Tanggal:17 May 2024

Apa Sih Perbedaan Sales dan Marketing? Cek 4 Perbedaannya Berikut Ini!

ilustrasi perbedaan marketing dan sales (pixabay.com)

1. Proses Kerja yang Tidak Sama

Baca Juga | Apa itu Viral Marketing?

Perbedaan sales dan marketing yang pertama yakni terlihat dari proses kerjanya, nih. Dimana tim sales akan menghadapi langsung konsumen alias one-on-one. Bahkan nih sales bisa saja langsung datang ke lokasi calon konsumen atau pembeli, menghubungi lewat telepon, dan bisa juga bertemu di sebuah acara atau kegiatan, intinya sesuai dengan kesepatakan antar pihak terkait, ya. Pada beberapa jenis perusahaan, bahkan tim sales harus melakukan pendekatan dan perlakuan yang berbeda pada tiap konsumen karena proses kerjanya memang berupa aktivitas langsung, nih.

Baca Juga | 5 Cara Menjadi Sales Pemula yang Sukses

Nah, supaya tim sales bisa melakukan penjualan yang secara langsung berhadapan dengan konsumen, ada tim marketing yang melakukan analisis pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen atau permasalahan konsumen, hingga pada tahap solusi atas kebutuhan atau permasalahan konsumen tersebut, ya. Bahkan tim marketing perlu membayangkan kembali produk yang sudah pernah sukses laku di pasaran sebelumnya, cara promosi, dan kelebihan produk sebelumnya.

Baca Juga | 5 Cara Menentukan Influencer untuk Promosi Bisnismu, Jangan Sampai Salah Pilih!

Hal tersebut tentu saja untuk semakin mengembangkan produk yang sukes tersebut dengan meningkatkan atau setidaknya mempertahankan strategi yang sudah baik serta memperbaiki strategi yang masih kurang. Begitu juga atas produk yang kurang laku, cara promosi yang salah, hingga kekurangan atas suatu produk, dimana tim marketing akan menganalisis lebih lanjut apakah sebaiknya strategi atas produk tersebut diperbaiki ataukan disudahi saja produksinya dan jangan mengulang produk dengan karakteristik serupa.

Baca Juga | 5 Kalimat Iklan Parfum yang Menarik dan Efektif, Terapkan Mulai Sekarang!

Sehingga dengan kata lain nih tim marketing menyiapkan tools dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan. Sedangkan tim sales yang bertugas melayani para calon customer ini agar produk bisa laku terjual, ya.

2. Ruang Lingkup Pekerjaan

Baca Juga | 7 Kerja Sampingan di Rumah

Ruang kerja dan durasinya juga bisa menggambarkan perbedaan sales dan marketing. Yang mana pekerjaan tim sales cenderung bersifat jangka pendek sementara tim marketing cenderung lebih jangka panjang, nih.

Hal ini karena tim marketing harus menjaga hubungan dan membina relasi yang harmonis dengan para mitra bisnis serta vendor yang terkait pemasaran produk. Lebih lanjutnya, lingkup pekerjaan marketing termasuk market researchpublic relations, dan customer satisfaction. Sedangkan ruang lingkup pekerjaan tim sales adalah meyakinkan (calon) customer untuk terus merasakan butuh, butuh, dan butuh lagi akan produk yang kamu jual, ya bisa disebut kecanduan atas produk yang dijual dengan mengatasnamakan produk tersebut sebagai solusi atas kebutuhan bahkan permasalahan para calon konsumen, nih.

Baca Juga : Apa itu Digital Marketing?

3. Prioritas dan Fungsi

Baca Juga | Apa Itu Project Management? Cek Tahapan dan Pendekatannya di Bawah Ini, Ya!

Perbedaan marketing dan sales selanjutnya bisa dilihat dari prioritas dan fungsi kerja kedua divisi ini. Yang mana dalam hal prioritas kerja, perbedaan kedua posisi ini terletak pada target kegiatannya, ya.Prioritas tim marketing adalah menjangkau customer, dan membangun relasi yang baik dengan para customer sampai bisa menjadi pelanggan setia. Coba deh kamu bisa bayangkan keuntungan yang jelas didapat jika ada beberapa perusahaan besar menjadi pelanggan tetap produk yang perusahaan kamu punya? Tentu saja semakin banyak pelanggan tetap, semakin besar juga tentunya keuntungan yang didapat.

Baca Juga | Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

Eitss terlepas dari itu, pelanggan tetap ini akan ada kalau pelayanan dan respon dari tim sales yang juga mendukung kualitas produk dan customer yang sudah dijangkau, ya. Dimana fungsi tim sales adalah mengakomodasi dan menarget customer sambil membantu memenuhi kebutuhan mereka dengan produk yang ditawarkan. Jadi, ya kalau ditarik kesimpylan sebenarnya danya perbedaan sales dan marketing dalam fungsi dan prioritas ini justru yang kemudian membuat keduanya saling mendukung peran satu sama lain.

4. Aktivitas Kerja dan Goal

Baca Juga | Growth Hacking: Pengertian, Tujuan, Strategi, dan Contoh Lengkap

Goal atau target juga menjadi salah satu faktor perbedaan sales dan marketing yang perlu kamu ketahui sebelum memilih salah satu dari divisi ini, ya. Coba renungkan dan pahami denganfokus beberapa contoh sederhana yang menggambarkan perbedaan kedua posisi itu saat melakukan aktivitasnya. Misalnya dalam sebuah startup, tim sales yang akan menghubungi langsung calon klien sampai menemukan kesepakatan kerja.  Sementara itu, tim marketingsebelumnya sudah memastikan dulu produk atau jasa yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya sehingga bisa dibawa oleh tim sales. Jadi, sebenarnya ya bisa dibilang kalau tim marketing itu yang menyiapkan konsep luar biasa atas strategi marketing pun branding agar produk mempunyai value di mata orang-orang di luar sana, khususnya bagi target konsumen. Sedangkan tim sales menjual secara langsung serta berhadapan dengan para kosnumen secara langsung untuk menjual produk yang ada.

Baca Juga | 6 Cara Mengembangkan Kreatifitas Marketing dalam Meningkatkan Penjualan

Perbedaan sales dan marketing ini menuntut tipe pekerja yang berbeda pula. Yang mana dengan aktivitas marketing yang sebagian ada di belakang layar, kamu yang suka menganalisis cukup punya kesempatan di bidang ini, ya. Sementara itu, bagi kamu yang senang berurusan langsung dengan customer dan tidak ragu untuk beramah-tamah atua berbasa-basi setiap saat dengan (calon) klien atau customer, masuk tim sales akan semakin mengasah potensi yang kamu punya, nih.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *