pianis. Bentuk dari piano sendiri umumnya berukuran besar dan dilengkapi dengan pedal.Piano memiliki banyak fungsi, mulai dari menciptakan lagu, mengiringi sebuah lagu, hingga mengiringi berbagai genre musik.

2. Akordeon

Akordeon – Source : Pixabay

Akordeon adalah alat musik sejenis organ yang juga dilengkapi dengan tuts.Bentuk dari alat musik ini relatif kecil, sehingga bisa dimainkan dengan cara digantungkan di badan.Awal mulanya, akordeon diciptakan oleh C.F.L. Buschmann dari Berlin – Jerman.Fungsi akordeon ini seringkali digunakan untuk mengiringi musik religi, rakyat, klasik, hingga modern.

5. Elektrik Gitar

Electric Guitar ErnieBall Musicman – Source : https://www.music-man.com/

Gitar elektrik merupakan alat musik paling populer dan sering dijumpai karena bisa digunakan untuk mengiringi hampir seluruh genre.Alat musik ini pun cara memainkannya sangat fleksibel dan terdapat berbagai teknik yang bisa dipelajari.Secara umum, fungsi gitar adalah sebagai ritem atau pengiring nada pada sebuah lagu dan sebagai melodi.

Tetapi, Harus menggunakan bantuan Sound Sistem agar suaranya lebih terdengar di karenakan elektrik gitar tidak memiliki lubang pada body layaknya gitar akustik, gitar elektrik memakai pick up di body nya dan memakai teknologi lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Mahir Bermain Gitar

6. Biola

Biola – Source : https://s4.bukalapak.com/uploads/content_attachment/94747f9730e8d76239c5c2c5/w-800/image1.jpg

Biola adalah alat musik senar yang dimainkan dengan menggunakan alat gesek (bow). Fungsi biola ini untuk mengiringi lagu-lagu pop atau akustik.

7. Harmonika

Harmonika – Source : keymusic.com

Harmonika adalah salah satu jenis alat musik yang cukup mudah dimainkan, hanya tinggal meniup dan menghisap. Fungsi harmonika ini untuk memberikan melodi atau mengiringi sebuah lagu.

8. Terompet

Terompet – Source : image.winudf.com

Terompet adalah alat musik tiup yang terbuat dari logam dan dilengkapi dengan tiga buat tombol dengan fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi terompet ini untuk menghasilkan nada yang berapi-api sehingga bisa menghasilkan suara yang beragam ketika dikombinasikan dengan alat musik lainnya.

9. Saksofon

Saksofon – Source : www.static-src.com

Saksofon merupakan alat musik tiup yang awalnya terbuat dari kayu, namun kini sudah menggunakan bahan dasar logam.

Berbeda dengan terompet, bentuk saksofon mirip seperti cangklong rokok.

Fungsi saksofon adalah untuk mengiringi lagu pop yang menggunakan musik jazz atau dimainkan secara solo.

Baca Juga : 5 Jenis Alat Musik Melodis Tradisional

Baca Juga : Sejarah Musik Pop di Indonesia

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *